SEKILAS INFO
26-10-2020
  • 3 bulan yang lalu / JADWAL PELAJARAN 27 JULI – 1 AGUSTUS 2020 dan info lain, silakan unduh di bagian pengumuman
  • 3 bulan yang lalu / WEB PENAYANG LATIHAN TES KOMPETENSI LIHAT BAGIAN PENGUMUMAN
  • 3 bulan yang lalu / JADWAL PENGAMBILAN IJAZAH TAHUN AJARAN 2019/2020, lihat pengumuman terbaru!
19
Mei 2020
0

SMP Negeri 4 Pakem – Beyond the limit. Sebuah idiom dalam bahasa Inggris yang tepat untuk menggambarkan SMP N 4 Pakem, sekolah negeri yang berada di Jalan Kaliurang km.17 Yogyakarta. Sekolah yang luar biasa dan berbeda dari sekolah pada umumnya. Luar biasa dari segala aspek baik input, proses, maupun output. Sebagai satu-satunya sekolah negeri di provinsi DIY yang memiliki kelas berasrama (boarding class), inilah yang menjadi salah satu keunggulan di SMP N 4 Pakem yang tidak ditemukan di sekolah pada umumnya. Kelas berasrama di SMP N 4 Pakem sudah berjalan dua tahun ini dengan fasilitas asrama yang memadai dan asrama siswa berada di lingkungan SMP N 4 Pakem sehingga memudahkan mobilitas siswa dan orang tua tentunya. Berbagai kegiatan tambahan bagi siswa berasrama semakin meningkatkan kapabilitas siswa unggulan.

Sekolah dengan branding “Sekolah Berkarakter Juara” ini juga melaksanakan program sekolah sehat. Sekolah ini benar-benar bebas dari rokok dan hal hal berkaitan dengan rokok. Semua warga, pegawai, tamu, dan siapapun di sini tidak boleh ada yang merokok. Kawasan ini benar-benar bebas dari asap rokok. Sekolah ini bebas dari sampah plastik dan makanan dengan kemasan plastik. Jajanan siswa bebas pewarna dan zat adiktif. Semua siswa tidak boleh keluar walau hanya sekedar jajan. Diharapkan setiap hari siswa membawa bekal dari rumah. Kantin sekolah juga turut serta mendukung program sekolah bebas kemasan plastik dan berinovasi untuk menjual jajanan atau makanan yang sehat. Selain itu, setiap kelas dan setiap siswa diberikan tanggung jawab kebersihan, kerindangan, dan keindahan kelasnya masing-masing serta beberapa bagian di lingkungan SMP N 4 Pakem secara menyeluruh. Program yang bertujuan untuk melatih tanggung jawab dan kepedulian siswa akan lingkungan ini juga didampingi dan dikontrol oleh guru. Setiap satu minggu sekali guru pendamping melakukan pengecekan dan penilaian kebersihan sekolah yang hasilnya selalu dipublikasikan. Sekolah yang sudah mengukuhkan diri sebagai Sekolah Ramah Anak ini juga memberlakukan kebijakan bahwa apapun alasannya siswa siswi SMP N 4 Pakem tidak diperkenankan mengendarai motor sehingga orang tua berkewajiban menyediakan fasilitas antar jemput. Hal ini sesuai dengan aturan yang ada dan semata mata demi keselamatan anak itu sendiri.

SMP N 4 Pakem, sekolah yang memiliki segudang prestasi baik akademik maupun nonakademik tingkat nasional maupun internasional, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sudah beberapa langkah lebih maju daripada sekolah pada umumnya. Mengapa? Kita bisa lihat jam 6.15 di depan SMP N 4 Pakem sudah sepi. Ya, karena jam 6.15 sekolah sudah masuk dan siswa sudah di dalam kelas, jadi jam-jam ramai berangkat sekolah di SMP N 4 Pakem biasanya antara jam 6 sampai 6.15. Di saat siswa sekolah lain masih bersantai atau masih dalam perjalanan ke sekolah mereka masing-masing, siswa-siswa SMP N 4 Pakem hampir setiap hari pukul 06.15 sudah siap mengikuti kegiatan pembelajaran. “Jadilah lebih” menjadi salah satu prinsip para siswa di sekolah unggulan ini. Kegiatan pembelajaran hampir setiap hari berlangsung dari pukul 06.15 s.d. 15.45 WIB, dengan 6 hari sekolah. Keterlambatan maupun ketidakhadiraan dihitung sebagai syarat/ketentuan kenaikan kelas. Selain itu, sistem pelaksanaan pembelajarannya pun berbeda dengan sekolah pada umumnya. Mengapa? Pembelajaran di SMP N 4 Pakem dilaksanakan dengan moving class, setiap ganti pelajaran ganti ruangan dengan jarak antar ruang relatif jauh dan naik turun sehingga setiap anak harus selalu dalam kondisi prima. Meskipun para siswa harus berpindah ke ruangan yang relatif jauh, para siswa selalu on time mengikuti pembelajaran jam berikutnya. Para siswa selalu antusias untuk berebut kursi depan pada jam pelajaran berikutnya. Sistem moving class  ini sangat efektif karena siswa cenderung tidak mudah bosan berada di kelas tertentu. Pradnya Siwi keren bukan.

Hal luar biasa lain yang jarang ada di sekolah lain yaitu di SMP N 4 Pakem tidak ada jam kosong. Apabila ada guru sedang tugas luar akan segera ada perubahan jadwal. Perubahan menjadi hal yang biasa, setiap siswa harus tahu perubahan jadwal yang selalu di update di web sekolah. Setiap siswa dan orang tua wajib mengikuti informasi melalui web sekolah maupun media online lainnya. Di era digital yang massif ini, pemanfaatan IT terus digiatkan dan ditingkatkan di SMP N 4 Pakem baik siswa, guru dan karyawan. Semua informasi di SMP N 4 Pakem selalu diinformasikan secara online dan tertulis. Sebagai sekolah pioneer dalam hal teknologi informasi, kegiatan pembelajaran, penugasan, penilaian dan hal hal lain hampir semua dilakukan secara online baik di sekolah maupun di rumah masing-masing yang membutuhkan perangkat yang memadai dan tersambung ke internet dari mana saja dan kapan saja. Bahwa belajar tidak terbatas ruang dan waktu. Istimewanya lagi, siswa-siswi dan guru menggunakan perangkat IPAD untuk pembelajaran. Kegiatan pembelajaran online melalui video conference, google classroom, appleclassroom, office 365 dan aplikasi lain selalu dilaksanakan dalam kondisi darurat maupun kondisi normal. Penugasan berat dan banyak variannya juga dilaksanakan secara luring maupun daring.

Sekolah berkarakter juara ini tidak hanya mengedepankan peningkatan akademik saja, akan tetapi juga pengembangan skill spiritual, sosial, dan karakter siswa. Dari segi akademik, capaian kompetensi sebagai syarat kenaikan kelas sama atau di atas KKM (KKM=80) dan penilaian sikap minimal baik. Ini dapat dicapai dengan selalu kerja keras dan disiplin tinggi. Adapun dalam rangka penguatan karakter, siswa siswi SMP N 4 Pakem wajib mengikuti pertukaran pelajar dalam negeri dan atau luar negeri dan atau penguatan karakter berbasis masyarakat. Penguatan karater di bidang religius adanya selalu shalat wajib berjamaah, one day one hadist, program hafalan Qur,an, dan berbagai kegiatan diintensifkan. Pengembangan skill atau kemampuan siswa di bidang nonakademik melalui penyelenggaraan program sekolah ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Banyak kegiatan ekstrakurikuler wajib di SMP N 4 Pakem yaitu  KIS (Karya Ilmiah Siswa), English Speaking, dan Pramuka. Sementara itu ekstrakurikuler pilihan sangat beragam seperti paduan suara, biola, band, tari, seni rupa, bulutangkis, sepak bola, futsal, basket, pencak silat, bola volley, catur, jurnalistik, PMR, dan masih banyak lagi. Yang menarik lagi setiap siswa wajib memiliki keunggulan tersendiri OSOP (One Student One Product/Perform) untuk bisa dipamerkan di publik/pameran berskala besar. Itulah 10 hal penting yang sangat mencolok yang membedakan SMP N 4 Pakem dengan sekolah pada umumnya. Pradnya siwi jaya. (Nid)

 

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL 26-27 OKTOBER 2020

JADWAL 19-24 OKTOBER 2020

JADWAL 12 -17 OKTOBER 2020

JADWAL 5 -10 OKTOBER 2020

JADWAL 28 SEPTEMBER – 3 OKTOBER 2020

JADWAL 21-26 SEPTEMBER 2020

JADWAL 14-19 SEPTEMBER 2020

JADWAL PTS 1 TAHUN AJARAN 2020/2021

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 99462 1131831
Today 421 1152
This Week 421 13559
This Month 12009 83974