SEKILAS INFO
25-07-2024
  • 1 minggu yang lalu / PANDUAN MPLS 2024 silakan lihat pengumuman terbaru!
  • 1 bulan yang lalu / Petunjuk Teknis PPDB Jenjang SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 lihat pengumuman terbaru
  • 1 bulan yang lalu / SELAMAT MENEMPUH ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN KELAS VII DAN VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024, SEMOGA SUSKES!
2
Sep 2020
0
WORKSHOP KURIKULUM SMP NEGERI 4 PAKEM. KURIKULUM SEKOLAH UNTUK MENCAPAI BERBAGAI KEUNGGULAN

SMP Negeri 4 Pakem – Senin, 31 Agustus 2020, SMP Negeri 4 Pakem menyelenggarakan kegiatan Worksop Pengembangan Kurikulum. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.30-11 dihadiri oleh pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Pengawas pembina, pengurus komite, guru  dan karyawan, serta perwakilan siswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan draf Kurikulum SMP Negeri 4 Pakem. Setelah memperhatikan usulan, masukan dari berbagai pihak, draf Kurikulum direvisi untuk selanjutnya   ditetapkan sekolah dan disahkan  oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menjadi Kurikulum SMP Negeri 4 Pakem.

Hal-hal yang disampaikan Kepala Sekolah terkait kurikulum pada bagian awal antara lain latar belakang, dasar penyusunan, kondisi sekolah saat ini dan kondisi yang akan dicapai, potensi dan karakteristik sekolah, acuan pengembangan, dan dasar hukum. Pada bagian berikutnya  Visi, Misi, Tujuan,  indikator  ketercapaian, kerangka kurikulum, mata pelajaran, muatan pembelajaran, kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Visi SMP Negeri 4 pakem adalah mewujudkan insan berbudi pekerti luhur, cerdas dan kompetitif berwawasan nasional dan global serta mandiri.  Secara ringkas dinyatakan dengan branding “SEKOLAH BERKARAKTER JUARA”, yaitu semua warga yang berkarakter, semua warga menjadi juara, dan semua punya mental/karakter juara. Dengan indikator : unggul dalam  IMTAQ, unggul dalam sikap dan karakter, unggul dalam bidang akademik dan non-akademik, memiliki tenaga edukatif dan non-edukatif yang andal, memiliki jaringan dan kerjasama nasional dan internasional, andal dalam pengelolaan dan pembiayaan, unggul dalam pengembangan dan pemanfaatan ICT, unggul dalam pengelolaan lingkungan dan mitigasi bencana.

Untuk mencapai hal tersebut banyak hal yang telah dan terus  dilaksanakan oleh SMP Negeri 4 pakem. Misalnya, agar para siswa unggul dalam IMTAQ, sekolah melaksanakan pembinaan IMTAQ, baik melalui kegiatan intra, ko, maupun ekstrakurikuler. Bahkan dengan program khusus melalui kelas berasrama misal program hafalan Quran, One day one hadis dan lain sebagainya. Demikian pula berkaitan dengan pembinaan sikap dan karakter. Terkait dengan pembinaan akademik dan non-akademik,  selain melalui kegiatan intra, ko, dan ekstrakurikuler, sekolah juga melaksanakan pembinaan secara khusus kepada anak-anak sesuai bakat dan minatnya melaui training center (TC). Selanjutnya dari hasil pembinaan dilakukan seleksi untuk diambil beberapa siswa mewakili sekolah dalam  berbagai kompetisi/ kejuaraan.

Dalam upaya pembinaan akademik, SMP Negeri 4 Pakem menggunakan KKM tunggal, yaitu 80. Para siswa dengan perolehan nilai harian belum mencapai KKM  dapat mengikuti kegiatan remidial, Namun untuk penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun tidak ada remidial. Agar para siswa aman untuk bisa naik kelas, diharapkan pada penilaian harian, jika seseorang siswa belum mencapai nilai 84 segera mengikuti kegiatan remidial. Guru akan melakukan kegiatan re-teaching dan re-evaluasi

Untuk pengembangan dan pemanfaatan ICT, SMP Negeri 4 Pakem telah melaksanakan pembelajaran dan penilaian berbasis ICT sudah sejak 5 (lima) tahun terakhir. Adanya pandemi Covid-19, pembelajaran berbasis internet bukan merupakan kendala lagi karena SMP Negeri 4 Pakem telah melakasanakan pembelajaran, penilaian secara daring. Bahkan, pengisian berbagai data, pengisian angket bimbingan konseling, dan berbagai hal telah dilaksanakan secara daring. Agar pendidik selalu meningkat kompetensinya dalam pemanfaatan ICT, sekolah senantiasa memfasilitasi melalui kegiatan workshop bekerjasama dengan berbagi pihak yang kompeten. Sejak 3 tahun terakhir pembelajaran semua siswa menggunakan IPAD dan koneksi internet yang disediakan oleh masing masing orang tua.

 Untuk mencapai indikator unggul dalam pengelolaan lingkungan, SMP Negeri 4 Pakem terus berupaya meningkatkan lingkungan agar  semakin kondusif untuk PEMBELAJARAN. Peningkatan agar  lingkungan lebih kondusif  terus dilakukan, seperti kantin, pojok baca, gazebo untuk diskusi, taman di tiap-tiap depan kelas. Bahkan, penataan warna ruang ruang belajar dipilih warna yang mendukung penguatan konsentrasi otak untuk pembelajaran (pemilihan warna bukan sekedar suka dan tidak suka, dan bukan sekedar memanjakan mata sehingga bisa terlena). Selain itu SMP Negeri 4 Pakem juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman.

Untuk mitigasi bencana, SMP Negeri 4 Pakem telah ditetapkan sebagai SPAB, yaitu Satuan Pendidikan Aman bencana. Dengan adanya SPAB diharapkan semua warga sekolah memiliki karakter tanggap, tangkas, tangguh jika suatu saat terjadi bencana. Pemereintah Kabupaten Sleman terus intensif mendampingi SPAB SMP Negeri 4 Pakem melalui BPBD (Badan Penaggulangan Bencana Daerah).

Pada akhir kegiatan pejabat Dinas, komite, dan pengawas Pembina menyatakan apresiasinya atas tersusunnya Kurikulum SMP Negeri 4 Pakem yang aplikatif sebagai salah satu pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan. Selain itu disampaikan pula bahwa SMP Negeri 4 Pakem adalah sekolah yang memang sudah melaksanakan kurikulum secara penuh sesuai dengan berbagai panduan nasional, bahkan sudah banyak mengembangkan hal hal yang jauh lebih baik. Selama ini SMP Negeri 4 Pakem banyak menjadi rujukan/percontohan/tempat studi tiru baik di DIY maupun pada level Nasional.

Berdasar penilaian tim nasional SMP Negeri 4 Pakem merupakan sekolah dengan tata kelola mutu terbaik di DIY tahun 2017. (tahun 2018, 2019, 2020 tidak ada lomba tata kelola mutu sekolah secara menyeluruh). Demikian pula  berdasar Badan Akreditasi Provinsi, nilai akreditasi SMP 4 Pakem tertinggi di DIY.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

Jadwal Pelajaran 22-26 Juli 2024

Lembar Kerja Harian MPLS 2024

Lembar Kerja Harian MPLS 2024

Lembar Kerja Harian MPLS 2024

Pembagian Kelas VIII & IX TA 2024-2025

Jadwal 15-19 Juli 2024

PANDUAN MPLS 2024

INFORMASI PPDB 2024

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 65490 3344172
Today 647 1814
This Week 4524 106023
This Month 19021 580934