SEKILAS INFO
16-02-2025
  • 7 bulan yang lalu / PANDUAN MPLS 2024 silakan lihat pengumuman terbaru!
  • 8 bulan yang lalu / Petunjuk Teknis PPDB Jenjang SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 lihat pengumuman terbaru
  • 8 bulan yang lalu / SELAMAT MENEMPUH ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN KELAS VII DAN VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024, SEMOGA SUSKES!
8
Okt 2021
0
PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (MASA TRANSISI)

 

1.               MENGANTAR DAN MENJEMPUT SISWA

POS yang harus dilaksankan saat mengantar dan menjemput siswa di sekolah:

a.    Siswa dalam kondisi sehat, jika mengalami gejala demam/batuk/ pilek/sakit tenggorokan/sesak napas tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka;

b.    Sebelum berangkat sekolah untuk sarapan pagi terlebih dahulu agar kondisi badan tetap stabil;

c.    Siswa wajib memakai masker dari rumah;

d.    Berangkat sekolah disarankan untuk diantar dan dijemput oleh orang tua atau keluarga;

e.    Siswa datang di sekolah 5 menit sebelum pembelajaran dimulai;

f.     Sampai di sekolah siswa diturunkan pada tempat yang sudah disediakan yaitu di depan sekolah (di luar pagar sekolah)

g.    Siswa masuk dan keluar ruangan sekolah melalui alur yang sudah disediakan (lihat tanda panah)

h.    Setelah menurunkan siswa pengantar diwajibkan untuk segera meninggalkan sekolah;

i.      Pengantar/penjemput tidak diperbolehkan menunggu di dalam lingkungan sekolah;

j.      Siswa dijemput tepat waktu;

k.    Setelah selesai pembelajaran siswa langsung dijemput dan meninggalkan sekolah;

2.               PROSES BELAJAR MENGAJAR

POS yang harus dijalankan guru dan siswa di dalam proses belajar mengajar

a.     Setiap warga sekolah atau tamu sekolah memasuki area sekolah wajib memakai masker, apabila tidak memakai masker tidak diperkenankan memasuki area sekolah;

b.     Setiap warga sekolah atau tamu sekolah sebelum memasuki area sekolah wajib mengikuti pengukuran suhu tubuhnya memakai thermogun;

c.     Bagi warga sekolah yang suhu badannya diatas 37,3 (tiga puluh tujuh koma tiga) derajat celcius agar masuk ke ruang UKS disediakan. Selanjutnya setelah 15 (lima belas) menit dilakukan pengecekan ulang suhu tubuh, jika suhu tubuh tetap diatas 37,3 (tiga puluh tujuh koma tiga) derajat celcius untuk siswa, maka sekolah menghubungi orang tua/wali agar menjemput dan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Sedangkan bagi guru/karyawan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ;

d.     Setiap warga sekolah wajib hadir tepat waktu;

e.     Setiap warga sekolah masuk dan keluar melalui alur yang telah disediakan lihat tanda panah;

f.      Setiap warga sekolah atau tamu saat memasuki  sekolah wajib mencuci tangan pakai sabun cair atau hand sanitizer pada tempat yang sudah disediakan oleh sekolah;

g.     Warga sekolah dalam keadaan sehat, jika mengalami gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak napas disarankan untuk mengikuti/melaksanakan pembelajaran dari rumah;

h.     Siswa mengikuti proses belajar mengajar di dalam kelas dengan tetap menjaga jarak tempat duduk minimal 1,5 meter, tidak boleh mengeser tempat duduk  dan menerapkan protokol kesehatan;

i.       Siswa tidak diperkenankan pinjam meminjam alat tulis;

j.       Siswa duduk di tempat yang telah dipersiapkan dan tidak boleh berpindah tempat duduk hingga akhir pembelajaran; Guru wajib hadir di kelas tepat waktu;

k.     Guru wajib hadir di kelas tepat waktu;

l.       Guru membatasi pergerakan dalam ruang kelas;

m.   Guru memakai masker;

n.     Guru mengawasi siswa agar selalu menjaga jarak selama di sekolah;

o.     Guru dan siswa selalu menjaga jarak;

p.     Pintu dan jendela dibuka agar terjadi sirkulasi udara dengan baik;

q.     Selesai pembelajaran, siswa keluar kelas dan kembali mencuci tangan dengan sabun cair dan air mengalir di tempat yang telah disediakan;

r.      Siswa menuju tempat penjemputan di luar pagar sekolah bagi yang dijemput. Atau menuju ke tempat menunggu kendaraan umum dan naik kendaraan umum dengan tetap menjaga jarak;

s.     Orang tua/wali siswa menjemput tepat waktu;

t.      Dilakukan disinfeksi setiap hari setelah selesai pembelajaran;

3.               SELAMA BERADA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

POS yang dijalankan warga sekolah selama berada di lingkungan sekolah:

4.               RAPAT DINAS

POS yang harus dijalankan pada saat rapat atau pertemuan dinas:

a.     Guru dan karyawan wajib mencuci tangan dengan sabun cair dan air mengalir atau hand sanitizer;

b.     Guru dan karyawan wajib memakai masker pada saat memasuki ruang rapat dan selama rapat berlangsung;

c.     Pintu dan jendela ruang rapat dibuka;

d.     Materi rapat sudah disiapkan sejak awal agar jalannya rapat lebih efekt1f, apabila materi rapat cukup banyak agar rapat dilakukan beberapa kali;

e.     Durasi waktu rapat maksimal 60 menit;

f.       Jumlah peserta rapat maksimal setengah dari kapasitas ruang rapat;

g.     Mengatur ruang rapat dengan jarak kursi minimal 1,5 meter;

h.     Apabila jumlah peserta rapat melebihi kapasitas ruangan yang tersedia maka rapat dilakukan secara daring/virtual;

i.       Melakukan disinfeksi apabila rapat telah selesai;

5.               KEHADIRAN GURU/KARYAWAN

POS kehadiran guru/karyawan dalam rangka mengikuti pembelajaran di sekolah:

a.     Guru/karyawan dalam kondisi sehat, jika mengalami gejala demam/batuk/pilek /sakit tenggorokan/sesak napas disarankan untuk melaksanakan kegiatan mengajar dari rumah;

b.     Sebelum berangkat sekolah untuk sarapan pagi terlebih dahulu agar kondisi badan tetap stabil;

c.     Guru/karyawan memasuki lingkungan sekolah dan selama berada di lingkungan sekolah wajib memakai masker.

d.     Guru/karyawan sebelum memasuki lingkungan sekolah wajib diukur suhu tubuhnya memakai thermogun;

e.     Bagi guru/karyawan yang suhu badannya diatas 37,3 (tiga puluh tujuh koma tiga) derajat celcius agar masuk ke ruangan yang telah disediakan. Selanjutnya setelah 15 (lima belas) menit dilakukan pengecekan ulang suhu tubuh, jika suhu tubuh tetap diatas 37,3 (tiga puluh tujuh koma tiga) derajat celcius diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

f.      Guru/karyawan sebelum memasuki lingkungan ruangan sekolah wajib mencuci tangan pakai sabun cair dan air mengalir atau hand sanitizer pada tempat yang sudah disediakan;

g.     Setiap guru/karyawan masuk dan keluar melalui alur yang telah disediakan;

h.     Guru/karyawan wajib hadir lebih 10 menit sebelum pelajaran dimulai

i.       Jika guru/karyawan tidak dapat hadir/berhalangan wajib memberikan informasi dan menyerahkan tugas/materi kepada kepala sekolah.

6.               PELAYANAN ADMINISTRASI TATA USAHA

POS yang harus dilaksanakan dalam rangka pelayanan administrasi tata usaha:

a.    Tempat/meja pelayanan dibuat tirai/sekat pembatas dari kaca/mika tembus pandang untuk menghindari kontak secara langsung;

b.    Petugas yang langsung berinteraksi dengan guru, siswa dan orang tua/wali siswa memakai masker, sarung tangan;

c.    Adanya petunjuk alur masuk dan keluar bagi pengunjung;

d.    Mengatur jarak antrian;

e.    Mengatur physical distancing pada kursi tunggu/layanan;

f.     Petugas mencuci tangan dengan sabun cari atau hand sanitizer sebelum melakukan kegiatan pelayanan;

g.    Dalam      ruangan           pelayanan       diberlakukan    pembatasan    pengunjung dan pengaturan jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;

h.    Guru, siswa dan orangtua siswa dan tamu lainnya wajib memakai masker dan cuci tangan dengan sabun cair dan air mangalir pada tempat yang telah disediakan sebelum memasuki tempat pelayanan;

i.      Pengunjung antri pada tempat yang telah ditentukan serta menunggu dipanggil petugas pelayanan;

j.      Melakukan disinfeksi setiap hari setelah selesai kegiatan pelayanan;

7.               PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING

POS yang harus dilaksanakan dalam rangka pelayanan bimbingan konseling di sekolah:

a.     Petugas, siswa, orangtua siswa dan tamu lainnya wajib memakai masker dan cuci tangan pakai sabun cair dan air mengalir atau hand sanitizer pada tempat yang telah disediakan sebelum memasuki ruang layanan;

b.     Petugas memakai masker;

c.     Adanya petunjuk alur masuk dan keluar bagi pengunjung;

d.     Mengatur physical distancing pada kursi layanan;

e.     Dalam      ruangan           pelayanan       diberlakukan    pembatasan    pengunjung dan pengaturan jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;

f.      Melakukan disinfeksi setiap hari setelah selesai kegiatan pelayanan;

8.               PENGGUNAAN TEMPAT IBADAH

POS yang harus dilaksanakan dalam penggunaan tempat ibadah di sekolah.

a.      Sebelum memasuki tempat ibadah wajib mencuci tangan pakai sabun cair dengan air mengalir atau hand sanitizer;

b.      Adanya alur antara          jalur     masuk dan keluar bagi pengunjung,        untuk menghindari interaksi langsung pengunjung;

c.       Mengatur jarak antar orang minimal 1,5 (satu koma lima) meter;

d.      Menempati tempat yang sudah diberi tanda;

e.      Khusus untuk masjid/mushola tidak disediakan karpet/tikar , sajadah, mukena, sarung; Membawa alat ibadah sendiri (sajadah, mukena, sarung)

9.               KEADAAN DARURAT/KHUSUS SUHU SISWA/TAMU DIATAS 37,3 (TIGA PULUH TUHUH KOMA TIGA) DERAJAT CELCIUS.

POS yang harus dilaksanakan apabila ditemukan suhu tubuh siswa, guru, karyawan atau tamu yang mencapai diatas 37,3 derajat celcius.

a.         Petugas penanganan kedaruratan dalam kondisi sehat dan subu badan normal;

b.         Petugas penanganan kedaruratan wajib memakai masker, dan sarung tangan;

c.         Apabila warga sekolah suhu tubuhnya lebih dari 37,3 (tiga puluh tujuh koma tiga) derajat celcius ditempatkan di ruang khusus untuk istirahat;

d.         Dilakukan pengukuran suhu ulang setelah 15 (lima belas) menit, jika tetap di atas 37,3 (tiga puluh tujuh koma tiga) derajat celcius maka langkah yang dilakukan:

1)    Untuk siswa, sekolah menghubungi orang tua/wali siswa untuk penjemputan dan diminta untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan;

2)    Untuk guru/karyawan diminta untuk pulang dan segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan;

e.         Jika ada warga sekolah yang terpapar Covid 19, sekolah agar segera berkoordinasi dengan satuan tugas penanganan Covid 19 tingkat kecamatan;

10.          PELAYANAN PERPUSTAKAAN

POS  yang harus dilaksanakan dalam rangka pelayanan perpustakaan sekolah.

a.         Adanya tanda pemisahan alur masuk dan keluar bagi pengunjung;

b.         Petugas pelayanan perpustakaan wajib memakai masker, suhu badan normal dan dalam keadaan sehat;

c.         Petugas pelayanan perpustakaan dan pengunjung wajib mencuci tangan pakai sabun cair dan air mengalir atau hand sanitizer pada tempat yang telah disediakan;

d.         Setiap pengunjung wajib menggunakan masker dan melepaskan alas kaki;

e.         Petugas dan pengunjung dilakukan pengecekan suhu tubuh;

f.          Pengunjung diarahkan mengisi buku tamu atau komputer visitor yang telah disediakan;

g.         Pengunjung yang membaca di tempat, dibatasi maksimal 20% (dua puluh persen) dari kapasitas tempat duduk dan pengaturan jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter, setelah selesai buku diletakkan pada tempat yang telah disediakan, setelah itu pengunjung mencuci tangan pakai sabun cair atau hand sanitizer;

h.         Melakukan disinfeksi setiap hari setelah selesai kegiatan pelayanan;

11.          PELAYANAN HUMAS

POS yang harus dilaksanakan dalam pelayanan humas di sekolah:

a.       Pelayanan kepada publik/masyarakat diutamakan lewat  web sekolah dan melalui telepon 0274 895487, apabila dengan terpaksa harus datang langsung ke sekolah, memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan

b.       Tamu sebelum memasuki lingkungan wajib mengikuti pengukuran suhu tubuhnya memakai thermogun;

c.        Petugas pelayanan dan tamu wajib mencuci tangan pakai sabun cair dan air mengalir atau hand sanitizer pada tempat yang telah disediakan;

d.       Petugas pelayanan dan pengunjung wajib memakai ma ker suhu badan normal dan dalam keadaan sehat;

e.       Adanya tanda pemisahan alur masuk dan keluar bagi pengunjung:

f.         Dalam ruangan pelayanan diberlakukan pembatasan pengunjung dan pengaturan jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;

g.       Petugas melayani sesuai dengan antrian dan hanya melayani 1 {satu) orang saja didepan meja pelayanan:

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jalan Kaliurang KM. 17, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

JADWAL PELAJARAN 10-14 FEBRUARI 2025

JADWAL PELAJARAN 3-7 FEBRUARI 2025

Hasil Babak Final Prastantion#7

Soal dan Kunci Jawaban Babak Penyisihan Lomba Prastantion#7

Soal dan Kunci Jawaban Babak Final Lomba Prastantion#7

JADWAL PELAJARAN 30-31 JANUARI 2025

Hasil Babak Penyisihan Prastantion#7

JADWAL PELAJARAN 20-24 JANUARI 2025

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Jalan Kaliurang Km. 17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I.Y 55582
Telepon (0274) 895487
Laman www.smpn4pakem.sch.id; Surel smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 82544 3792808
Today 58 103
This Week 2503 84859
This Month 8146 335719