SEKILAS INFO
18-04-2024
  • 3 minggu yang lalu / selamat menempuh osnk sma 26-27 maret, bagi siswa yang berpartisipasi. semoga sukses ya!
  • 3 minggu yang lalu / selamat menempuh ppad diy siswa kelas ix 25-27 Maret 2024. semoga sukses dan meraih hasil terbaik!
  • 3 minggu yang lalu / bahan belajar klik pengumuman dibawah : https://smpn4pakem.sch.id/pengumuman/soal-dan-kunci-tes-literasi/
26
Jan 2022
0
Kuatkan Karakter Peserta Didik,  SMP Negeri 4 Pakem Laksanakan Workshop Pendidikan Karakter Antikorupsi

Foto :  Bu Murwati ketika menguatkan karakter di workshop “PEKA”

SMP Negeri 4 Pakem“Character cannot be developed in ease and quiet. Only through experience of trial and suffering can the soul be strengthened, vision cleared, ambition inspired, and success achieved.” — Helen Keller. (Karakter tidak dapat dikembangkan dengan mudah dan dalam ketenangan. Hanya melalui pengalaman berupa ujian dan penderitaan yang dapat memperkuat jiwa, visi dibersihkan, ambisi didapat, dan kesuksesan diraih.)

Sejalan dengan pernyataan Hellen Keller tersebut bagi SMP Negeri 4 Pakem yang merupakan “Sekolah Berkarakter Juara” pendidikan karakter harus senantiasa terus ditumbuh dan kembangkan. Pembekalan dan penguatan guru terus dilakukan. Antara lain dengan  Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Antikorupsi bagi guru SMP Negeri 4 Pakem. Kegiatan ini dilaksanakan pada 17 Januari 2022 bertempat di SMP Negeri 4 Pakem. Pendidikan Karakter Antikorupsi yang secra prinsip sudah dilaksanakan sejak lama di SMP 4 Pakem merupakan salah satu langkah untuk mencapai dan membentuk profil pelajar Pancasila. Dengan ini,  pembentukian watak/karakter sebagai tujuan utama pendidikan dapat tercapai. Pendidikan Karakter Antikorupsi (PEKA) adalah satu kesatuan dari pendidikan karakter generasi muda untuk menguatkan sikap dan perilaku antikorupsi dalam diri peserta didik sejak dini.

Selaku pembicara Pengawas sekolah, Murwati Widiani, M. Hum., menyampaikan bahwa prinsip antikorupsi ialah dilaksanakan dalam jangka panjang, memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, memadukan antara pemahaman kesadaran dan contoh perilaku, serta merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter.

“Pendidikan Karakter Antikorupsi  dilaksanakan terintegrasi  dalam pembelajaran, hal ini diterapkan oleh guru dan peserta didik. Sehingga, tujuan pendidikan dapat tercapai,” ujar Bu Murwati.

Nilai-nilai pendidikan karakter antikorupsi yang diharapkan diintegrasikan dalam perencanaan pembelajaran ialah kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, kemandirian, keberanian, dan keadilan. Ketika pendidikan karakter antikorupsi sudah terintergrasi ke dalam perencanaan pembelajaran, maka akan terlaksana dalam proses pembelajaran sampai ke penilaian.  Dengan demikian peserta didik SMP Negeri 4 Pakem menjadi insan yang tumbuh dalam balutan nilai-nilai karakter yang kuat khususnya dalam karakter antikorupsi.

Tidak hanya dalam intrakurikuler atau pembelajaran, nilai antikorupsi juga ditanamkan pada ekstrakurikuler dan kokurikuler. Pada ekstrakurikuler semisal nilai antikorupsi pada pramuka, ekstrakurikuler keagamaan, dan lainnya. Lalu pada kokurikuler diintegrasikan nilai-nilai antikorupsi dalam penguatan dan penugasan yang dikemas dengan proyek  seperti poster, slogan, infografis, esai, puisi, dan cerpen.

Ponidi, S.Pd. selaku kepala SMP Negeri 4 Pakem sangat menekankan pentingnya karakter antikorupsi bagi seluruh warga sekolah mulai dari peserta didik hingga ke seluruh pendidik maupun tenaga kependidikan. “Mental dan karakter antikorupsi harus terus kita kuatkan bagi seluruh warga sekolah sehingga  peserta didik mempunyai bekal yang kuat demi kesuksesan mereka di masa yang akan datang,” ujar Ponidi.

Setiap calon peserta didik yang masuk (ini terus disampaiakan terutama menjelang penerimaan peserta didik baru) di SMP Negeri 4 Pakem harus siap dengan gemblengan karakter secara keseluruhan meliputi fisik, mental, maupun disiplin. Salah satunya adalah karakter antikorupsi.

“Korupsi tidak sebatas uang, namun perilaku yang tidak berkesesuaian dan merugikan orang lain juga termasuk perilaku korupsi. Maka, kejujuran menjadi kunci dari perilaku antikorupsi,” pungkas Bu Marwati.  ***

(smb)

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

JADWAL PELAJARAN 1-5 APRIL 2024

JADWAL PELAJARAN 25-28 MARET 2024

SOAL DAN KUNCI TES LITERASI

JADWAL PELAJARAN 18-22 MARET 2024

Pengumuman Kegiatan STS 2 Kelas VII, VIII dan PTS 2 Kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024

JADWAL KEGIATAN JUMAT, 15 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 4-8 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 26 FEBRUARI-1 MARET 2024

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 66243 3159541
Today 160 405
This Week 781 41705
This Month 3188 191320