SEKILAS INFO
18-04-2024
  • 3 minggu yang lalu / selamat menempuh osnk sma 26-27 maret, bagi siswa yang berpartisipasi. semoga sukses ya!
  • 3 minggu yang lalu / selamat menempuh ppad diy siswa kelas ix 25-27 Maret 2024. semoga sukses dan meraih hasil terbaik!
  • 3 minggu yang lalu / bahan belajar klik pengumuman dibawah : https://smpn4pakem.sch.id/pengumuman/soal-dan-kunci-tes-literasi/
5
Jan 2023
0
Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat Studi Strategi Pembelajaran STEM  di SMP Negeri 4 Pakem

Foto :  Enam delegasi BBGP Jawa Barat studi strategi pembelajaran STEM

Kamis, 29 Desember 2022, SMP Negeri 4 Pakem menerima kunjungan sebanyak 6 orang dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawainya terkait strategi pembelajaran STEM. SMP Negeri 4 Pakem sebagai salah satu sekolah mitra SEAMEO Qitep in Mathematics (SEAQIM), memang telah lama mengembangkan pembelajaran STEM. Selain mengedepankan pembelajaran berbasis ICT, SMP Negeri 4 Pakem juga memproyeksikan kebutuhan peserta didik pada abad ke-21, yaitu kemampuan untuk menerapkan disiplin berbagai ilmu seperti Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat siap untuk bekerja sesuai bidang yang ditekuninya serta meningkatkan daya saing global dalam ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi.

 Kegiatan dibuka oleh kepala sekolah Bapak Ponidi   dengan didampingi oleh tim kurikulum, kesiswaan, guru Matematika dan guru IPA. Diawali dengan cerita awal mula kerja sama antara SMP Negeri 4 Pakem dengan SEAMEO Qitep in Mathematics (SEAQIM). Implementasi pembelajaran STEM bukan barang baru bagi SMP Negeri 4 Pakem. Jauh hari sebelumnya siswa-siswi diarahkan pada pembelajaran yang berorientasi pada kolaborasi antara  Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika. Selanjutnya diskusi antara sekolah dengan tim dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat terkait dengan pelaksaanaan pendekatan STEM di sekolah dan pengalaman dari BBGP di dalam membina sekolah di daerah binaannya.

Penerapan STEM di SMP Negeri 4 Pakem tidak terbatas hanya di pembelajaran intrakurikuler, namun juga terintegrasi di dalam berbagai kegiatan. Bahkan pendekatan STEM tercermin dalam ekstrakurikuler dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pradnyasiwi sudah dibiasakan untuk melakukan kegiatan ilmiah seperti penelitian. Hal ini dibuktikan pada salah satu layanan inovasi sekolah berlabel “Sekolah Riset”. Dalam layanan ini  peserta didik diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Peserta didik difasilitasi dengan baik, dibimbing mulai dari mengidentifikasi masalah, menyusun proposal ilmiah, sampai akhirnya menghasilkan suatu produk. Semua kegiatan terdokumentasi dengan baik hingga berbentuk laporan penelitian.

Berkolaborasi dengan layanan inovasi lain yaitu “One Student One Performance/Product” atau biasa disebut OSOP telah banyak prestasi yang sudah ditorehkan oleh tim KIR SMP Negeri 4 Pakem baik di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Di tingkat internasional, Tim KIR siswa SMPN 4 Pakem berhasil mendapatkan 5 medali perak di Bangkok International Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition (IPITEX) 2020. Bahkan ada salah satu tim yang mendapatkan perhatian khusus sehingga mendapatkan Special Award dari Peneliti Arab Saudi.

Selain KIR, SMP Negeri 4 Pakem juga menyediakan ekstrakurikuler pilihan yaitu robotik yang berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics). Seperti yang sudah diketahui bahwa SMP Negeri 4 Pakem menggunakan iPad di dalam pembelajarannya. Dalam ekstrakurikuler ini, memaksimalkan penggunaan gadget karena aplikasi untuk belajar coding dapat diakses melalui iPad peserta didik. Tak diragukan lagi, bahwa SMP Negeri 4 Pakem selalu mengupayakan pembekalan yang terbaik bagi peserta didiknya. Dalam P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan, peserta didik juga dikenalkan bagaimana membuat pupuk organik dari sampah yang ada di sekolah. Pada kegiatan tersebut, terdapat aspek-aspek STEM pada proses pembuatannya. Berbagai prestasi pun telah diraih oleh SMP Negeri 4 Pakem di bidang STEM, yakni eksis dalam kompetisi KIHAJAR STEM. Dari tahun ke tahun, SMP Negeri 4 Pakem rutin mengikuti dan sering menyabet juara dan masuk ke tahap nasional sejak tahun 2009 hingga sekarang.

Kepala SMP Negeri 4 Pakem Ponidi,  menyampaikan bahwa seluruh kegiatan di sekolah berorientasi kepada pemberian layanan yang terbaik bagi siswa-siswi. Ponidi meyakini bahwa seluruh siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem merupakan Pradnya Siwi yaitu siswa-siswi yang cerdas. Namun demikian tanpa layanan terbaik kecerdasan yang dimiliki tidak akan maksimal. Oleh karena itu sejalan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka maka SMP Negeri 4 Pakem bertekad untuk terus memaksimalkan segala potensi yang dimiliki oleh peserta didik dalam rangka penguatan di berbagai bidang khususnya karakter. Diharapkan peserta didik SMP Negeri 4 Pakem menjadi peserta didik yang berkarakter, peserta didik yang juara dan menjadi peserta didik yang berkarakter juara.

***(Serli)

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

GALERI LAKSITA

HASIL KARYA LAKSITA

WOTW_OSIS

  • Panduan layanan melon, klik disini

Pengumuman Terbaru

JADWAL PELAJARAN 1-5 APRIL 2024

JADWAL PELAJARAN 25-28 MARET 2024

SOAL DAN KUNCI TES LITERASI

JADWAL PELAJARAN 18-22 MARET 2024

Pengumuman Kegiatan STS 2 Kelas VII, VIII dan PTS 2 Kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024

JADWAL KEGIATAN JUMAT, 15 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 4-8 MARET 2024

JADWAL PELAJARAN 26 FEBRUARI-1 MARET 2024

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 66242 3159540
Today 159 404
This Week 780 41704
This Month 3187 191319