SEKILAS INFO
24-01-2021
  • 2 minggu yang lalu / Cara aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id, kunjungi web : https://belajar.id/
  • 2 minggu yang lalu / Jika kesulitan aktivasi akun belajar.id, agar segera langsung kontak kepada bapak sugiato atau kepada ibu kurnia astiani.
  • 2 minggu yang lalu / Semua siswa kelas 9 wajib mengaktifkan akun pembelajaran dari kemendikbud yg beberapa waktu lalu dibagikan melalui orang tua. Hal tersebut untuk memudahkan bagi semua siswa untuk akses pembelajaran termasuk akan digunakan interaktif dengan bapak ibu guru.
31
Okt 2020
0
KEGIATAN TAHFIDZ ALQURAN DI MASA PADENDEMI COVID-19

Foto  : Bapak Ibu Pembina Tahfidz SMP Negeri 4 Pakem

SMP Negeri 4 Pakem –  Sekolah Berkarakter juara selalu terngiang di telinga, tak berhenti sampai di situ saja, apa yang didengar dan diucapkan diupayakan melalui tindakan nyata. Berbicara karakter,  tentu  menyangkut 5 karakter utama yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas. Karakter religius menjadi hal yang pertama dan utama. Berangkat dari situlah SMP  Negeri 4 Pakem  terus bergerak untuk merealisasikannya. Program penguatan religius terus dilakukan untuk semua warga, tentu sesuai dengan agama yang dianut masing-masing.

Salah satu kegiatan kegiatan untuk memperkuat religius bagi siswa moslem adalah  tahfidz Alquran.  Kegiatan ini diperuntukkan untuk semua siswa muslim kelas 7, 8, dan 9. Kegiatan tahfidz SMP Negeri 4 Pakem meliputi tiga hal, yakni pembinaan siswa dalam  makhrajul huruf, pembinaan tajwid, dan hafalan. Dengan model body memori kegiatan tahfidz tanpa pandemi covid-19 berjalan sangant baik dan berhasil dengan baik.

Pada masa pandemi covid-19 pelaksanaan tahfidz agar tetap berjalan, dilakukan sebagai berikut: pertama, siswa mengikuti pembinaan bagaimana melafalkan huruf atau makhrajul huruf hijaiyah sesuai dengan ketentuannya. Kedua, tajwid meliputi pemahaman dan pembetulan  tentang hukum tajwid dan cara membacanya secara benar. Ketiga, setoran hafalan secara daring. Jadi, pada masa pembelajaran dari rumah, siswa melakukan kegiatan menghafalkan atau tahfidz Alquran dari tempat tinggal mereka masing-masing. Kegiatan ini tidak mengenal libur, tidak mengenal tanggal merah, dan juga saat saat ujian sekalipun tetap berjalan sesuai jadwal.

Pada kegiatan daring ini, siswa/i mengirimkan hafalan Alquran dengan cara  siswa merekam hafalan Alquran dalam bentuk format mp3. Siswa/i mengunggah file tersebut melalui media google form. Pembina memberikan catatan pelaksanaan hafalan. Selain itu, para siswa akan diberi arahan, evaluasi, dan solusi oleh pembina sesuai dengan pencapaian dan kendala yang dihadapi. Selanjutnya siswa/siswi mengirim hafalan perbaikan. Proses ini berjalan secara berulang sampai dengan para siswa betul bacaannya dan hafal.

Dengan kegiatan ini siswa/i mampu membaca Alquran dengan benar sesuai dengan tajwidnya, mencintai dan menyayangi Alquran dengan terus membacanya, mendengarkan dan menghafalakan. Dengan ini pula siswa/i memiliki akhlaqulkarimah khususnya dalam hal adab membaca, mendengarkan, dan menghafalkan Alquran. Semua rangkaian kegiatan, pada akhirnya  menanamkan perasaan nikmat belajar  Alquran.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL 25 – 30 JANUARI 2021

JADWAL 18 – 23 JANUARI 2021

JADWAL 11 – 16 JANUARI 2021

JADWAL 4 – 9 JANUARI 2021

PENGUMUMAN

KARYA-KARYA TERBAIK SPIRITUAL PROJECT (JUMAT, 11 DESEMBER 2020)

PENGUMUMAN LIBUR PILKADA

PENGUMUMAN

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 79059 1250192
Today 14 19
This Week 14 17129
This Month 17783 102911