SEKILAS INFO
26-09-2022
  • 3 bulan yang lalu / selamat menempuh PAT 8-13 Juni 2022, semoga suskes dan hasil memuaskan. pradnyasiwi jaya!
  • 4 bulan yang lalu / Ketentuan PPDB SMP Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat diunduh pada tautan berikut : https://s.id/ppdb-smpsleman22
  • 4 bulan yang lalu / Selamat menempuh TKM 27-31 Mei 2022 bagi siswa kelas 7, semoga sukses dan hasil maksimal. pradnya siswi jaya!
11
Agu 2022
0
SMP 4 PAKEM SEBAGAI SEKOLAH PENGGERAK

Foto : Kepala SMP 4 Pakem Ponidi  berfoto bersama Wakil bupati, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bappeda sesaat setelah penerimaan 9 inovasi daerah. 9 Inovasi SMP 4 Pakem mendapat penghargaan pada tahun 2021

Prestasi membanggakan diraih oleh SMP 4 Pakem kembali. melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal PAUD dan DIKMEN Nomor 7883/C/HK.03.01/2022 tentang Penetapan Kepala Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak, Ponidi Kepala SMP 4 Pakem ditetapkan sebagai Kepala Sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan katalis visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya profil Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program ini dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Sekolah Penggerak. Untuk SMP 4 Pakem yang saat ini sudah beberapa langkah lebih maju tentu diharapkan menjadi jauh ke depan, dan dapat turut menggerakkan sekolah sekolah lain. Tentu tidak kaget/tidak mengherankan jika SMP 4 Pakem terpilih sebagai sekolah penggerak. Mengapa? Semua hal program sekolah penggerak pada dasarnya sudah dilakukan oleh SMP 4 Pakem. Semua komponen SMP 4 Pakem dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan orang tua sudah terus bergerak dan terus berinovasi.

Semua kepala sekolah baik negeri maupun swasta di Kabupaten Sleman mengikuti proses seleksi. Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mendorong dan sekaligus memfasilitasi segala yang diperlukan agar  semua kepala sekolah mengikuti proses seleksi. Tentu, bagi kepala sekolah yang masa purna (pensiun) sudah kurang dari tiga tahun tidak bisa mengikuti.  Untuk sosialisasi proses seleksi dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan coaching clinic dilakukan oleh LPMP DIY. Sema kepala sekolah harus melalui dua tahap seleksi. Seleksi tahap satu, yaitu: pendaftaran, pengisian biodata (CV), pengisian esai, unggah dokumen. Kepala Sekolah yang dinyatakan lolos di tahap satu berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya. Seleksi tahap dua berupa simulasi mengajar, presentasi dan wawancara mendalam.

Ada sepuluh kriteria seleksi yang harus dipenuhi kepala sekolah sehingga sekolahnya ditetapkan sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak. Kesepuluh kriteria tersebut yaitu memiliki tujuan/visi/misi, mampu mengambil keputusan strategis, mampu memimpin perubahan, memiliki kemampuan melaksanakan pelatihan dan pembimbingan, mampu membangun hubungan kerjasama, memiliki orientasi belajar, memiliki daya juang/resiliensi, memiliki kematangan beretika, mampu memimpin implementasi, dan mampu mendorong inovasi. Dengan pengalaman yang dimiliki, baik ketika menjadi motor perubahan saat menjadi ketua berbagai program di sekolah ini maupun saat menjadi Kepala Sekolah, Kepala SMP 4 Pakem mampu melewati sepuluh kriteria tersebut. Bahkan Ponidi Kepala SMP 4 Pakem mendapat penilaian terbaik dari tim Kemdikbud.

Tentunya,  bagi sekolah akan banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP). Manfaat  PSP berdasar informasi dari Kemdikbud yaitu: meningkatkan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu tiga tahun ajaran, percepatan digitalisasi sekolah, percepatan pencapaian profil Pelajar Pancasila, meningkatnya kompetensi kepala sekolah dan guru, kesempatan untuk menjadi katalis perubahan bagi sekolah lain, mendapatkan pendampingan intensif untuk transformasi sekolah, dan memperoleh berbagai supporting untuk implementasi  pembelajaran dengan paradigma baru.

Kepala SMP 4 Pakem, Ponidi menyampaikan rasa syukur atas lolosnya  sekolah ini sebagai calon Pelaksana PSP. ”Sekolah ini sudah bergerak, bergerak lebih cepat dari sekolah pada umumnya. Kami bersyukur karena bisa lolos. Ini berarti gerakan dan inovasi kami diakui. Semoga perhatian dan pengakuan pemerintah ini bisa memberikan suntikan semangat, sehingga sekolah kami bisa  terus  bergerak makin cepat,” kata Ponidi. Dengan lolosnya SMP Negeri 4 Pakem sebagai calon Pelaksana PSP berarti ada pengakuan dari pemerintah terhadap apa yang selama ini sudah dilakukan oleh seluruh warga sekolah, demikian Ponidi menguatkan lagi.

Menurut Ponidi, sekolah yang dipimpinnya tersebut telah mengalami kemajuan baik prasarana, sarana,  lingkungan baik fisik maupun sosial, dan prestasi baik akademik maupun non akademik. Pada bidang akademik capaian UN terbaik nasional dalam beberapa tahun terakhir sebelum UN dihapus. Setelah dihapuskannya UN semangat seluruh warga SMP Negeri 4 Pakem untuk terus bergerak dan menjadi yang terdepan dan terbaik tidak lantas surut tetapi justru semakin meningkat. Peningkatan ini terbukti dengan diadakannya Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD)  selama dua tahun berturut turut SMP 4 Pakem tetap membuktikan diri sebagai yang terbaik mengungguli sekolah lain se DIY dalam capaian nilai ASPD. Meski menjadi yang terbaik dalam capaian ASPD, prestasi yang lain juga tidak terabaikan.  Kejuaraan kejuaraan akademik seperti OSN maupun KIR terus menerus mendapat kejuaraan baik nasional maupun internasional. Tak kalah prestasi-prestasi dalam bidang seni dan keolahragaan yang diselenggarakan oleh kementrian yaitu kejuaraan  FLSN dan OOSN terus mengalir. Branding “Sekolah Berkarakter Juara” terus menjadi penyemangat bagi setiap warga untuk selalu berkarakter, selalu juara, dan memiliki mental/karakter juara.

Terkini dua peserta didik SMP Negeri 4 Pakem berhasil lolos dalam perhelatan akbar Olimpiade Sains Nasional tahun 2022 di tingkat nasional. Pada akhirnya salah satu dari mereka mampu menyumbangkan medali bagi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di lain bidang dalam cabang olah raga bola basket kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini tim basket berhasil menjadi juara ke-3 kompetisi bola basket se Daerah Istimewa Yogyakarta. Belum lagi pencapaian-pencapaian lain oleh peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan  yang terus dicapai sekolah ini.

Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta, yang juga lama menjadi Dirjen Dikdasmen, Prof. Suyanto, Ph.D., dalam berbagai kesempatan menyatakan bahwa pendidik dan anak Indonesia harus memiliki budaya growth mindset untuk dapat maju dan berubah. Demikian pula dengan terpilihnya SMP Negeri 4 Pakem sebagai sekolah pelaksana PSP tak lepas dari growth mindset yang dimiliki seluruh warga sekolah. Ponidi, dalam berbagai kesempatan  menyampaikan kepada seluruh warga sekolah  pentingnya untuk selalu berpikir tentang “perubahan” supaya tidak diam dan menyerah dengan keadaan. “Selalu berpikir bagaimana  benarnya, bagaimana baiknya, bagaimana bagaimana seharusnya dan bukan bagaimana enaknya.” Hal ini diujudkankan dalam berbagai kegiatan yang ada di sekolah khususnya dalam layanan terhadap seluruh peserta didik. Layanan terhadap peserta didik di SMP Negeri 4 Pakem tidak sebatas di bidang akademik, akan tetapi juga di bidang-bidang lain yang diharapkan bisa memaksimalkan potensi peserta didik.

Dengan semua warga yang terus belajar dan berusaha untuk selalu menjadi yang terbaik dan terdepan, mereka semua berkomitmen menjadi pembelajar sepanjang hayat. Dengan pengelolaan yang baik dan kerja keras, SMP 4 Pakem ditetapkan sebagai SMP dengan tata kelola mutu terbaik di DIY. Dengan terus melakukan penjaminan mutu SMP 4 Pakem menjadi sekolah dengan nilai akreditasi tertinggi di DIY. Dengan perbaikan terus menerus SMP 4 Pakem  bukan hanya dibandingkan dengan sesama sekolah, tetapi menjadi lembaga pemerintah di Kabupaten Sleman yang paling inovatif. Bahkan oleh Kementerian PAN-RB SMP 4 Pakem ditetapkan sebagai salah satu penyandang TOP INOVASI PELAYANAN PUBLIK. Guru guru dan tenaga kependidikan yang ada tak kalah hebat. Mereka juga para juara di Kabupaten maupun provinsi pada masing masing bidangnya. Demikian pula Ponidi juga sebagai  juara Kepala sekolah berprestasi. Tentunya tak ada habis-habisnya jika bicara prestasi/kejuaraan yang diraih SMP 4 Pakem.

Dengan intervensi PSP yang akan dikenakan pada SMP 4 Pakem, program program yang sudah baik yang ada di SMP 4 Pakem diharapkan semakin meningkat.  Misalnya program one student one product/perform yang sudah berhasil, diharapkan segera menjadi one student one trophy. Tentu program program lain juga harus ditingkatkan. Adapun 5 intervensi yang diharapkan dapat segera mempercepat capaian adalah: Pendampingan konsultatif dan asimetris, Penguatan SDM sekolah, Pembelajaran paradigma baru, Perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah.

Selamat Pak Ponidi, Selamat Bapak Ibu Guru, Selamat SMP 4 Pakem, Selamat keluarga dan alumni SMP 4 Pakem.

PRADNYASIWI…JAYA!!!

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Pengumuman Terbaru

JADWAL ASESMEN FORMATIF KELAS VII DAN JADWAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 KELAS VIII&IX TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Jadwal Pelajaran 19-24 September 2022

Jadwal Pelajaran 12-17 September 2022

Jadwal Pelajaran 5 -10 September 2022

Jadwal Pelajaran 29 Agustus – 3 September 2022

Jadwal Pelajaran 22-27 Agustus 2022

Jadwal Pelajaran 15-20 Agustus 2022

Jadwal Pelajaran 8 -13 Agustus 2022

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 64118 2189213
Today 568 1439
This Week 568 35977
This Month 9357 169496