SEKILAS INFO
19-01-2020
  • 6 bulan yang lalu / ISI DATA DIRI SISWA BARU LIHAT BAGIAN PENGUMUMAN
  • 6 bulan yang lalu / jadwal placement test lihat bagian pengumuman dibawah
  • 6 bulan yang lalu / Informasi daftar ulang PPDB online th. 2019 silakan lihat dibagian pengumuman
13
Des 2019
2
HAFALAN AL QURAN SISWA SISWI   PROGRAM SPESIAL NAN UNGGULAN DENGAN METODE MULTI SENSORI

SMP Negeri 4 Pakem – Kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal (PAS) 2019/2020 telah berakhir. Terdapat jeda waktu lebih dari 2 minggu sebelum saatnya para siswa mendapatkan laporan hasil belajar mereka selama satu semester. Salah satu kegiatan yang dicanangkan sekolah khususnya bagi siswa boarding adalah program spesial hafalan Al Quran. Siswa-siswi boarding memiliki berbagai tambahan lain jika dibandingkan dengan kelas reguler. Selain penguatan IT, robot, dan juga pengenalan koding, siswa siswi boarding mengikuti kegiatan hafalan Al Quran. Kegiatan ini  berlangsung selama 2 minggu mulai dari hari Senin sampai Jumat seusai sholat Ashar berjamaah dari pukul 15.30 sampai pukul 17.00 di masjid Miftahul Jannah SMP N 4 Pakem. (Kegiatan hafalan untuk hari-hari efektif sebelum PAS hanya setelah magrib sampai menjelang isya).

Program hafalan Al Quran ini tidak hanya mengerjar kuantitas banyaknya hafalan, akan tetapi yang jauh lebih penting dari itu semua agar para siswa semakin mencintai Al Quran dan senang serta tertarik untuk menghafal AL Quran.

Dalam program special dan unggulan hafalan Al Quran ini, selain guru guru di sekolah, juga melibatkan tenaga outsourcing dari berbagai latar belakang antara lain mahasiswa UII, UIN. Metode yang digunakan dalam hafalan ini adalah metode multi sensori. Apa itu metode multi sensori? metode menghafal Al Quran, para siswa harus mengulang-ulang bacaan yang dihafalnya. Oleh karena untuk memperoleh tingkatan hafalan yang baik dan tidak cukup dengan menghafal sekali saja, karena sebagian besar penghafal mengalami kesulitan setelah menghafal kemudian  lupa. Namun, yang menjadi permasalahan adalah lama-kelamaan siswa akan cenderung bosan dan jenuh jika hanya mengulang-ulang bacaan saja. Oleh karena itu, metode yang diterapkan untuk program hafalan Al Quran kali ini dengan metode multi sensori.

Metode multi sensori ini dalam mengulang-ulang bacaan melibatkan dan menggunakan kombinasi berbagai indra atau sensor yaitu visual, auditori, dan kinestetik atau indra pendengaran, penglihatan, dan peraba/sentuhan. Dengan metode multi sensori yang menyenangkan, siswa menjadi antusias dalam menghafal dan tidak bosan untuk mengulang-ulang bacaan. Kelebihan lain metode ini adalah tidak harus siswa lancar dan mahir dalam membaca Al Quran untuk menghafalkan Al Quran, karena siswa bisa menyimak dan mendengarkan bacaan dari kakak-kakak pengajar.

Pertama, kakak-kakak pengajar memberi contoh bacaan dengan membaca ayat Al Quran yang akan dihafal dengan suara keras sehingga ayat-ayat tersebut akan tercetak dalam memori para siswa. Namun terkadang para siswa masih belum hafal jika hanya diberi satu atau dua kali contoh. Selanjutnya, kedua, kakak-kakak pengajar mengulang-ulang bacaan sambil menepuk-nepukkan tangan ke lantai, ke bahu samping kanan kirinya, sambil tepuk tangan, ataupun dengan berbagai gerakan lainnya dan ditirukan oleh para siswa dengan suara lantang. Metode ini tidak membuat siswa bosan dalam mengulang-ulang bacaan karena sembari melakukan gerakan-gerakan sederhana yang menyenangkan. Setelah diulang-ulang, para siswa kemudian mendapat giliran untuk muraja’ah dengan mengucapkannya dengan lantang. Seperti kata ahli, bahwa ketika kita menghafal sesuatu dan ingin mengingatnya kembali, maka hendaknya yang akan kita hafal kita baca secara lantang.

Lantas bagaimana jika ada siswa yang memiliki kemampuan lebih cepat dalam menghafal disbanding siswa lain? Metode ini sangat leluasa. Para siswa dikelompokkan dalam kelompok kecil agar lebih efektif berdasarkan kemampuannya dalam menghafal sehingga siswa yang cepat hafal tidak merasa bosan karena diulang-ulang. Setiap kelompok kecil dipandu oleh satu kakak pengajar. Terlihat para siswa sangat antusias dalam menghafal Al Quran. Guru yang ikut mendampingi pun juga antusias ikut dalam menghafal Al Quran. Namun, tujuan akhir dari program ini tidak semata-mata para siswa hanya mampu menghafal banyak ayat ataupun juz, akan tetapi para siswa semakin mencintai Al Quran. Seperti kata pepatah, cintailah Al Quran, niscaya Allah akan mencintaimu. Pradnya Siwi Jaya.

Asep Suryana, Jumat, 13 Des 2019

Alhamdulillah. Sangat menarik dan membanggakan.

Balas

Bambang Herry Purwanto, Jumat, 13 Des 2019

Selamat buat kelg besar SMPN 4 Pakem yg dibawah kepemimpinan bapak Ponidi prestasinya baik akademik maupun non akademik terus meningkat. Berbagai kegiatan ekskulpun terus berkembang, untuk menghafal Al- Qur’an perlu terus ditingkatkan, karena keg tsb sangat bagus dan bermanfaat dunia akkerat. Bravo SMPN 4 Pakem…!!!👍👍👍

Balas

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL BERLAKU 20 JANUARI 2020

JADWAL BERLAKU 13 JANUARI 2020

JADWAL BERLAKU 6 JANUARI 2020

LEMBAR KONTROL KEGIATAN SISWA

PENILAIAN LINGKUNGAN DESEMBER 2019

AGENDA KEGIATAN PASCA PAS DAN TKM SEM GANJIL 2019/2020

JADWAL BERLAKU 9 DESEMBER 2019

JADWAL DAN PEMBAGIAN RUANG PAS TAHUN 2019 / 2020

Ikuti Kami di Facebook

Rincian Pengunjung

Total 34543 729763
Today 539 1720
This Week 2452 15060
This Month 5027 51988