SEKILAS INFO
04-07-2020
  • 1 bulan yang lalu / Segenap guru dan karyawan smp negeri 4 pakem, mengucapakan selamat hari raya idhul fitri 1 syawal 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin.
  • 2 bulan yang lalu / #CEGAH COVID-19 #SCHOOL FROM HOME #PHYSICAL DISTANCING
  • 2 bulan yang lalu / #STAY AT HOME #LAWAN COVID-19 #CEGAH COVID-19, LAKUKAN PHBS
27
Mei 2020
0
ENGLISH FOR MATH AND ENGLISH FOR SCIENCE

SMP N 4 Pakem – Di saat orang lain masih tertidur, bangunlah. Di saat orang lain terbangun, berjalanlah. Di saat orang lain berjalan, berlarilah. Serangkaian motivasi ini sudah terlaksana dan menjadi kebiasaan di SMPN 4 Pakem. Bukan rahasia lagi bahwa semua siswa dan guru SMPN 4 Pakem mengawali aktivitas pembelajaran di kelas pada pukul 06.15 WIB. Keren bukan? Di saat di sekolah lain memulai pembelajaran pukul 07.00, siswa-siswi SMPN 4 Pakem sudah ramai masuk kelas pukul 06.00 dan mulai pembelajaran pukul 06.15. Pradnya siwi, sebutan bagi siswa-siswi SMPN 4 Pakem, “berjalan dan berlari” lebih dulu dibandingkan dengan siswa sekolah lain untuk mengikuti pembelajaran English for Math and Science selama 2 kali dalam seminggu.

Apa itu English for Math and Science? Ini merupakan salah satu dari sekian banyak program unggulan SMPN 4 Pakem. Seperti nama programnya, English for Math and Science merupakan English for Specific Purposes yang berfokus pada kemampuan dan penguasaan Bahasa Inggris untuk pembelajaran Sains dan Matematika. Program sekolah ini bertujuan menyiapkan siswa untuk memiliki penguasaan Bahasa Inggris untuk tujuan akademik. Jadi, siswa tidak akan gagap dengan istilah-istilah dalam materi pembelajaran jika disajikan dalam bahasa Inggris.

Seperti kita ketahui banyak istilah khusus dalam matematika dan sains yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris akan berbeda dengan bahasa yang digunakan sehari-hari. Misalkan kemiringan = slope/gradient, garis singgung = tangent line, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, banyak istilah khusus dalam Matematika dan Sains yang tidak termuat dalam kurikulum pembelajaran bahasa Inggris di kelas reguler. Maka dari itu, program sekolah English for Math and Science ini diwajibkan untuk semua siswa kelas 7 dan kelas 8.

Adapun kelas English for Math and Science dilaksanakan selama 2 kali. Untuk kelas 7 dilaksanakan hari Selasa dan Kamis, sementara kelas 8 pada hari Rabu dan Sabtu.  English for Science kelas 7 pada hari Selasa dan untuk kelas 8 hari Rabu. Untuk English for Math kelas 7 pada hari Kamis dan kelas 8 pada hari Sabtu. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 06.15 sampai dengan 07.00 sebelum kelas reguler dimulai. Siswa dibimbing oleh guru Bahasa Inggris di masing-masing kelas dan diberikan materi pelajaran Matematika dan Sains yang sesuai dengan kurikulum nasional maupun internasional dalam Bahasa Inggris agar siswa menjadi familiar dan terbiasa.

Program sekolah ini tentu dilaksanakan sebagai upaya untuk mencapai visi sekolah yaitu “mewujudkan insan berbudi pekerti luhur, cerdas, dan kompetitif berwawasan nasional dan global serta mandiri” dan branding sekolah sebagai “Sekolah Berkarakter Juara”. Manfaat dari program sekolah ini sangat dirasakan oleh para siswa SMPN 4 Pakem. Banyak siswa SMPN 4 Pakem yang sukses mengikuti PPDB dan diterima di sekolah-sekolah bilingual seperti SMA Pradita Dirgantara, SMA Taruna Nusantara, MAN IC, dan sekolah bilingual lainnya dengan adanya program English for Math and Science ini. Dari berbagai tesimoni, para siswa yang sudah lulus dan masuk ke sekolah bilingual sudah tidak asing lagi dengan penggunaan Bahasa Inggris untuk pembelajaran karena mereka sudah dibiasakan sejak kelas 7 di SMPN 4 Pakem. Sehingga, siswa memiliki daya kompetitif yang tangguh dan cerdas.

Indikator lain dari keberhasilan program English for Math and Science ini adalah para siswa meraih kejuaraan dalam berbagai kompetisi internasional mata pelajaran. Siswa juga meraih kesuksesan yang sama dalam Karya Ilmiah Remaja (KIR) tingkat Internasional. Belum lama ini terdapat kejuaraan KIR Internasional di Thailand yang diikuti beberapa kelompok KIR siswa kelas 7. Tidak hanya itu, siswa SMPN 4 Pakem juga berhasil berpartisipasi dalam kompetisi Robot tingkat Internasional di Hungaria. Keberhasilan para siswa di kancah internasional tidak lepas dari peran sekolah dalam menyediakan program unggulan English for Math and Science bagi siswa kelas 7 dan 8. Demikian selayang pandang mengenal program SMPN 4 Pakem, English for Math and Science.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI DAN DAFTAR ULANG JALUR ZONASI WILAYAH PPDB 2020/2021 SMPN 4 PAKEM

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI DAN DAFTAR ULANG JALUR PERPINDAHAN TUGAS ORANGTUA DAN JALUR ZONASI RADIUS PPDB 2020/2021 SMP N 4 PAKEM

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI DAN DAFTAR ULANG JALUR PRESTASI PPDB 2020/2021 SMPN 4 PAKEM

JADWAL TES KOMPETENSI ONLINE 30 MEI – 10 JUNI 2020

JADWAL PEMBELAJARAN JARAK JAUH MULAI 6 – 16 MEI 2020

PANDUAN KEGIATAN RAMADHAN 1441 H

JADWAL PEMBELAJARAN JARAK JAUH MULAI 29 APRIL- 5 MEI 2020

JADWAL PEMBELAJARAN ONLINE 22-28 APRIL 2020

Ikuti Kami di Facebook

Rincian Pengunjung

Total 67460 905693
Today 48 146
This Week 4312 35813
This Month 3358 165270