SEKILAS INFO
13-04-2024
  • 2 minggu yang lalu / selamat menempuh osnk sma 26-27 maret, bagi siswa yang berpartisipasi. semoga sukses ya!
  • 2 minggu yang lalu / selamat menempuh ppad diy siswa kelas ix 25-27 Maret 2024. semoga sukses dan meraih hasil terbaik!
  • 3 minggu yang lalu / bahan belajar klik pengumuman dibawah : https://smpn4pakem.sch.id/pengumuman/soal-dan-kunci-tes-literasi/
28
Jan 2023
0
DINAS DIKPORA KABUPATEN MAGETAN STUDY INSPIRASI IKM DI SMP NEGERI 4 PAKEM

Foto : Rombongan MKKS SMP Negeri se-Kabupaten Magetan foto bersama di akhir sesi kunjungan study inspirasi

Terus dan terus SMP Negeri 4 Pakem menerima kunjungan dari sekolah maupun instansi lain. Kali ini Kamis 26 Januari 2023, SMP Negeri 4 Pakem menerima rombongan tamu dari Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Rombongan ini terdiri dari tim Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga bersama seluruh Kepala SMP Negeri. Rombongan melaksanakan  study inspirasi dan study tiru tentang Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMP Negeri 4 Pakem. Sebagaimana  diketahui SMP Negeri 4 Pakem mulai Tahun Pelajaran 2022/2023 mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan kategori Mandiri Berubah.

Foto : Para siswa ikut tampil menyambut tamu MKKS Magetan

Tamu diterima oleh warga SMP Negeri 4 Pakem yang terdiri dari perwakilan guru, perwakilan karyawan, dan perwakilan siswa. Seluruh warga sekolah sudah membiasakan diri dengan kedatangan tamu. Peserta didik dibekali dengan nilai-nilai karakter pada setiap proses kegiatan di sekolah baik itu kegiatan pembelajaran, intrakurikuler, maupun dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dengan mengenakan pakaian tradisional Gagrak Ngayogyakarta karena hari Kamis Pahing, perwakilan warga SMP Negeri 4 Pakem berdiri dan menyambut kedatangan tamu dengan gaya khas Jogja yang penuh Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun (5S) lengkap dengan kedua tangan yang merapat di depan dada disertai dengan posisi badan yang sedikit membungkuk sebagai tanda hormat terhadap tamu yang berada dihadapannya.

Acara kunjungan diawali dengan penampilan sejumlah siswa SMP Negeri 4 Pakem diantaranya adalah tim gladhi kawruh dan tim Ngudhar Tembang. Di sekolah ini setiap hari Kamis semua warga menggunakan bahasa jawa dan terus nguri nguri kabudayan jawa. Disambung dengan penampilan menyanyi tunggal oleh Queenscha Aya Fatma Azzura Ginting. Dalam setiap kesempatan sekolah selalu memberi ruang kepada peserta didiknya untuk menampilkan diri sesuai dengan bakat dan minatnya. Sejalan dengan bunyi salah satu Hasta Prasetya Pradnya Siwi  (8 janji pelajar SMP 4 Pakem) yaitu selalu siap melaksanakan tugas maka peserta didik yang dimintapun selalu siap tampil.

Foto : Sambutan dari Pejabat Dinas Pendidikan Sleman dan Magetan.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Bapak Darwijaka, S.E. M.M. dan Ibu Murwati Widiani, M.Hum. Paparan umum tentang visi, branding, misi dan alur kegiatan disampaikan Kepala SMP Negeri 4 Pakem Bapak Ponidi. Dalam penjelasannya misi SMP 4 Pakem ada 11. Dari 11 misi dijabarkan menjadi 11 inovasi  yang kesemuanya telah mendapat pengakuan Kementerian Dalam Negeri melalui Bupati Sleman dengan rincian 9 masuk inovasi daerah tahun 2021 dan 2 inovai pada pada tahun 2022. Dari 11 inovasi tersebut ada 1 inovasi yang mendapat pengharagaan kementerian PAN-RB melalui “inovasi Pelayanan Publik”. Paparan Implementasi Kurikulum Merdeka disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum Ibu Kristina Eniwati, M.Pd. Materi paparan terdiri dari Struktur Kurikulum IKM, penjadwalan, dan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajara Pancasila (P5).

Pada penjadwalan pelajaran, salah satu inovasi SMP Negeri 4 Pakem adalah Moving Class Tanpa Jam Kosong. Inovasi ini telah diakui pemerintah kabupaten Sleman dengan memperoleh penghargaan dalam kegiatan Indeks Inovasi Daerah 2021. Pada inovasi ini jadwal pelajaran disusun dan disesuaikan oleh bagian kurikulum dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia tiap pekannya. Jadi tidak mengherankan jika jadwal pelajaran dapat berganti setiap saat sesuai kondisi SDMnya. Menjadi peserta didik di SMP Negeri 4 Pakem harus selalu siap dengan perubahan yang bisa terjadi setiap saat. Siswa diharuskan mengakses website sekolah setiap pekan untuk melihat jadwal terbaru. Karakter disiplin dan selalu siap dengan perubahan berperan penting dalam layanan inovasi sekolah ini.

Foto : Bapak Ponidi foto bersama Kepala SMP N 1 Magetan Ibu Titik Sudarti

Masih tentang penjadwalan, SMP Negeri 4 Pakem menyusun jadwal pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tidak menggunakan sistem blok. Jadwal P5 disusun perminggu seperti halnya jadwal pelajaran yang lainnya. Di semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023, SMP Negeri 4 Pakem melaksanakan 2 (dua) tema P5 yaitu Suara Demokrasi dengan mengangkat topik Suara Pradnyasiwi dan Gaya Hidup Berkelanjutan (GHB) dengan mengangkat topik Pradnyasiwi Wash Up.  Teknik pelaksanaan kedua tema ini berjalan beriringan. Langkah yang ditempuh, siswa kelas VII dibagi menjadi 2 (dua) kelompok. Kelompok 1 (satu) melaksanakan P5 dengan tema suara Demokrasi, sedangkan kelompok yang lain melaksanakan P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Setelah berjalan setengah semester, kedua kelompok bergantian tema P5-nya. Selesainya satu tema di pertengahan semester diakhiri dengan pamer karya P5. Acara ini disaksikan oleh para orangtua peserta didik sembari mengambil nilai Sumatif Tengah Semester (STS). Sedangkan selesainya dua tema di akhir semester dirayakan dengan Festival. Acara ini lebih luas cakupannya dibanding pamer karya pada tengah semester. Dengan mengambil label Festival Empat Pakem (FEP) 2022, hasil karya P5 dalam satu semester di pamerkan bersama-sama dengan karya-karya yang lain yang bukan dari P5. Karya yang dimaksudkan adalah karya-karya dari pembelajaran intrakurikuler semua mata pelajaran dan semua karya ekstrakurikuler. Festival ini memamerkan karya-karya siswa dari kelas 7, 8, dan 9. Berdasarkan uraian tersebut, sangatlah cocok jika kegiatan ini diberi tajuk Festival Empat Pakem.

Tampak para tamu antusias memperhatikan paparan materi. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan dari para tamu di akhir paparan. Dengan tegas, lugas, nyata, dan akurat, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab dan dijelaskan oleh SMP Negeri 4 Pakem, yang dalam hal ini langsung dijawab oleh Bapak Ponidi.

Semoga para tamu dari Kabupaten Magetan benar-benar mendapatkan inspirasi dari SMP Negeri 4 Pakem tentang IKM, selanjutnya dapat meniru dan memodifikasi ilmu-ilmu yang telah diperoleh di sekolah masing-masing. SMP Negeri 4 Pakem sangat terbuka menerima tamu-tamu yang akan mencari inspirasi dalam segala hal yang berkaitan dengan pengembangan sekolah. Ayo, belajar bersama untuk kemajuan bersama di bidang  pendidikan. (KEW)

 

Link terkait :

https://www.kompasiana.com/sukadi41763/63d3e87904dff0771960a9d2/sekolah-berkarakter-juara

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

JADWAL PELAJARAN 1-5 APRIL 2024

JADWAL PELAJARAN 25-28 MARET 2024

SOAL DAN KUNCI TES LITERASI

JADWAL PELAJARAN 18-22 MARET 2024

Pengumuman Kegiatan STS 2 Kelas VII, VIII dan PTS 2 Kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024

JADWAL KEGIATAN JUMAT, 15 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 4-8 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 26 FEBRUARI-1 MARET 2024

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 67655 3155736
Today 60 158
This Week 297 43222
This Month 2338 187515