SMP Negeri 4 Pakem – Pada Jumat, 3 Mei 2019 SMP Takhassus Al-Quran Kalibeber mengadakan kunjungan studi banding ke SMP 4 Pakem. Bahan yang menjadi diskusi utama adalah moving class dan tes online.
Dari diskusi tersebut terungkap secara singkat pelaksanaan movingclass di SMP 4 Pakem dengan siswa berjalan/bergerak/berpindah mengikuti setiap pelajaran ke ruang mata pelajaran. Di sekolah ini semua guru/semua mapel memiliki ruang tersendiri. Adapun keuntungan dengan movingclass adalah adalah :
- Siswa menjadi lebih aktif, lebih sigap, lebih cepat. Setiap bel ganti mata pelajaran mereka harus segera berpindah ke ruang berikutnya sesuai mata pelajaran yang akan diikuti.
- Siswa senang tidak jenuh, karena akan menempati ruang kelas yang berbeda-beda sesuai karakteristik tiap mata pelajaran yang diikuti.
- Siswa terus berlatih sportif, karena mereka akan berlomba untuk mencari tempat duduk sesuai yang diinginkan dan secara sportif menerima duduk di mana saja jika tidak cepat. Biasanya tempat duduk yang menjadi favorit adalah baris ke-1, 2, dan 3. Meskipun demikian guru di kelas tetap memiliki kewenangan untuk mengatur tempat duduk sesuai kebutuhan/karakteristik siswa. Di sini juga terus ditanamkan toleransi dan tenggang rasa.
- Siswa selalu sehat karena aktif bergerak dengan berjalan bahkan berlari untuk menuju ruang pembelajaran berikutnya.
- Waktu menjadi efisien karena perjalanan siswa jauh lebih cepat ketimbang guru untuk menuju ruang pembelajaran.
- Pembelajaran lebih efektif karena guru menyiapkan pembelajaran (alat perga, media) cukup satu kali. Demikian pula peralatan jauh lebih awet.
- Pembelajaran semakin kondusif karena guru dapat mengatur formasi kelas sesuai karakteristik mata pelajaran masing-masing termasuk memajang hasil karya para siswa.
- Memudahkan pemanfaan media, alat, dan sumber belajar karena segala peralatan dan sumber belajar sudah berada di ruang masing-masing. Sumber belajar yang ada di kelola sebagai perpustakaan mini.
Selain movingclass pada kegiatan studi banding ini dibahas tentang tes online. Untuk diskusi tentang pembelajaran online akan dibahas lebih lanjut. Adapun keuntungan dengan tes online antara lain :
- Siswa terbiasa memanfaatkan gadget secara positif, di antaranya untuk tes online. Sebelumnya gadget banyak digunakan untuk hal hal yang kurang produktif, bahkan kontraproduktif.
- Dengan online yang dikelola sekolah atau oleh guru mata pelajaran, siswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan. Dalam hal ini tes online digunakan untuk tes diagnostik. Selesai mengerjakan soal, siswa langsung mengetahui kompetensi yang sudah diketahui atau kompetensi yang belum. Pada tes online ini ditampilkan capaian kompetensinya, ditampilkan data pada butir mana yang belum benar dan butir mana yang salah.
- Siswa memiliki jiwa kompetitif dan selalu tertantang tertantang untuk lebih baik pada tes online berikutnya.
- Siswa dapat memilih mata pelajaran, serta kompetensi yang akan diikuti sesuai waktunya.
- Siswa dapat memilih waktu kapan dan di mana saja berada selama dalam jangkauan internet.