SEKILAS INFO
24-06-2024
  • 2 minggu yang lalu / Petunjuk Teknis PPDB Jenjang SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 lihat pengumuman terbaru
  • 3 minggu yang lalu / SELAMAT MENEMPUH ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN KELAS VII DAN VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024, SEMOGA SUSKES!
  • 1 bulan yang lalu / ASPD bagi seluruh siswa kelas ix 13-15 Mei 2024, info lengkap klik jadwal terbaru
5
Jan 2023
0
Sekar Bumi Dyah Angawiyat Wakil Pradnya Siwi  pada Global Youth Summit 2022

Foto :  Kolase Sekar ketika mengikuti kegiatan GYS 2022 di Singapura

Kembali salah satu siswa SMP Negeri 4 Pakem mengikuti perhelatan tingkat internasional. Kali ini Sekar Bumi Dyah Angawiyat, Pradnya Siwi yang saat ini duduk di bangku kelas 9E atau kelas berasrama mengikuti ajang Global Youth Summit 2022. Dara manis yang akrab dipanggil Sabda tersebut turut serta mewakili Indonesia pada ajang yang menyuarakan tentang kelestarian lingkungan. Global Youth Summit diselenggarakan di Singapura pada akhir 2022 dan mengambil tema “ Action For Earth “ yang berarti kampanye untuk melakukan aksi bagi kelestarian lingkungan di bumi.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pembukaan yang berupa sambutan dari The Precident of Hemispheres selaku penyelenggara kegiatan Global Youth Summit 2022. Tercatat kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara diantaranya adalah Nigeria, Kamboja, Singapura, dan Malaysia. Seluruh peserta berbaur dan berkolaborasi satu sama lainya. Seluruh peserta dibagi menjadi beberapa regu kerja yang membahas tentang rencana aksi yang akan dilakukan berkaitan dengan isu utama perhelatan yaitu “Action For Earth”.

Hari berikutnya adalah kegiatan berupa presentasi hasil diskusi dari masing-masing kelompok kerja. Sabda berkesempatan untuk presentasi dengan membawakan aksi yang dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama di rumah dan sekolah. Selain Sabda terdapat juga presentasi dari peserta lain terkait pemanfaatan barang bekas dari kantong plastik menjadi totebag, alat penyaring udara. Setelah kegiatan presentasi dilakukan penilaian. Dari hasil penilaian oleh tim ahli dari berbagai disiplin ilmu khususnya berkaitan dengan lingkungan akhirnya Sabda mendapat penghargaan sebagai juara harapan. Setelah pengumuman pemenang diadakan berbagai pertunjukan karya seni dari berbagai negara peserta.

Berwisata di sepanjang kota di Singapura menjadi menu selanjutnya badi seluruh peserta  Global Youth Summit 2022. Tentunya wisata yang dilakukan tidak sekedar wisata tetapi seluruh peserta mendapat tugas mengidentifikasi berbagai hal yang ditemui dalam kunjungan wisatanya. Selanjutnya pemberian worksheet untuk menuangkan hal-hal yang dapat dikagumi dan hal yang dapat diperbaiki dari fasilitas di Singapura. Berikutnya kunjungan ke food court yang berada di samping venue, stasiun MRT yang sangat bersih, Merlion Park, Garden by the bay, Orchard Road, dan Bugis untuk membeli oleh-oleh.

Banyak hal yang bisa diperoleh dari kegiatan Global Youth Summit 2022. Mendapat teman-teman baru yang sangat baik dari berbagai negara serta melihat tempat baru menjadi daya tarik dari kegiatan ini. Sabda menyatakan bahwa pembelajaran yang diperoleh di SMP Negeri 4 Pakem selama ini ternyata sangat membantunya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan berskala internasional seperti yang baru saja diikutinya. Bagaimana pembelajaran berbasis STEM dari sekolah diajarkan, penguatan literasi dan pemberian materi yang diberi label ETHiCs (English for Science and Mathematics) yang selama ini dipelajari di sekolah sangat membantunya untuk berkolaborasi dengan peserta dari negara lain dan membantunya untuk memahami materi yang diberikan oleh narasumber kegiatan.

Ponidi, kepala SMP Negeri 4 Pakem dalam berbagai kesempatan menyampaikan bahwa siswa-siswinya memang dipersiapkan untuk hidup di masa yang akan datang, bukan di masa kini apalagi di masa lalu. Untuk mendukung hal tersebut maka berbagai kegiatan beriorientasi pada layanan terhadap siswa-siswi untuk sukses di kelak kemudian hari. Penguatan karakter menjadi landasan dari layanan sekolah sehingga diharapkan siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem mempunyai karakter yang kuat, karakter juara dan menjadi juara di berbagai bidang.

“Since this is my first experience traveling abroad. I’m very grateful to get this opportunity to take part in this event, many thanks to my wonderful mother and aunt, my friends, and Allah SWT.” Demikian Sabda menyatakan pengalamannya pada kegiatan Global Youth Summit 2022 di Singapura.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

INFORMASI PPDB 2024

Jadwal Pasca SAT dan Jadwal Pengembalian Buku

Pengumuman Kegiatan ASAT Kelas VII & VIII Tahun Pelajaran 2023/2024

JADWAL PELAJARAN 27-31 MEI 2024

INFORMASI LENGKAP PPDB SMA/SMK DIY 2024/2025

JADWAL PELAJARAN 20-24 MEI 2024

JADWAL PELAJARAN 16-17 MEI 2024

Jadwal ASPD IX dan Penguatan Karakter VII&VIII

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 59194 3255548
Today 292 937
This Week 292 40361
This Month 10385 217662