SEKILAS INFO
13-04-2024
  • 2 minggu yang lalu / selamat menempuh osnk sma 26-27 maret, bagi siswa yang berpartisipasi. semoga sukses ya!
  • 2 minggu yang lalu / selamat menempuh ppad diy siswa kelas ix 25-27 Maret 2024. semoga sukses dan meraih hasil terbaik!
  • 3 minggu yang lalu / bahan belajar klik pengumuman dibawah : https://smpn4pakem.sch.id/pengumuman/soal-dan-kunci-tes-literasi/
27
Des 2022
0
KUNJUNGAN GURU SMP LABSCHOOL SMP NEGERI 4 PAKEM: ORANG TUA YANG MENGINGINKAN PENDIDIKAN TERBAIK SUPAYA MENJADIKAN SMP NEGERI 4 PAKEM SEBAGAI SALAH SATU REFERENSI UNTUK SEKOLAH TUJUAN.

Foto :  Guru SMP Labschool foto di Lobi SMP N 4 Pakem

Pada hari Sabtu, 10 Desember 2022 SMP Negeri 4 Pakem, Sleman, Yogyakarta mendapat kunjungan dari salah satu guru senior di SMP Labschool Rawamangun, Jakarta. Wijaya Kusuma nama guru tersebut, selain guru beliau juga merupakan motivator sekaligus penulis serta pembicara tingkat nasional dalam bisang Teknologi Informatika serta Edupreneurship.  Menurut Omjay, demikian beliau biasa disapa, SMP Negeri 4 Pakem merupakan sekolah yang sangat unggul dan terdepan dalam berbagai bidang. Salah satu yag membuat Omjay takjub adalah atmosfer SMP Negeri 4 Pakem tidak hanya atmosfer pembelajaran akan tetapi lebih dari itu adalah pembiasaan karakter seluruh warga SMP Negeri 4 Pakem. Omjay merasakan keramahan seluruh warga sekolah baik guru, karyawan maupun siswa-siswi yang ada di sekolah ini.

Sebagai sekolah yang terletak di sekitar lereng gunung Merapi sekolah ini telah mampu menghasilkan lulusan yang luar biasa. Terbukti selama beberapa tahun terakhir menjadi sekolah terbaik dalam capaian Ujian Nasional tingkat nasional maupun Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Lulusan SMP Negeri 4 Pakem banyak melanjutkan studinya ke sekolah-sekolah unggulan yang ada tidak hanya terbatas di Daerah Istimewa Yogyakarta saja akan tetapi di seluruh Indonesia. SMA Taruna Nusantara, SMA Pradita Dirgantara, SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 3 Yogyakarta, MAN Insan Cendekia dan sekolah unggulan lainnya menjadi tujuan dan impian bagi sebagian besar siswa SMP Negeri 4 Pakem.

Masih menurut Omjay setiap sekolah pasti punya budaya sekolah yang bisa menjadi unggulannya sehingga menjadi sekolah berkarakter juara. Nah selama berkunjung di sekolah ini banyak disaksikan budaya-budaya unggul yang dilakukan oleh peserta didik dan seluruh warga SMP Negeri 4 Pakem. Nampak siswa-siswi asyik dengan iPad atau tablet mereka dan ternyata mereka tidak sedang bermain akan tetapi mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara daring. Sekolah ini juga menerapkan moving class yaitu siswa yang mendatangi ruang tempat bapak atau ibu guru mengajar.

Hal  tersebut senada dengan Pak  Ponidi  kepala SMP Negeri 4 Pakem yang hampir setiap  kesempatan  menyampaikan tentang “ SMP 4 Pakem  adalah Sekolah Berkarakter Juara”. Ungkapan tersebut   merupakan branding sekolah yang bukan hanya sebatas serangkaian kata. “Sekolah berkarakter juara, ya sekolahnya berkarakter, ya seluruh komponen sekolahnya juara, demikian pula semua warganya memliki mental/karakter juara” ujar Ponidi dalam berbagai kesempatan menjelaskan tentang makna branding yang dimiliki sekolah ini.

Hal lain yang dilihat adalah adanya tempat penitipan HP untuk masing-masing siswa sesuai dengan kelas dan nomor presensinya. Pagi hari ketika akan masuk kelas HP dititipkan di ruang penyimpanan dan diambil sore hari ketika akan pulang sekolah. Dalam kunjungannya tersebut Pak Wijaya Kusumah sangat antusias terbukti hampir seluruh kelas beliau kunjungi. Di kelas seni tari melihat sepatu yang dikenakan oleh siswa dilepas dan menyaksikan bahwa semua sepatu siswa berwarna hitam polos. Di kelas bahasa Inggris beliau menyaksikan sebagian besar siswa aktif dan fokus dalam mengikuti proses pembelajaran.

Di akhir kunjungannya Pak Wijaya Kusuma ikut mendoakan supaya SMP Negeri 4 Pakem terus tumbuh dan berkembang menjadi sekolah terbaik di Indonesia. Beliau juga mengajak orang tua/wali yang menginginkan pendidikan terbaik supaya menjadikan SMP Negeri 4 Pakem sebagai salah satu referensi untuk sekolah tujuan.

 

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

JADWAL PELAJARAN 1-5 APRIL 2024

JADWAL PELAJARAN 25-28 MARET 2024

SOAL DAN KUNCI TES LITERASI

JADWAL PELAJARAN 18-22 MARET 2024

Pengumuman Kegiatan STS 2 Kelas VII, VIII dan PTS 2 Kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024

JADWAL KEGIATAN JUMAT, 15 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 4-8 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 26 FEBRUARI-1 MARET 2024

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 67656 3155738
Today 61 160
This Week 298 43224
This Month 2339 187517