Foto : Tangkapan layar ketika tim robotik SMP Negeri 4 Pakem presentasi online
STEAM bukan soal pembelajaran yang terpisah-pisah, akan tetapi bagian dari kolaborasi untuk menerapkan seluruh komponen yang ada dalam tema. Peserta didik dengan STEAM dituntut mampu menganalisa dan berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah. Pengaplikasian pembelajaran STEAM seperti dijelaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, implementasinya di integrasikan pada bidang-bidang ilmu berdasarkan aplikasi di kehidupan keseharian anak melalui pendekatan saintifik. Terutama yang memungkinkan peserta didik menjadi individu yang kreatif, inisiatif, dan inovatif. Muatan STEAM adalah pendekatan pembelajaran dengan koneksi lintas disiplin.
Belajar robot merupakan salah satu implementasi pembelajaran STEAM. SMP Negeri 4 Pakem sudah memulai dengan mengikuti berbagai macam lomba robot baik yang diselenggarakan secara nasional maupun internasional. Pada masa pandemic ini banyak lomba yang tetap berlangsung dengan cara online sehingga memungkinkan peserta didik SMP Negeri 4 Pakem tetap aktif berpartisipasi mengikuti lomba robot internasional.
Pada tahun 2021 ini beberapa peserta didik SMP Negeri 4 Pakem mengikuti lomba robot secara online, Muhammad Jiro dari kelas 7E mendapatkan peringkat 3 dan Aria Agung Jati Kelas 7D mendapatkan peringkat 1 kategori outstanding work award dalam ajang 2021 Robo Genius World Online Competition yang diselenggarakan sepanjang bulan oktober 2021.
Prestasi di bidang robotic ini merupakan buah manis dari pembelajaran STEAM yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pakem. Semoga prestasi ini menjadi semangat untuk menyiapkan peserta didik dengan kecapakapan abad 21.