
Foto :Siswa-siswi SMPN 4 Pakem melaksanakan PPAD dengan menggunakan iPad
Pelaksanaan Pemantapan Persiapan Asesmen Daerah (PPAD) di SMP Negeri 4 Pakem berjalan lancar. Kegiatan ini serentak dilaksanakan pada jenjang SMP/MTs se-Kabupaten Sleman pada tanggal 24-27 Januari 2022 dimulai pukul 07.00 WIB secara tatap muka di sekolah. Karena masih dalam situasi pandemi, pelaksanaan di sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. PPAD ini diselenggarakan untuk mempersiapkan Asesmen Daerah yang sudah semakin dekat. Terdapat 4 (empat) mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA. Soal yang diujikan sudah bukan lagi soal hafalan dan pemahaman, tetapi soal-soal yang mengkolaborasikan level Middle Order Thinking Skill (MOTS) dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Literasi. Hasilnya akan dijadikan rujukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dalam rangka pemetaan pendidikan di Kabupaten Sleman selain sebagai evaluai pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
Dalam mengikuti PPAD, setiap siswa kelas 9 menggunakan iPadnya masing-masing. Pemanfaatan iPad ini adalah buntut dari adanya revolusi industri 4.0, dimana perkembangan teknologi semakin tak terbendung. SMP Negeri 4 Pakem, sebagai salah satu sekolah yang mengedepankan pemanfaatan ICT berusaha menjawab tantangan tersebut dengan memaksimalkan penggunaan iPad pada kegiatan sehari-hari bagi siswa-siswinya mulai dari pembelajaran hingga proses penilaian. Siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem diberikan bekal yang memadai dalam pemanfaatan ICT mulai dari awal masuk sebagai bagian dari “Pradnya Siwi” demikian sekolah selalu menyebut bagi siswa-siswinya. Pradnya Siwi sendiri berarti anak yang cerdas. Hasilnya, siswa SMP Negeri 4 Pakem secara keseluruhan telah terampil mengoperasikan iPad.
Hal ini dibuktikan dengan proses pembelajaran sehari-hari bagi seluruh peserta didik, mereka telah menggunakan iPad legkap dengan segala fitur yang ada di dalamnya baik ketika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maupun ketika Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Berbagai aplikasi guna menunjang pembelajaran yang tersedia di Appstore telah mereka kuasai, seperti Google Slides, Google Classroom, Good Notes, Geogebra, Algebra Tiles, dll. Tak hanya dalam proses belajar mengajar, penggunaan iPad untuk asesmen dan evaluasi siswa baik di tingkat sekolah seperti Ulangan Harian, PTS, PAT; di tingkat kabupaten seperti Tes Kendali Mutu (TKM), ALN (Asesmen Literasi Numerasi); maupun di tingkat provinsi seperti Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) juga telah beberapa kali dilaksanakan.
Bagi SMP Negeri 4 Pakem integritas adalah yang utama sehingga dalam pelaksanaan PPAD sekolah selalu mengelorakan dan menjunjung tinggi kejujuran bagi peserta didiknya. Karena yang paling utama dari proses belajar adalah karakter. Selain untuk membentuk pribadi yang jujur, berintegritas, dan percaya kepada kemampuan diri sendiri, kejujuran siswa penting untuk menganalisis kelemahan siswa untuk dijadikan dasar refleksi dan evaluasi ke depannya.
Ponidi, S.Pd. selaku Kepala Sekolah berharap, dengan bekal yang memadai yang diberikan dari sekolah melalui guru mata pelajaran, integritas tinggi peserta didik, maupun support orang tua yang terus menerus, SMP Negeri 4 Pakem mampu mendapat hasil yang maksimal PPAD. Sukses menurutnya adalah sukses dengan hasil maksimal, sukses dengan penuh kejujuran dan terbawa pada hasil akhir yaitu nilai Asesmen Daerah tahun 2022 sehingga SMP Negeri 4 Pakem kembali menjadi yang terbaik.