SEKILAS INFO
14-04-2024
  • 2 minggu yang lalu / selamat menempuh osnk sma 26-27 maret, bagi siswa yang berpartisipasi. semoga sukses ya!
  • 2 minggu yang lalu / selamat menempuh ppad diy siswa kelas ix 25-27 Maret 2024. semoga sukses dan meraih hasil terbaik!
  • 3 minggu yang lalu / bahan belajar klik pengumuman dibawah : https://smpn4pakem.sch.id/pengumuman/soal-dan-kunci-tes-literasi/
18
Des 2023
0
BOLA BASKET PERMAINANKU, SEKOLAH TETAP NOMOR SATU

Foto : Sang Legenda Basket Sambangi Basket SMP Negeri 4 Pakem

Jumat, 15 Desember 2023 SMP Negeri 4 Pakem kedatangan legenda bola basket Indonesia yaitu bung Ary Sudarsono. Beliau datang Bersama dengan rombongan terdiri  dari klub basket profesional Bima Perkasa Jogja (klub kebanggaan masyarakat Jogja), dengan menghadirkan Vice Presiden BPJ Mikhael Radithe Badra Kumala dan kapten tim BPJ Ali Mustofa.

Tujuan diadakannya roadshow ini untuk mendukung perkembangan bola basket di Kota Pelajar tersebut, sekaligus mempunyai misi sosial yakni ingin mengedukasi para pebasket pelajar mulai dari SD, SMP, SMA, Universitas, klub komunitas basket dan tidak lupa melibatkan para orangtua untuk mengkampanyekan pentingnya pendidikan dan juga membentuk karakter manusia Indonesia yang baik salah satunya lewat permainan cabang olahraga bola basket.

“Komitmen PEAK terhadap perkembangan olahraga basket baik di dunia maupun di Indonesia secara konsisten akan terus kami giatkan. Apalagi imbas dari kesuksesan FIBA World Cup kemarin dimana negara yang PEAK sponsori seperti Jerman, Latvia, Iran dan lainnya juga meraih kesuksesan. PEAK Sport Region Indonesia pada kesempatan kali ini menggandeng tokoh basket Indonesia Ary Sudarsono dan juga Rachmad Kasim Martadji,” ujar Hendarto Tjai, CEO PEAK Sport Region Indonesia.

Rachmad Kasim Martadji menyambut baik dengan kehadiran PEAK yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya dengan adanya rangkaian sharing basket ke sekolah-sekolah dan komunitas ini tujuannya juga akan menjadi cikal bakal terselenggaranya liga pelajar di Kota Jogja.

Dalam acara bertajuk Student Athlete dengan tema Bola Basket Permainanku, Sekolah tetap Nomor Satu! Ary Sudarsono memberikan materi tidak hanya kepada peserta didik SMP Negeri 4 Pakem yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler bola basket tetapi juga kepada orang tua atau wali. Kepada peserta yang hadir Bung Ary Sudarsono memberikan motivasi bagaimana menumbuhkan karakter positif yang perlu dibangun sebagai pelajar yang harus memberikan prioritas terhadap studinya  dan bola basket sebagai olah raga kegemaran tetap bisa berlanjut. Dalam permainan bola basket terdapat filosofi tentang kedisiplinan, kerja sama hingga respek terhadap orang lain baik kawan maupun lawan. Didampingi penggiat bola basket di Kota Jogja Rachmad Kasim Martadji mantan wasit Nasional dan pengawas pertandingan (FIBA Commisioner) yang sering bertugas di Liga Basket Indonesia dan berbagai kompetisi tingkat Nasional Ary Sudarsono memberikan kiat untuk membangun mimpi menjadi pelajar yang berkarakter sekaligus altit yang berprestasi sekaligus keuntungan dari kedua hal tersebut.

Kegiatan tersebut sejalan dengan program pembinaan bola basket di SMP Negeri 4 Pakem. Kegiatan bola basket di SMP Negeri 4 Pakem terus menjadi perhatian sekolah dan terus menghasilkan prestasi yang membanggakan. Sederet prestasi berhasil ditorehkan oleh The North Knight demikian julukan tim basket SMP Negeri 4 Pakem. Prestasi mulai dari Tingkat kabupaten dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional maupun Kompetisi Olahraga Siswa Nasional hingga tingkat DIY maupun tingkat regional DIY-Jateng pernah diraih. Ke depan SMP Negeri 4 Pakem akan terus menggiatkan pembinaan bola basket sebagai salah satu kegiatan prioritas untuk kegiatan non akademik selama dukungan dari berbagai pihak tetap berjalan dengan baik khususnya dukungan orang tua. Dukungan orang tua baik moril maupun finansiil mutlak diperlukan dalam hal ini.  Tentu komitmen dari peserta kegiatan bola basket paling utama yaitu peserta didik yang sportif dengan disiplin waktu kapan harus berada di ruang akademik dan kapan untuk berlatih. Semangat berkorban terutama waktu libur hari dan hari minggu untuk terus berlatih, sedangkan hari efektif sekolah pagi sampai malam tetap fokus sesuai program sekolah. Peserta kegiatan bola basket di SMP Negeri 4 Pakem harus tumbuh berkembang mulai dari karakter maupun akademiknya juga menjadi yang terbaik.  Tidak ada alasan karena basket, lantas meninggalkan pelajaran dan ujungnya menjadi tertinggal dalam hal akademik. (baca keutamaan akademik pada berita lain pada web sekolah)

Bagi orang tua dan  calon peserta didik yang masih menduduki bangku SD yang tertarik untuk menjadi pelajar berprestasi dan menjadikan bola basket sebagai salah satu olah raga unggulan maka SMP Negeri 4 Pakem adalah tempat yang cocok untuk menggembleng kemampuan sebagai calon atlet sekaligus pelajar berprestasi (pelajar dengan prestasi olahraga tinggi, tetapi  akademik tetap tinggi). Telah banyak yang dulunya pemain andalan tim bola basket di SMP Negeri 4 Pakem melanjutkan di SMA  terbaik di negeri ini seperti SMA Taruna Nusantara, SMA Pradita Dirgantara, SMA Krida Nusantara bahkan selanjutnya masuk ke Akademi Militer, Akademi Angkatan Udata maupun Akademi Kepolisian.serta Perguruan Tinggi Negeri. Ternyata mereka masih melanjutkan hobi basketnya itu hingga ke SMA bahkan perguruan tinggi dan membanggakan SMA serta perguruan tingginya masing masing..

#Ingat prinsip Bola Basket Permainanku, Sekolah tetap Nomor Satu !#

Pradnya Siwi Jaya!!!

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

JADWAL PELAJARAN 1-5 APRIL 2024

JADWAL PELAJARAN 25-28 MARET 2024

SOAL DAN KUNCI TES LITERASI

JADWAL PELAJARAN 18-22 MARET 2024

Pengumuman Kegiatan STS 2 Kelas VII, VIII dan PTS 2 Kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024

JADWAL KEGIATAN JUMAT, 15 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 4-8 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 26 FEBRUARI-1 MARET 2024

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 67274 3155809
Today 25 69
This Week 324 43295
This Month 2365 187588