
SMP Negeri 4 Pakem – Senin, 31 Agustus 2020, SMP Negeri 4 Pakem menyelenggarakan kegiatan Worksop Pengembangan Kurikulum. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.30-11 dihadiri oleh pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Pengawas pembina, pengurus komite, guru dan karyawan, serta perwakilan siswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan draf Kurikulum SMP Negeri 4 Pakem. Setelah memperhatikan usulan, masukan dari berbagai pihak, draf Kurikulum direvisi untuk selanjutnya ditetapkan sekolah dan disahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menjadi Kurikulum SMP Negeri 4 Pakem.
Hal-hal yang disampaikan Kepala Sekolah terkait kurikulum pada bagian awal antara lain latar belakang, dasar penyusunan, kondisi sekolah saat ini dan kondisi yang akan dicapai, potensi dan karakteristik sekolah, acuan pengembangan, dan dasar hukum. Pada bagian berikutnya Visi, Misi, Tujuan, indikator ketercapaian, kerangka kurikulum, mata pelajaran, muatan pembelajaran, kompetensi inti dan kompetensi dasar.
Visi SMP Negeri 4 pakem adalah mewujudkan insan berbudi pekerti luhur, cerdas dan kompetitif berwawasan nasional dan global serta mandiri. Secara ringkas dinyatakan dengan branding “SEKOLAH BERKARAKTER JUARA”, yaitu semua warga yang berkarakter, semua warga menjadi juara, dan semua punya mental/karakter juara. Dengan indikator : unggul dalam IMTAQ, unggul dalam sikap dan karakter, unggul dalam bidang akademik dan non-akademik, memiliki tenaga edukatif dan non-edukatif yang andal, memiliki jaringan dan kerjasama nasional dan internasional, andal dalam pengelolaan dan pembiayaan, unggul dalam pengembangan dan pemanfaatan ICT, unggul dalam pengelolaan lingkungan dan mitigasi bencana.
Untuk mencapai hal tersebut banyak hal yang telah dan terus dilaksanakan oleh SMP Negeri 4 pakem. Misalnya, agar para siswa unggul dalam IMTAQ, sekolah melaksanakan pembinaan IMTAQ, baik melalui kegiatan intra, ko, maupun ekstrakurikuler. Bahkan dengan program khusus melalui kelas berasrama misal program hafalan Quran, One day one hadis dan lain sebagainya. Demikian pula berkaitan dengan pembinaan sikap dan karakter. Terkait dengan pembinaan akademik dan non-akademik, selain melalui kegiatan intra, ko, dan ekstrakurikuler, sekolah juga melaksanakan pembinaan secara khusus kepada anak-anak sesuai bakat dan minatnya melaui training center (TC). Selanjutnya dari hasil pembinaan dilakukan seleksi untuk diambil beberapa siswa mewakili sekolah dalam berbagai kompetisi/ kejuaraan.
Dalam upaya pembinaan akademik, SMP Negeri 4 Pakem menggunakan KKM tunggal, yaitu 80. Para siswa dengan perolehan nilai harian belum mencapai KKM dapat mengikuti kegiatan remidial, Namun untuk penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun tidak ada remidial. Agar para siswa aman untuk bisa naik kelas, diharapkan pada penilaian harian, jika seseorang siswa belum mencapai nilai 84 segera mengikuti kegiatan remidial. Guru akan melakukan kegiatan re-teaching dan re-evaluasi
Untuk pengembangan dan pemanfaatan ICT, SMP Negeri 4 Pakem telah melaksanakan pembelajaran dan penilaian berbasis ICT sudah sejak 5 (lima) tahun terakhir. Adanya pandemi Covid-19, pembelajaran berbasis internet bukan merupakan kendala lagi karena SMP Negeri 4 Pakem telah melakasanakan pembelajaran, penilaian secara daring. Bahkan, pengisian berbagai data, pengisian angket bimbingan konseling, dan berbagai hal telah dilaksanakan secara daring. Agar pendidik selalu meningkat kompetensinya dalam pemanfaatan ICT, sekolah senantiasa memfasilitasi melalui kegiatan workshop bekerjasama dengan berbagi pihak yang kompeten. Sejak 3 tahun terakhir pembelajaran semua siswa menggunakan IPAD dan koneksi internet yang disediakan oleh masing masing orang tua.
Untuk mencapai indikator unggul dalam pengelolaan lingkungan, SMP Negeri 4 Pakem terus berupaya meningkatkan lingkungan agar semakin kondusif untuk PEMBELAJARAN. Peningkatan agar lingkungan lebih kondusif terus dilakukan, seperti kantin, pojok baca, gazebo untuk diskusi, taman di tiap-tiap depan kelas. Bahkan, penataan warna ruang ruang belajar dipilih warna yang mendukung penguatan konsentrasi otak untuk pembelajaran (pemilihan warna bukan sekedar suka dan tidak suka, dan bukan sekedar memanjakan mata sehingga bisa terlena). Selain itu SMP Negeri 4 Pakem juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman.
Untuk mitigasi bencana, SMP Negeri 4 Pakem telah ditetapkan sebagai SPAB, yaitu Satuan Pendidikan Aman bencana. Dengan adanya SPAB diharapkan semua warga sekolah memiliki karakter tanggap, tangkas, tangguh jika suatu saat terjadi bencana. Pemereintah Kabupaten Sleman terus intensif mendampingi SPAB SMP Negeri 4 Pakem melalui BPBD (Badan Penaggulangan Bencana Daerah).
Pada akhir kegiatan pejabat Dinas, komite, dan pengawas Pembina menyatakan apresiasinya atas tersusunnya Kurikulum SMP Negeri 4 Pakem yang aplikatif sebagai salah satu pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan. Selain itu disampaikan pula bahwa SMP Negeri 4 Pakem adalah sekolah yang memang sudah melaksanakan kurikulum secara penuh sesuai dengan berbagai panduan nasional, bahkan sudah banyak mengembangkan hal hal yang jauh lebih baik. Selama ini SMP Negeri 4 Pakem banyak menjadi rujukan/percontohan/tempat studi tiru baik di DIY maupun pada level Nasional.
Berdasar penilaian tim nasional SMP Negeri 4 Pakem merupakan sekolah dengan tata kelola mutu terbaik di DIY tahun 2017. (tahun 2018, 2019, 2020 tidak ada lomba tata kelola mutu sekolah secara menyeluruh). Demikian pula berdasar Badan Akreditasi Provinsi, nilai akreditasi SMP 4 Pakem tertinggi di DIY.