SEKILAS INFO
02-12-2021
  • 1 bulan yang lalu / Jadwal terbaru silakan lihat dibagian pengumuman!
  • 1 bulan yang lalu / BACA : PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (MASA TRANSISI)
  • 4 bulan yang lalu / Jadwal 12-17 Juli 2021 lihat pengumuman terbaru
28
Mei 2021
0
Percepat Merdeka Belajar Dengan Berbasis iPad, TKM Lancar

SMP Negeri 4 Pakem – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pendidikan melaksanakan  Tes Kendali Mutu (TKM). TKM bertujuan untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik, untuk pemetaan mutu pendidikan, dan sebagai  pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan kepada masyarakat.

Pada  Tahun Pelajaran  ini, TKM  untuk jenjang SMP kelas VII dan VIII dilaksanakan pada semester genap pada tanggal 27 Mei – 3 Juni 2021. Mata pelajaran yang diujikan dalam TKM meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). TKM dilaksanakan dengan teknis semi online dengan menghadirkan peserta didik di sekolah. Tentu saja hal ini sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari penularan dan penyebaran pandemi Covid-19.

Peserta didik mengerjakan soal yang sudah disinkronisasi oleh sekolah melalui  server sekolah. Untuk itu, diperlukan perangkat yang memadai agar pengerjaan soal-soal TKM tidak terkendala. Sejalan dengan hal ini, SMP Negeri 4 Pakem sebagai pioner sekolah berbasis ICT (Information Communication Technology) telah mempersiapkan diri dengan baik.  Peserta didik kelas VII dan VIII telah dibekali keterampilan mengoperasikan iPad masing-masing. TKM di SMP Negeri 4 Pakem menggunakan perangkat iPad yang dimiliki oleh para siswa. Peserta didik mengerjakan soal-soal TKM menggunakan iPad yang mereka miliki. Perangkat ini setiap hari mereka gunakan untuk mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang telah berlangsung selama satu tahun pelajaran untuk kelas VII, sedangkan untuk kelas VIII sudah mereka gunakan sehari hari selama dua tahun.

TKM KADINAS 2021_1Pada pelaksanaan  TKM  hari pertama, tidak ada  peserta didik  yang canggung dalam mengerjakan soal-soal, mereka mengerjakan dengan lancar karena  peralatan merupakan milik pribadi yang setiap hari digunakan dan proses loading dari iPad juga sangat lancar.

Dengan pembiasaan pembelajaran menggunakan  iPad, banyak hal positif yang dapat diperoleh peserta didik. Pada iPad terdapat berbagai aplikasi yang mendukung berbagai kegiatan belajar. Melalui satu sentuhan layar, peserta didik dapat belajar di mana saja, menjelajah dunia dimanapun dan kapanpun, sehingga ilmu pengetahuan dapat diserap secara efektif dan efisien. Selain itu, dengan iPad peserta didik memiliki kemampuan ekstra dan selalu up to date terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dari https://www.apple.com/id/education/k12/products/ disebutkan bahwa iPad merupakan: 1) Teknologi yang didesain layaknya imajinasi anak yang tanpa batas; 2) Komputer yang tepat untuk belajar, tidak seperti komputer pada umumnya; 3) iPadOS, merupakan iPad yang lebih andal dan produktif; 4) Multi-Touch, iPad bekerja sesuai jalan pikiran anak; 5) Aksesibilitas iPad dibuat untuk jadikan setiap siswa juara; 6) Performa, iPad bisa melakukan semua yang komputer desktop bisa lakukan; 7) Produktivitas, iPad bekerja untuk lebih dari satu aplikasi sekaligus, edit dengan sentuhan jari; dan masih banyak lagi.

Mencermati banyaknya hal positif tersebut, SMP Negeri 4 Pakem mengoptimalkan pembelajaran berbasis ICT dengan  iPad. Dengan iPad pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai skenario untuk mempercepat wujudkan merdeka belajar.

SMP Negeri 4 Pakem Sekolah Berbasis ICT, Sekolah Berkarakter Juara

PRADNYA SIWI JAYA

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

Jadwal PTM 29 November – 4 Desember 2021

Jadwal PTM-ALN 22-27 November 2021

Jadwal PTM – ALN 15 -20 November 2021

Jadwal PTM 8 -11 November 2021

Jadwal PTM 1-6 November 2021

Jadwal PTM 25-30 Oktober 2021

Jadwal PTM 18-23 Oktober 2021

Jadwal PTM 11-16 Oktober 2021

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 98860 1802272
Today 1 1
This Week 1819 28011
This Month 828 85313