SEKILAS INFO
02-12-2021
  • 1 bulan yang lalu / Jadwal terbaru silakan lihat dibagian pengumuman!
  • 1 bulan yang lalu / BACA : PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (MASA TRANSISI)
  • 4 bulan yang lalu / Jadwal 12-17 Juli 2021 lihat pengumuman terbaru
20
Nov 2021
0
SMPN 4 Pakem, Terus Berprestasi Tanpa Henti

Foto : Janu Lanang Putrantoro juara nasional KSN Matematika

SMPN 4 Pakem – Branding “Sekolah Berkarakter Juara” bukan sekedar isapan jempol semata. Bukti shahih terbaru hadir di penghujung tahun 2021. Untuk kesekian kalinya SMPN 4 Pakem kembali mengharumkan nama Daerah Istimewa Yogyakarta di kancah nasional. Salah satu siswa terbaik SMP Negeri 4 Pakem yaitu Janu Lanang Putrantoro atau akrab disapa Janu kembali menyabet penghargaan. Penghargaan kali ini ialah medali perak bidang matematika pada ajang Kompetisi Sains Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kompetisi ini secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya bagi siswa SD, SMP, dan SMA. Perhelatan akbar Kompetisi Sains Nasional dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Dilansir dari situs Kemdikbud.go.id bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik di bidang sains. Kompetisi Sains Nasional 2021 mengusung tema “Sains pulihkan negeri”, dengan mencakup bidang matematika, fisika, kimia, informatika/computer, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi.

Jalan yang dilalui Janu tidaklah mudah, pada tahap awal mengikuti serangkaian seleksi tingkat sekolah. Proses seleksi meliputi penelusuran minat dan bakat di bidang kompetisi yang dilombakan. Seluruh peserta didik yang berminat diperbolehkan mendaftar seleksi, sedangkan jalur bakat dilihat dari pengamatan guru pada proses pembelajaran di kelas. Peserta didik yang terjaring pada proses penelusuran bakat dan minat di bidang KSN kemudian mengikuti pembinaan tahap awal oleh sekolah. Setelah melalui beberapa tahap pembinaan, pelatihan, dan serangkaian uji coba secara konsisten baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah pada akhirnya didapat siswa yang diajukan pada ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2021.

“Pembekalan kita laksanakan tidak hanya di sekolah, namun kita fasilitasi dengan mengikutsertakan tim KSN SMP Negeri 4 Pakem pada pembimbingan yang dilakukan oleh lembaga pelatihan yang kompeten di bidang lomba KSN. Selain itu siswa juga didorong untuk selalu mengikuti kompetisi selain KSN agar menambah pengalaman dan pendalaman materi,” jelas Ibu Serli Evidiasari, S.Pd., selaku salah satu pembimbing Janu.

“Saya lihat Janu adalah siswa yang potensial untuk terus berprestasi, semoga tidak berhenti mengembangkan potensi istimewanya. Untuk siswa SMPN 4 Pakem, semoga jejak Janu bisa menjadi pemacu semangat mengenali dan menggali potensi diri dalam bidang akademik dan non akademik,” sambung Ibu Serli.  

“Saya merasa senang bisa berprestasi di kala pandemi dan saya harap bisa berprestasi lagi di bidang matematika,” pungkas Janu Lanang Putrantoro.

Kepala SMP Negeri 4 Pakem, Ponidi, S.Pd. menyatakan bahwa keberhasilan Janu Lanang Putrantoro meraih medali perak dalam Kompetisi Sains Nasional tahun 2021 bidang Matematika bukanlah akhir dari segalanya, pada kompetisi serupa tahun-tahun sebelumnya juga sudah diperoleh penghargaan sejenis. Prestasi yang sudah diraih oleh peserta didik merupakan buah dari pembiasaan pendidikan karakter yang ditanamkan sekolah dengan tentunya kolaborasi yang baik dengan pihak orang tua. Selamat buat ananda Janu Lanang Putrantoro dan seluruh civitas akademika SMP Negeri 4 Pakem. Pradnya Siwi … jaya !!!

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

Jadwal PTM 29 November – 4 Desember 2021

Jadwal PTM-ALN 22-27 November 2021

Jadwal PTM – ALN 15 -20 November 2021

Jadwal PTM 8 -11 November 2021

Jadwal PTM 1-6 November 2021

Jadwal PTM 25-30 Oktober 2021

Jadwal PTM 18-23 Oktober 2021

Jadwal PTM 11-16 Oktober 2021

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 98860 1802272
Today 1 1
This Week 1819 28011
This Month 828 85313