SEKILAS INFO
13-04-2024
  • 2 minggu yang lalu / selamat menempuh osnk sma 26-27 maret, bagi siswa yang berpartisipasi. semoga sukses ya!
  • 2 minggu yang lalu / selamat menempuh ppad diy siswa kelas ix 25-27 Maret 2024. semoga sukses dan meraih hasil terbaik!
  • 3 minggu yang lalu / bahan belajar klik pengumuman dibawah : https://smpn4pakem.sch.id/pengumuman/soal-dan-kunci-tes-literasi/
20
Feb 2021
0
PROFIL PELAJAR PANCASILA SUDAH DIIMPLEMENTASIKAN SEJAK LAMA DI SMP 4 PAKEM

Foto : https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/

SMP Negeri 4 Pakem – Senin, 15 Februari 2021, SMPN 4 Pakem mengadakan kegiatan Penyegaran berkaitan dengan Penguatan Pendidikan Karakter  Profil Pelajar Pancasila. Disebut “penyegaran”, karena sejak lama SMPN 4 Pakem memang fokus dan terus melaksanakan pendidikan karakter, budi pakerti, budi pakerti in action, pendidikan karakter bangsa, pendidikan berbasis budaya dan apapun namanya yang semua itu untuk “KARAKTER”. Kegiatan tersebut  diikuti oleh seluruh guru dan karyawan yang berada sekolah maupun  yang sedang bekerja dari rumah melalui video conference. Kegiatan bertempat di  aula sekolah sebagai titik utama. Penyegaran yang merupakan kegiatan bersama ini, dipandu oleh Bapak Ponidi selaku kepala sekolah dan Bapak Wahyu Tri Harsana selaku ketua tim penguatan pendidikan karakter.

Dengan penyegaran ini, akan memperkuat upaya penguatan pendidikan karakter dalam  mencetak generasi muda yang memenuhi Profil Pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global.  “Pembelajar sepanjang hayat”,  tentu hal ini tidak hanya untuk siswa,  melainkan seluruh guru. Jadi pelajar di sini, kita semua termasuk di dalamnya. Dengan Profil Pancasila,  kita semua mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

SMPN 4 PAKEM sudah sejak lama dan terus melaksakan penguatan pendidikan karakter. Walaupun nomenklatur Pelajar Pancasila relatif baru, namun apa yang dilakukan oleh sekolah dengan misi untuk mencapai visi-nya  sudah mengakomodir Profil Pelajar Pancasila.

Adapun 6 Ciri Profil Pancasila sebagai berikut:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Pelajar Pancasila haruslah berakhlak mulia. Pelajar Pancasila mengerti apa itu nilai spiritualitas, punya rasa cinta kepada agama, manusia, dan cinta kepada alam. Akhlak mulia ini bisa dilihat dari moralitas yang terpancar dari setiap pribadi Pelajar Pancasila. Akhlak mulia ini menjadi karakter yang sangat penting untuk dimiliki pelajar pancasila. Dengan akhlak yang mulia pelajar pancasila bisa berperilaku baik kepada masyarakat dan lingkungan disekitarnya.
  1. Berkebinekaan global. Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, menghormati keberagaman. Kebhinekaan global adalah toleransi terhadap perbedaan. Dengan kebhinnekaan global, Pelajar Pancasila bisa menerima perbedaan, tanpa rasa judgement, tanpa menghakimi, dan tidak merasa dirinya atau kelompoknya dia lebih baik dari kelompok lain. Kebhinnekaan global menjadi hal yang penting dan harus menjadi aspirasi sistem pendidikan. Pelajar pancasila akan bersaing di masa kini dan masa depan karena Mereka tidak hanya bersaing di panggung Indonesia, melainkan juga panggung dunia.
  1. Gotong royong. Pelajar Pancasila harus tahu cara berkolaborasi dan bekerjasama dengan  sesama, Gotong royong setiap individu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai tambah atau positif kepada setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang banyak di sekelingnya, Sebagai negara Pancasila, keberagaman bukanlah penghalang untuk bisa masuk ke dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik karena gotong royong muncul dalam kehidupan sehari-hari seiring dengan timbulnya semangat kebersamaan, tidak ada paksaan, atau muncul karena kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi melalui rasa memiliki.
  1. Mandiri. Pelajar  yang mandiri memiliki etos kerja yang baik, tangguh, berdaya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat, dan juga mampu mermotivasi untuk meningkatkan kemampuanya.  Selalu percaya diri giat dan aktif dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Contohnya aktif ke perpustakaan atau secara online mencari sumber sumber belajar.
  1. Bernalar kritis. Pelajar Pancasila mampu menyelesaiakan masalah dengan berfikir rasional, mampu menciptakan hal-hal yang baru. Berpikir kritis merupakan sebuah proses di mana pelajar harus membuat penilaian yang masuk akal, logis, dan dipikirkan secara matang. Sebagai contoh saat mengikuti kegiatan karya ilmiah dituntut untuk Berpikir kritis diperlukan dalam rangka memecahkan suatu permasalahan sehingga diperoleh keputusan yang cepat dan tepat.
  1. Kreatif. Pelajar Pancasila harus mengikuti perkembangan zaman selain kita dituntut untuk adaptif kita juga harus imbangi dengan kreatif. Dengan kreatif kita tidak hanya akan menjadi  menjadi pelajar yang adaftif, tetapi aktif dalam menciptakan inovasi-inovasi yang baru.

Penguatan karakter untuk memenuhi nilai-nilai Pancasila,  di SMPN 4 Pakem sudah dilaksanakan melalui manajemen sekolah, pembiasaan, pembinaan kesiswaan dan secara terus menerus melalui pembelajaran. Sesuai visi dan branding sekolah berkarakter juara, SMPN 4 Pakem mampu terus menguatkan karakter, dapat bersaing ke kancah internasional,  dan dapat terus berandil besar dalam mewujudkan cita-cita pembangunan.

Berikut sebagian dokumentasi penguatan karakter menuju Profil Pelajar Pancasila :  Klik disini

 

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

JADWAL PELAJARAN 1-5 APRIL 2024

JADWAL PELAJARAN 25-28 MARET 2024

SOAL DAN KUNCI TES LITERASI

JADWAL PELAJARAN 18-22 MARET 2024

Pengumuman Kegiatan STS 2 Kelas VII, VIII dan PTS 2 Kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024

JADWAL KEGIATAN JUMAT, 15 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 4-8 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 26 FEBRUARI-1 MARET 2024

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 67657 3155740
Today 0
This Week 299 43226
This Month 2340 187519