Foto : Kepala SMP Negeri 4 Pakem bersama Wakil Rektor UNY Prof. Margana di pertemuan pertama kegiatan UNY Goes To School tahun 2021
Dalam program kegiatan UNY Goes to School, pada hari Jumat (24/12/2021) dan Rabu, (29/12/2021) SMP Negeri 4 Pakem dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Dr. Margana, M,Hum.,MA. dan beberapa dosen. Pada kesempatan ini, seluruh guru SMP Negeri 4 Pakem mendapatkan berbagai penyegaran tentang Pendidikan di masa kini.
Sudah saatnya kita khususnya para guru keluar dari zona nyaman. Berbagai upaya harus dilakukan agar hari ini mesti lebih baik dari hari kemarin sehingga sebagai seorang pendidik wajib mengembangkan mind-set baru untuk proses belajar yang lebih menyenangkan sehingga menghasilkan capaian akademik, keterampilan, dan juga karakter yang lebih baik. Guru-guru SMP harus sesegera mungkin untuk mengubah paradigma dari fixed mindset menjadi growth mindset di mana menganggap segala perubahan adalah sebuah peluang. Dengan begitu kita akan dapat semaksimal mungkin dalam mencetak lulusan-lulusan yang agile (tangkas).
“Hakekat pendidikan tidak sekedar transfer pengetahuan, namun juga berkenaan dengan transfer keterampilan, nilai-nilai budaya dan moral yang membentuk karakter yang kuat dalam berkehidupan dan bermasyarakat dengan mengedepankan habluminallah, habluminanas, dan habluminalam”, ungkap Prof Margana.
Prof. Margana menjelaskan bahwa Growth Mindset adalah keyakinan bahwa kecerdasan dan kemampuan sesorang bisa dikembangkan secara tak terbatas lewat proses belajar dan usaha. “Untuk menuju kesuksesan seseorang ditentukan mindset yang bersangkutan, sehingga kesuksesan harus didesain sejak awal”, lanjutnya.
“Kita juga harus melaksanakan ajaran Ki Hajar Dewantara yakni Tri-Nga yaitu ngerti, ngrasa, nglakoni. Setelah itu dilanjutkan dengan ngelmu iki kalakone kanthi laku, learning to doing”, papar Prof Margana.
Setelah mendapatkan penyegaran dari paparan Prof Margana, guru-guru SMP Negeri 4 Pakem berdiskusi dengan beberapa dosen untuk penguatan pembelajaran dengan Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Inquiry/Discovery Learning.