SEKILAS INFO
25-07-2024
  • 1 minggu yang lalu / PANDUAN MPLS 2024 silakan lihat pengumuman terbaru!
  • 1 bulan yang lalu / Petunjuk Teknis PPDB Jenjang SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 lihat pengumuman terbaru
  • 1 bulan yang lalu / SELAMAT MENEMPUH ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN KELAS VII DAN VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024, SEMOGA SUSKES!
25
Feb 2022
0
STUDI TIRU PENGUATAN LITERASI NUMERASI  MKKS SMP NGAWI

Foto : Kegiatan Kunjungan MKKS Ngawi di Ruang Aula SMPN 4 Pakem

MKKS SMPN Kabupaten Ngawi pada Sabtu, 19 Februari 2022 berkunjung ke SMPN 4 Pakem. Kunjungan ke ‘sekolah berkarakter juara’ ini dilakukan guna menggali lebih dalam bagaimana penguatan literasi membaca dan literasi numerasi untuk meningkatkan capaian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Rombongan yang dipimpin oleh Bapak Samirun, S. Pd., M. Pd.,  Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi dan Bapak Gunawan Wibisana, S. Pd., M. Si., selaku ketua MKKS SMPN Kabupaten Ngawi.

“Saya mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi, menyampaikan terima kasih kepada SMPN 4 Pakem dan MKKS Kabupaten Sleman. Keiukutsertaan kami dalam kunjungan ini untuk menyerap hal-hal yang bisa kami implementasikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Ngawi,” terang Bapak Samirun, S. Pd., M. Pd.

“Kunjungan ini kami lakukan sebagai ajang silaturahmi dan juga sebagai salah satu program kerja kami untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Ngawi. Sudah tersiar kabar dan telah terbutkti bahwa SMPN 4 Pakem memang memiliki prestasi yang luar biasa dalam berbagai hal termasuk di dalamnya adalah  literasi dan numerasi. Maka, kami ingin studi tiru terkait bagaimana mengelola sekolah agar capaian  AKM meningkat seperti SMP 4 Pakem,” ucap Bapak Gunawan Wibisana, S. Pd., M. Si., dalam sambutannya.

Ketua MKKS SMP Kabupaten Sleman, Bapak Sukendar, M.Pd., juga turut hadir dalam kunjungan ini menyampaikan terima kasih atas kunjungan serta memperkenalkan kepengurusan MKKS SMP Kabupaten Sleman serta program kerja MKKS berupa peningkatan mutu bagi kepala sekolah, guru, dan peserta didik.

Bapak Ponidi, kepala SMPN 4 Pakem  menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya kepada Dinas Pendidikan  dan Juga MKKS SMP Kabupaten Ngawi sehingga melakukan kunjungan silaturahmi dan studi tiru di Sekolah ini.

“Atas nama sekolah, Saya menyampaikan terima kasih atas kunjungan ini. Literasi membaca dan literasi numerasi memang saat ini tengah menjadi perhatian khusus Kemdikbudristek.  Capaian tersebut diukur melalui AKM setiap tahun. Salah satu upaya yang dilakukan SMP 4 Pakem dengan terus melakukan berbagai  inovasi.  Inovasi yang sangat mendukung penguatan literasi dan telah mendapat penghargaan  nasional yakni, GELANG SI CANTIK yang merupakan akronim dari Gerakan Literasi Mengangkat Prestasi dengan Membaca, Menulis, dan TIK. Inovasi ini telah mampu meningkatkan prestasi siswa bai dalam berbagai bidang yang berbasis  literasi ,” jelas Bapak Ponidi.

Foto : Penyerahan Cinderamata dari perwakilan MKKS Kab. Ngawi kepada Kepala Sekolah.

GELANG SI CANTIK telah mendapat penghargaan khusus dari KEMENPANRB dalam pelayanan publik pada tahun 2020. Inovasi yang dilakukan SMP Negeri 4 Pakem dalam gerakan literasi, yaitu (1) Reading Time, (2) Jumat Literasi, (3) Kelompok Ilmiah Remaja, (4) Workshop Baca Tulis untuk Guru dan Siswa, (5) Pameran Buku, (6) Perpustakaan yang memadai sebagai pendukung budaya literasi, (7) Diskusi Buku, (8) Pameran  Karya, (9) Lomba Literasi, (10) Leading Sekolah Literasi. Inovasi ini telah di desiminasikan di berbagai biro organisasi pemerintah provinsi dan bagian organisasi pemerintah kabupaten/kota di Republik ini. Dalam kegiatan desiminasi tersebut biro/bagian organisasi menghadirkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

“SMPN 4 Pakem terus melakukan inovasi-inovasi yang mulai tahun 2020 telah mendapatkan penghargaan  dari Pemerintah Kabupaten Sleman, Kementerian PANRB, dan Kemendagri. Selama 3 tahun terakhir ini, SMP 4 Pakem  menjadi sekolah paling  berinovasi  dibanding sekolah maupun seluruh SKPD yang ada di Kabupaten Sleman. Sampai saat ini ada 11 inovasi yang mendapat pengharagaan dari pemerintah pusat dan daerah. Inovasi-inovasi ini  akan kita tumbuh dan kembangkan terus,’ pungkas Ponidi, S. Pd.

Pada kunjungan tersebut juga tampil storytelling yang dibawakan oleh Abelly Floren Geraleen, siswa dari SMPN 4 Pakem dengan judul The Legend of Tangkuban Perahu.

*** (smb)

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

Jadwal Pelajaran 22-26 Juli 2024

Lembar Kerja Harian MPLS 2024

Lembar Kerja Harian MPLS 2024

Lembar Kerja Harian MPLS 2024

Pembagian Kelas VIII & IX TA 2024-2025

Jadwal 15-19 Juli 2024

PANDUAN MPLS 2024

INFORMASI PPDB 2024

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 65459 3344071
Today 616 1713
This Week 4493 105922
This Month 18990 580833