SEKILAS INFO
02-04-2020
  • 1 minggu yang lalu / EDARAN PENTING TERKAIT COVID-19 SILAKAN UNDUH DIBAGIAN PENGUMUMAN
  • 1 minggu yang lalu / JADWAL BELAJAR DIRUMAH MULAI 23 MARET 2020 SILAKAN UNDUH DIBAGIAN PENGUMUMAN
  • 3 minggu yang lalu / Kamis pahing, 12 Maret 2020  seluruh siswa guru karyawan memakai pakaian adat ngayojakarta jangkep.
21
Feb 2020
0
PENGUATAN KARAKTER MELALUI   STUDENTS EXCHANGE

SMP Negeri 4 Pakem – Dalam belajar selalu diperlukan hal baru agar siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti. Oleh karena itu sekolah perlu mengemas berbagai metode pembelajaran agar siswa merasa tertarik, salah satunya program student exchange, merupakan program yang memberikan peluang kepada para pelajar untuk merasakan belajar di sekolah lain. Program ini memungkinkan siswa mendapat pengalaman berlajar dengan karakteristik yang berbeda. Melalui program ini siswa akan mendapatkan pengalaman baru serta mengenal budaya daerah lain. Selain itu, siswa akan memiliki teman baru sehingga dapat memperluas interaksi sosial, kemampuan komunikasi, serta meningkatkan rasa toleransi terhadap teman dari latar belakang budaya yang berbeda.

Tanggal 10-15 Februari 2020 SMP 4 Pakem menjadi tuan rumah program student exchange SMP Labschool Kebayoran. Kegiatan diikuti oleh sembilan siswa dari SMP Labschool Kebayoran yaitu Aisyah, Annisa, Drupadi, Khayra, Wishaf, Nafhan, Randy, Lila dan Shafiyah yang didampingi oleh Ibu Elin selaku guru pendamping.  Adapun buddy dari SMP 4 Pakem adalah Nabila, Kanya, Destiana, Ayesha, Rafa, Satrio, Irfan, Aisya dan Xaviera.

Rombongan SMP Labschool Kebayoran tiba di SMP 4 Pakem hari Minggu, 9 Februari 2020 pukul 16.00. Rombongan disambut oleh guru dan keluarga buddy. Setelah berkeliling melihat berbagai sarana prasarana sekolah, peserta student exchange pulang ke rumah buddy bersama orang tua masing-masing buddy.

Hari Senin sampai Jumat siswa Labschool Kebayoran mengikuti kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler di SMP 4 Pakem. Kegiatan diawali dengan upacara bendera dilanjutkan penyambutan sekaligus perkenalan. Setelah penyambutan, peserta student exchange mengikuti kegiatan sesuai kelas buddy nya masing-masing.

Jumat, 14 Februari 2020 diadakan acara perpisahan peserta student exchange dengan siswa SMP 4 Pakem. Acara diadakan di Aula yang dihadiri oleh peserta student exchange, seluruh siswa kelas 8, serta guru karyawan SMP 4 Pakem. Berbagai macam kesenian ditampilkan dalam acara tersebut, baik dari siswa SMP 4 Pakem maupun SMP Labschool Kebayoran. Siswa Labschool Kebayoran menampilkan tarian jaipong dan pencak silat. Sedangkan siswa SMP 4 Pakem menampilkan tari, gitar duet, kolaborasi paduan suara dan biola serta menyanyi solo dan duet. Tawa haru menahan kesedihan ratusan siswa kelas VIII SMP N 4 Pakem ketika berpisah dengan sembilan siswa kelas VIII SMP Labschool Kebayoran yang mengikuti perpisahan student exchange di Aula SMP N 4 Pakem. Program student exchange diakhiri dengan kegiatan city tour di kawasan gunung Merapi pada hari Sabtu, 15 Februari 2020.

DSCF3394“Seneng kita dapat teman baru, pengalaman bersama teman baru dari Labschool, bisa cerita berbagai hal tentang budaya sekolah dan kegiatan di Jakarta, meskipun hanya seminggu,” ungkap salah seorang siswa SMP N 4 Pakem yang menjadi salah satu buddy. Kesan positif juga disampaikan salah satu siswa dari Labschool bahwa merasa senang dengan teman-teman baru dari SMP N 4 Pakem, menyukai lingkungan belajar SMP N 4 Pakem yang berbeda dengan di SMP Labschool sampai kesan spesial mengikuti kegiatan lava tour di kawasan gunung Merapi.

Dengan program students exchange dirasakan semakin menguatkan karakter para siswa, terlebih karakter mandiri contohnya dalam keseharian selama di rumah buddy  mereka. Kegiatan ini juga menguatkan sikap toleran siswa dengan berbagai perbedaan contohnya siswa menjadi lebih toleran dengan perbedaan budaya sekolah ataupun budaya keseharian di Jakarta dan di Yogyakarta, perbedaan gaya bahasa, dan lain sebagainya. Dengan program students exchange ini semakin menguatkan program pendidikan karakter (PPK) yang juga menjadi tujuan utama pendidikan di sekolah. Semoga kerja sama yang baik untuk program ini akan terus terjalin dan ditingkatkan ke depannya.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL 1-4 APRIL 2020 DAN INFORMASI SEKOLAH

JADWAL BELAJAR DIRUMAH BERLAKU MULAI 23 MARET 2020

EDARAN BELAJAR DIRUMAH TERKAIT COVID-19

JADWAL BERLAKU 16 MARET 2020

JADWAL BERLAKU 9 MARET 2020

JADWAL DAN PEMBAGIAN RUANG PTS 2 TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

JADWAL BERLAKU 2 MARET 2020

JADWAL BERLAKU 24 FEBRUARI 2020

Ikuti Kami di Facebook

Rincian Pengunjung

Total 51162 810096
Today 256 422
This Week 1819 13503
This Month 802 43363