SEKILAS INFO
24-01-2021
  • 2 minggu yang lalu / Cara aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id, kunjungi web : https://belajar.id/
  • 2 minggu yang lalu / Jika kesulitan aktivasi akun belajar.id, agar segera langsung kontak kepada bapak sugiato atau kepada ibu kurnia astiani.
  • 2 minggu yang lalu / Semua siswa kelas 9 wajib mengaktifkan akun pembelajaran dari kemendikbud yg beberapa waktu lalu dibagikan melalui orang tua. Hal tersebut untuk memudahkan bagi semua siswa untuk akses pembelajaran termasuk akan digunakan interaktif dengan bapak ibu guru.
14
Nov 2020
0
PASCA PJJ,  SMP 4 PAKEM MELAKSANAKAN TATAP MUKA DARING BERBASIS IPAD

Foto :  Para siswa belajar daring dengan iPad (Foto diambil sebelum pandemi covid-19)

SMP Negeri 4 Pakem- Berawal dari kondisi darurat COVID-19, setiap sekolah untuk tahun pelajaran 2020/2021 sudah hampir 1 semester melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Kegiatan pembelajaran selama masa Darurat Bencana Covid 19 di SMP 4 Pakem dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring. Pada PJJ daring ini, siswa belajar dari rumah masing –masing  (Belajar Dari Rumah). Pembelajaran dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sekolah yang selalu diinformasikan kepada orang tua dan siswa secara daring melalui web sekolah.

Selayang pandang pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 4 Pakem selama COVID adalah guru selalu menyampaikan skenario pembelajaran sebelum kelas dimulai, guru memberikan lembar kerja dalam LMS (Learning Management System), guru dan siswa secara aktif melakukan diskusi virtual dua arah dengan ipad, dan diakhiri dengan refleksi dan evaluasi pembelajaran. Meskipun tidak seperti tatap muka secara langsung, PJJ di SMP Negeri 4 Pakem dapat dibilang tidak berbeda jauh dari segi kualitas ataupun output pembelajaran jika dibandingkan dengan tatap muka langsung. Ini karena meskipun PJJ, guru dan siswa aktif berdiskusi baik dengan Zoom, Google Meet, FCC, maupun Webex. Dalam diskusi virtual ini sudah semua guru di SMP Negeri 4 Pakem menggunakan laptop/ipad/perangkat lainnya  karena memang mempermudah diskusi virtual yang mengakomodir keaktifan siswa. Penggunaan iPad dalam diskusi virtual ini memungkinkan siswa untuk aktif menjawab, menulis, dan memberikan tanggapan secara langsung dan terlihat langsung di papan tulis/layar. Jadi diskusi virtual di SMP Negeri 4 Pakem bukan hanya semacam siaran radio, guru bercerita dan siswa mendengarkan. Tidak seperti itu. Kelas menjadi hidup dan aktif dalam diskusi pembelajaran daring berbasis iPad ini.

Hal lain yang juga menarik pada PJJ daring  SMP 4 Pakem yaitu setiap guru diwajibkan  menggunggah rekaman/video pembelajaran yg baru saja dilaksanakan  hal ini untuk membantu para siswa yang lupa saat belajar kembali terkait kompetensi yang sudah dipelajari ataupun membantu siswa yang karena sesuatu hal koneksi terkendala. Walupun para siswa tidak boleh beralasan alat rusak/koneksi terputus sehingga tidak mengikuti vicon, namun kenyataannya selalu ada walaupun 1 orang yang mengalami kendala di tengah jalan. Perlu diketahui bagi siswa yang mengalami kendala koneksi terkait kehabisan pulsa atau tempat tinggal kesulitan koneksi dipersilakan datang ke sekolah menggunakan wifi sekolah. Demikian pula siswa yang mengalami kendala peralatan karena kerusakan atau hal lain dipersilakan datang ke sekolah untuk menggunakan peralatan sekolah.

Setelah hampir 1 semester di tahun 2020/2021 ini pembelajaran dengan PJJ, SMP Negeri 4 Pakem sudah menyiapkan diri untuk melaksanakan tatap muka daring berbasis iPad. Tatap muka daring di sini kegiatan pembelajaran sama seperti sebelum COVID mewabah, yaitu baik guru maupun siswa menggunakan iPad dalam pembelajaran. Semua perangkat terhubung dengan jaringan. Semua siswa SMP Negeri 4 Pakem sudah menyiapkan diri untuk melaksanakan tatap muka daring berbasis iPad.

Pembelajaran tatap muka daring ini sangat mudah, tidak membenani kuota siswa.  Semua koneksi dengan wifi sekolah baik untuk intranet maupun internet.  Dengan iPad pembelajaran lebih interaktif, siswa dapat melakukan berbagai percobaan manipulatif untuk membangun konsep siswa, sehingga lembar kerja yang dikerjakan semakin bermakna bagi siswa. SMP Negeri 4 Pakem yang terdepan dalam pemanfaatan IT untuk pembelajaran selalu berorientasi pada kemampuan pengembangan IT dan 4C (Critical Thinking, Creatif, Communicative and Collaboration) yang menjadi orientasi pendidikan saat ini. Demikian pula dengan perangkat yang dimiliki,  pembelajaran akan lebih mudah secara teknis, lebih mudah dipahami, dan lebih menarik.

Sukses selalu SMP 4 Pakem Sekolah yang menyiapkan siswa-siwinya untuk masa depan, bukan masa kini, apalagi masa lalu. (*Nidya)

 

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL 25 – 30 JANUARI 2021

JADWAL 18 – 23 JANUARI 2021

JADWAL 11 – 16 JANUARI 2021

JADWAL 4 – 9 JANUARI 2021

PENGUMUMAN

KARYA-KARYA TERBAIK SPIRITUAL PROJECT (JUMAT, 11 DESEMBER 2020)

PENGUMUMAN LIBUR PILKADA

PENGUMUMAN

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 79072 1250214
Today 27 41
This Week 27 17151
This Month 17796 102933