SEKILAS INFO
18-06-2024
  • 1 minggu yang lalu / Petunjuk Teknis PPDB Jenjang SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 lihat pengumuman terbaru
  • 2 minggu yang lalu / SELAMAT MENEMPUH ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN KELAS VII DAN VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024, SEMOGA SUSKES!
  • 1 bulan yang lalu / ASPD bagi seluruh siswa kelas ix 13-15 Mei 2024, info lengkap klik jadwal terbaru
31
Okt 2023
0
Penguatan Karakter dan IMTAQ dengan Semarak Hari Santri Pradnya Siwi

Foto : Tim tari Pradnya Siwi menampilkan Tari Saman dari Aceh dengan sangat kompak

SMPN 4 Pakem – Mewujudkan insan yang berkarakter, unggul dan berwawasan global, sebagai visi sekolah dan   “Sekolah Berkarakter Juara” sebagai brandingnya, SMP 4 Pakem terus mengupayakan dengan berbagai hal. Salah satu upaya merealisasikan visi dan branding tersebut, SMP Negeri 4 Pakem melaksanakan perayaan Hari Santri Nasional 2023 pada hari Senin tanggal 23 Oktober 2023, tepat sehari setelah hari resminya. Pada perayaan yang diselenggarakan di GOR sekolah, seluruh Pradnya Siwi dan warga sekolah lainnya yang beragama Islam turut berpartisipasi mengikuti rangkaian acara perayaan Hari Santri.

Dalam perayaan Hari Santri tersebut, Pradnya Siwi menunjukkan bakat dan kemampuan dibidang keagamaan. Acara dimulai dengan pembukaan yang disertai dengan nyanyian Indonesia Raya sebagai wujud simbol kebangsaan dan nasionalisme. Pembukaan juga disertai pembacaan kalam Ilahi oleh Admiralty Rasheeda, sang peraih segudang juara MTQ hingga tingkat provinsi. Setelah itu, tim tari Pradnya Siwi mempersembahkan pertunjukan Tari Saman dari Aceh, tari tradisional nusantara yang mengandung nilai kesenian islami. Persembahan tari dilanjutkan oleh laporan ketua panitia yaitu Habiib Salim A. lalu serah terima piala dari juara lomba bidang keagamaan. Akhtar Alma Ernesto R. sebagai peraih juara 2 kaligrafi tingkat provinsi DIY dan Admiralty Rasheeda sebagai peraih juara 2 MTQ putri tingkat provinsi DIY menyerahkan piala hasil prestasinya kepada pihak sekolah. Serah terima piala tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada peraih prestasi sekaligus bukti bahwa Pradnya Siwi tidak hanya unggul di bidang akademik, namun juga non akademik seperti bakat di bidang keagamaan.

Foto : (kiri) Penyerahan penghargaan oleh Kepala Sekolah , (kanan) Bapak Ponidi, S.Pd memberikan sambutan  Hari Santri Nasional

Rangkaian acara selanjutnya adalah pertunjukan bakat dan pentas PAI. Pertunjukan dibuka dengan pembacaan puisi religi yang unik dan spesial karena dibaca oleh dua pembaca puisi hebat yaitu Bapak S. M. Bagaskara dengan Annisa Zahira R. Selanjutnya ada nyanyian yang menghiasi suasana kedamaian acara tersebut oleh Queenscha Aya F. A. G. Puncak dari suasana sejuk dan damai acara tersebut ada di bagian pertunjukan berikutnya yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Pembacaan Al-Qur’an ditunjukkan dengan berbagai bakat yaitu: MTQ oleh Almaisan, MTtq oleh Ahsan dan Aliqah, serta MHQ oleh Aisya Rifda, Rumaisha, Zasky, dan Syauqi. Pertunjukkan ditutup oleh pidato santuy dan seru oleh Elfath bertemakan amalan yang ringan dilakukan tapi berat di timbangan amal. Pidato yang dibawakan dengan suasana akrab tersebut bukan hanya menghibur namun juga banyak memberi pelajaran.

Perayaan Hari Santri ditutup dengan sambutan dan refleksi Hari Santri Pradnya Siwi 2023 oleh Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Pakem, Bapak Ponidi. Sambutan dan refleksi tersebut menyimpulkan semarak acara hari itu disertai dengan apresiasi dan pesan kepada Pradnya Siwi. Selanjutnya, ada penampilan penutup menyanyi oleh Binar, Nayyara, dan Sheikha yang salah satu lagunya adalah “Gaza Tonight”, sebagai bentuk kepedulian dan simpati untuk meningkatkan kesadaran dan solidaritas dengan Palestina khususnya Gaza.

Foto : Pelaksanaan peringatan Hari Santri di GOR Sekolah

Banyak keseruan dan pesan-pesan penting di perayaan Hari Santri Pradnya Siwi 2023 yang tentunya menguatkan karakter dan IMTAQ Pradnya Siwi. Diharapkan dengan acara tersebut Pradnya Siwi lebih termotivasi untuk memperdalam keagamaan sesuai dengan tema Hari Santri Nasional 2023 yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Perayaan yang berkesan itu juga membuktikan aksi nyata SMP Negeri 4 Pakem dalam mendidik putra-putri bangsa di berbagai bidang, khususnya dalam karakter dan keagamaan sebagai kunci penting di kehidupan dunia maupun di akhirat kelak. (Langit)

Dokumentasi :

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

INFORMASI PPDB 2024

Jadwal Pasca SAT dan Jadwal Pengembalian Buku

Pengumuman Kegiatan ASAT Kelas VII & VIII Tahun Pelajaran 2023/2024

JADWAL PELAJARAN 27-31 MEI 2024

INFORMASI LENGKAP PPDB SMA/SMK DIY 2024/2025

JADWAL PELAJARAN 20-24 MEI 2024

JADWAL PELAJARAN 16-17 MEI 2024

Jadwal ASPD IX dan Penguatan Karakter VII&VIII

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 59118 3247414
Today 353 1229
This Week 652 42993
This Month 7755 209528