SEKILAS INFO
26-02-2021
  • 1 bulan yang lalu / Cara aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id, kunjungi web : https://belajar.id/
  • 1 bulan yang lalu / Jika kesulitan aktivasi akun belajar.id, agar segera langsung kontak kepada bapak sugiato atau kepada ibu kurnia astiani.
  • 1 bulan yang lalu / Semua siswa kelas 9 wajib mengaktifkan akun pembelajaran dari kemendikbud yg beberapa waktu lalu dibagikan melalui orang tua. Hal tersebut untuk memudahkan bagi semua siswa untuk akses pembelajaran termasuk akan digunakan interaktif dengan bapak ibu guru.
26
Nov 2020
0
SISWA-SISWI SMP 4 PAKEM  MENGIKUTI  KEGIATAN KEWIRA-USAHAAN KEMDIKBUD

Foto :  Tangkapan layar ketika siswa-siswi SMP 4 Pakem mengikuti kegiatan kewirausahaan kemdikbud  secara daring.

SMP Negeri 4 Pakem – Tanamkan Jiwa Wirausaha, bukan sesuatu yang instan akan tetapi perlu perjuangan. Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) yang kuat, jujur, kreatif, dan disiplin menjadi salah satu kunci utama  peserta didik dalam menyiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan di era digital abad ke-21. Untuk kepentingan ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan pelatihan kewirausahaan  bagi siswa siswi SMP. Penanaman jiwa wira usaha  boleh dikatakan dilakukan mulai dini, ketika mereka masih belia.

Pada kegiatan ini, sebanyak 15 siswa dan 1 guru SMP 4 Pakem mendapat kesempatan menjadi  peserta aktif dan pendamping. Kegiatan tersebut dilaksanakn secara daring selama 2 hari full dari pagi hingga sore pada tanggal 13 dan 14 November 2020. Berikut daftar siswa-siswa SMP 4 Pakem yang mengikuti kegiatan kewirausahaan.

  1. Raizza Talitha Araminta
  2. Keysha Rizky Fadilla
  3. Aisha Lauren
  4. Cikal Ghifari Pamungkas
  5. Natasha Widyasari Whitmore
  6. Syakira Marsya Tarrifah
  7. Alisha Bahira
  8. Bagas Kuncoro Jati
  9. Salma Inayatullah
  10. Arjen Robben Almaghazy
  11. Marsha Alifia Nurrahma
  12. Muhammad Lanang Al Wisam
  13. Nayahani Imara Wijaya
  14. Alifya Tatiana Murti
  15. Hasnaningtyas Maimunah

Peserta mendapat pembekalan dari narasumber yang kompeten di bidangnya dari Direktorat SMP, praktisi kesehatan, praktisi yang sudah berhasil mengembangkan usaha mulai dari sekolah, peserta didik yang sedang merintis dan mengembangkan unit usaha sendiri dan praktisi pendidikan di bidang media sosial.

Rincian materi yang disampaikan yaitu kebijakan Direktorat SMP, Pola hidup sehat seimbang dan bahayanya merokok, pemanfaatan media digital sebagai media kewirausahaan, komunikasi dalam kewirausahaan, motivasi melatih jiwa kemandirian, pemanfaatan media sosial secara bijak dalam pengembangan kewirausahaan, serta praktik baik sebagai siswa penggerak pengembangan kewirausahaan.

Pemateri antara lain

  1. Sheila Salsabila, B.Med.Sc. beliau dokter dan host hidup sehat TV One ) dengan materi hidup sehat, kriteria sehat fisik, kriteria sehat mental dan emosional, serta kesehatan saat pandemi.
  2. Muhammad Adib Ikhsani, S.Ds. owner dan eeo @dibspro.id, pengusaha muda , 29 tahun membagikan tipsnya sejak SMP sudah memulai memanfaatkan media digital untuk berjualan online, menurut Adib manfaat Entrepreneurship untuk melatih kemandirian, melatih kreatifitas, melatih kepekaan lingkungan sosial, melatih memecahkan masalah dan solutif, menjadi pribadi yang ulet dan disiplin, melatih melihat peluang, melatih tanggung jawab dan komitmen. Lebih lanjut Adib menambahkan rahasia tips kesuksesannya yaitu niat, coba aja dulu, jika bingung mulai dari hobi, terus belajar dengan gabung komunitas entrepreneurship, bantu lingkungan / sesama, tentukan passion, sosial media effeck, follow akun edukasi/ motifasi terkait hal enterpreunership. Menurut Adib , jiwa pengusaha adalah seseorang yang memiliki semangat kreativitas, tanpa kreativitas, segala hal akan menjadi sulit.
  3. Ade Husnul Mawadah . M.Hum dosen Bahasa Indonesia UNTIRTA, Ade Husnul menyampaikan kepada para peserta didik, bagaimana mahir berkomunikasi sehingga mampu promosi usahanya.

“Satu hal yang tidak boleh dilupakan dari menjadi wirausaha adalah bagaimana cara kita memperkenalkan produk kita pada orang banyak. Bagaimana orang bisa beli produk kita kalau kita tidak kenal produk kita,” katanya. Ade menambahkan, jika para peserta didik ingin menjadi pengusaha yang sukses, para peserta didik harus memulai dengan penguatan aspek berbahasa. “Sebelum berpikir produknya apa, sebelum berpikir cara menjualnya bagaimana. Aspek berbahasa dulu dikuasai,” ujarnya. Aspek berbahasa tersebut antara lain menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. “Dengarlah apa yang orang-orang katakan tentang keinginan. Bacalah berbagai sumber pengetahuan dan informasi agar mampu membaca peluang. Sampaikan produkmu dengan cara unik dan menarik perhatian. Tulislah rangkuman produkmu dengan kata atau kalimat slogan yang mudah,” demikian pungkas Ade.

Siswa-siswi SMP 4 Pakem mengikuti kegiatan kewirausahaan ini dengan penuh antusias. Dan merasa sangat puas dengan layanan kegiatan,  terlebih dengan nara sumber yang sangat luar biasa.

Terima kasih kepada bapak ibu nara sumber, terima kasih direktorat SMP, dan terima kasih pihak sekolah yang selalu berusaha menyiapkan siswa-siswinya. Sukses selalu pradnyasiwi. (Ning)

Berikut testimoni siswa-siswi SMP 4 Pakem :

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL 22- 27 FEBRUARI 2021

JADWAL 15 – 20 FEBRUARI 2021

JADWAL 8-13 FEBRUARI 2021

JADWAL 1-6 FEBRUARI 2021

JADWAL 25 – 30 JANUARI 2021

JADWAL 18 – 23 JANUARI 2021

JADWAL 11 – 16 JANUARI 2021

JADWAL 4 – 9 JANUARI 2021

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 95135 1334184
Today 56 89
This Week 4589 26220
This Month 28815 141238