SEKILAS INFO
24-01-2021
  • 2 minggu yang lalu / Cara aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id, kunjungi web : https://belajar.id/
  • 2 minggu yang lalu / Jika kesulitan aktivasi akun belajar.id, agar segera langsung kontak kepada bapak sugiato atau kepada ibu kurnia astiani.
  • 2 minggu yang lalu / Semua siswa kelas 9 wajib mengaktifkan akun pembelajaran dari kemendikbud yg beberapa waktu lalu dibagikan melalui orang tua. Hal tersebut untuk memudahkan bagi semua siswa untuk akses pembelajaran termasuk akan digunakan interaktif dengan bapak ibu guru.
8
Nov 2020
0
SENAM VIRTUAL DAN PENGUATAN KARAKTER

Foto  :  Tangkapan layar zoom meeting ketika senam virtual.

SMP Negeri 4 Pakem rutin menyelenggarakan kegiatan senam pagi setiap hari Jumat sebelum pembelajaran dimulai. Selain senam untuk Kebugaran Jasmani, selalu dilakukan penguatan karakter, dan kegiatan literasi. Pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan jadwal yang telah diatur. Kegiatan Senam Kebugaran Jasmani bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas peserta didik.Penguatan karakter terutama nasionalisme juga dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan untuk memupuk rasa cinta tanah air. Salah satu hal sederhana yang dapat dilakukan adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga mars pradnyasiwi secara bersama. Selain nasionalisme yang terus digelorakan, menyanyikan mars pradnyasiwi memperkuat jika korsa dan kerjasama. Literasi dilaksanakan dengan mengajak peserta didik untuk membaca berbagai macam buku kemudian menceritakan isi buku yang telah dibaca di hadapan peserta didik lain dan Bapak/Ibu guru.  Pada kegiatan literasi juga semua siswa diminta menyampaikan nilai nilai yang bisa dipetik dari buku ya ng dibaca.

Sejak pandemi Covid-19 menyerang, kegiatan pembelajaran diselenggarakan dari rumah, termasuk senam. Peserta didik diminta untuk tetap melakukan aktivitas senam pada hari Jumat sebelum pembelajaran dimulai dengan jenis senam sesuai dengan pilihan peserta didik dengan syarat aktivitas tersebut masuk dalam denyut nadi intensitas ringan sampai sedang. Jumat, 6 November 2020 pelaksanaan senam berbeda dengan hari sebelumnya karena untuk pertama kali, senam diadakan secara virtual bersama dengan kegiatan penguatan karakter. Senam Virtual dan Penguatan Karakter dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dimulai pukul 06.15 dan berakhir pada 07.30. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh peserta didik kelas 7, 8, 9 dan Bapak/Ibu Guru serta karyawan SMP Negeri 4 Pakem. Sebelumnya, peserta didik kelas 7, 8, 9 telah membaca dan memahami tata tertib acara sehingga saat pelaksanaan, peserta didik dengan tertib mengikuti acara sampai akhir. Kegiatan Senam Virtual dan Penguatan Nasionalisme dimulai dengan membaca doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars Pradyasiwi dan sambutan Kepala Sekolah. Sambutan kepala sekolah berisi ulasan kembali salah satu ikrar yang diucapkan siswa pada tanggal 28 Oktober 2020. Ikrar yang dimaksud yaitu bahwa siswa-siswi SMP 4 Pakem siap untuk mengikuti pendidikan sebagai bekal mempersiapkan diri hidup di masa yang akan datang, bukan masa kini, apalagi masa yang lalu. Agar bisa eksis di masa yang akan datang, setiap siswa harus mampu menggunakan keterampilan dasar diperkuat melalui literasi. Siswa harus mampu memecahkan masalah yang kompleks dipersiapkan dengan penguatan kompetensi 4C (berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif). Demikian pula siswa harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang sangat dinamis, untuk itu harus memiliki karakter yang berkualitas. Untuk memiliki karakter yang berkualitas tidak cukup hanya diomongkan perlu dipaksakan, dibiasakan, menjadi kebiasaan, dan menjadi sikap dan perilaku.

Pada kegiatan Jumat, 6 November 2020 setelah berdoa bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Pradnyasiwi serta Senam PGRI dipimpin oleh Ibu Pujiati Wedyawati. Pada aplikasi Zoom selain  guru, siswa dan karyawan yang  mengikuti kegiatan di sekolah terlihat  498  perangkat yang tersambung pada kegiatan ini.  Senam  di sekolah (lapangan upacara) diikuti semua guru, semua karyawan, dan sebagian siswa. Setelah acara selesai, peserta didik melanjutkan pembelajaran online dari rumah sesuai jadwal kelas masing-masing.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan mengingat pentingnya menjaga kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan perlunya penguatan karakter dimulai  dari hal-hal sederhana agar remaja memiliki semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air. Pradnyasiwi. SMP 4 Pakem sekolah berkarakter juara. (*Dyah)

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL 25 – 30 JANUARI 2021

JADWAL 18 – 23 JANUARI 2021

JADWAL 11 – 16 JANUARI 2021

JADWAL 4 – 9 JANUARI 2021

PENGUMUMAN

KARYA-KARYA TERBAIK SPIRITUAL PROJECT (JUMAT, 11 DESEMBER 2020)

PENGUMUMAN LIBUR PILKADA

PENGUMUMAN

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 79064 1250201
Today 19 28
This Week 19 17138
This Month 17788 102920