SEKILAS INFO
29-09-2020
  • 2 bulan yang lalu / JADWAL PELAJARAN 27 JULI – 1 AGUSTUS 2020 dan info lain, silakan unduh di bagian pengumuman
  • 2 bulan yang lalu / WEB PENAYANG LATIHAN TES KOMPETENSI LIHAT BAGIAN PENGUMUMAN
  • 2 bulan yang lalu / JADWAL PENGAMBILAN IJAZAH TAHUN AJARAN 2019/2020, lihat pengumuman terbaru!
4
Agu 2020
0
PENYEGARAN PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR KEMDIKBUD

Foto : Nur Ernawati, S.Pd, .Gr (Duta Rumah Belajar Kemdikbud) bersama Bapak Ibu Guru SMP 4 Pakem

SMP Negeri 4 Pakem – Pembelajaran daring sudah bukan gaung yang hanya samar-samar didengar saja, akan tetapi, kini daring jarak jauh memang sudah betul betul dilaksanakan secara penuh di SMP 4 Pakem untuk pembelajaran di masa pandemi ini. Sudah hampir 6 bulan sejak Maret hingga kini Agustus pembelajaran jarak jauh moda daring dilaksanakan secara total.

SMP 4 Pakem sudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh moda daring sejak 5 tahun  yang lalu. Namun pembelajaran secara total daring tanpa tatap muka baru mulai  bulan Maret. Selama perjalanan hampir 6 bulan, bapak ibu guru dan para siswa sudah terbiasa dan mahir dengan PJJ daring ini meskipun memang tidak bisa mengalahkan pembelajaran tatap muka secara langsung. Berbagai aplikasi pendukung pembelajaran sudah dimanfaatkan oleh bapak ibu guru demi mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan pembelajaran tersampaikan dan tercapai serta tetap sesuai efisiensi waktu kalender pendidikan.

Foto : Bu Nur Ernawati, S.Pd, .Gr (Duta Rumah Belajar Kemdikbud) bersama Bapak Ibu Guru SMP 4 Pakem

Foto : Bu Nur Ernawati, S.Pd, .Gr (Duta Rumah Belajar Kemdikbud) bersama Bapak Ibu Guru SMP 4 Pakem

Berbagai aplikasi juga sudah dimanfaatkan oleh bapak ibu guru SMP 4 Pakem seperti platform dari Kemendikbud yaitu Rumah Belajar, dari BTKP DIY, maupun besutan dari Google yaitu Google Classroom, Google Jamboard, G-Form; besutan dari iOS seperti Apple Classroom, KeyNote, iMovie; besutan dari Microsoft yaitu Microsoft 365 dengan berbagai fiturnya; aplikasi video conference dari mulai yang terlengkap seperti Cisco Webex, maupun yang ringan seperti Zoom, Google Meet dan FCC dan bahkan pemanfaatan video editing seperti iMovie, Kinemaster, FilmoraGo, dan lain-lain sudah sangat familiar dan sering digunakan. Bapak ibu guru di SMPN 4 Pakem juga sudah sejak lama bahkan sebelum era PJJ ini yaitu mengombinasikan pembelajaran menyenangkan dengan penggunaan kuis online seperti KahooT, Quizizz, Quizlet maupun Mentimeter. Tentu penggunaan tersebut tidak serta merta digunakan sekaligus semuanya, akan tetapi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang dilaksanakan. Model serta aplikasi yang digunakan di SMP 4 Pakem berbagai macam, warna warni pelangi.

Tidak ada aplikasi yang sempurna, tentu setiap aplikasi pembelajaran memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, bapak ibu guru selalu meningkatkan kapasitas diri dengan terus belajar dan terus belajar yaitu salah satunya kemarin hari Senin, 3 Agustus 2020 bapak ibu guru SMPN 4 Pakem bersama Duta Rumah Belajar (DRB) Kemdikbud belajar bersama untuk mengoptimalkan pemanfaatan rumah belajar. Kegiatan ini pun tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan tetap memakai masker. Meskipun bapak ibu guru di SMPN 4 Pakem sudah memanfaatkan Rumah Belajar sejak lama, akan tetapi di tahun ajaran baru ini, agar rumah belajar ini semakin dikenal oleh semua siswa khususnya siswa baru kelas 7, maka perlunya pengoptimalan dalam pemanfaatannya. Terlebih sebentar lagi sudah dimulai lomba Ki Hajar (Kita Harus Belajar) dari Kemendikbud yang salah satunya tentang konten Rumah Belajar.

SMPN 4 Pakem sebagai kandangnya juara sudah berkali-kali menjadi juara nasional dalam lomba Ki Hajar ini. Lomba yang mencakup semua mata pelajaran ini tentu harus dipersiapkan sejak awal. Dikarenakan konten Rumah Belajar menjadi salah satu topik yang diujikan, maka sejak dari PJJ ini terus dioptimalkan oleh bapak ibu guru pemanfaatannya. Kegiatan bersama DRB Nur Ernawati, S.Pd, .Gr   kemarin,  menjadi penyegaran kembali pemanfaatan Rumah Belajar Kemdikbud.

.

 

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL 28 SEPTEMBER – 3 OKTOBER 2020

JADWAL 21-26 SEPTEMBER 2020

JADWAL 14-19 SEPTEMBER 2020

JADWAL PTS 1 TAHUN AJARAN 2020/2021

JADWAL 7-12 SEPTEMBER 2020

JADWAL 31 AGUSTUS – 5 SEPTEMBER 2020

PENGUMUMAN 29 AGUSTUS 2020

JADWAL 24-29 AGUSTUS 2020

Ikuti Kami di Facebook

Rincian Pengunjung

Total 98650 1102486
Today 2 2
This Week 1501 16811
This Month 17261 99575