SEKILAS INFO
19-01-2021
  • 2 minggu yang lalu / Cara aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id, kunjungi web : https://belajar.id/
  • 2 minggu yang lalu / Jika kesulitan aktivasi akun belajar.id, agar segera langsung kontak kepada bapak sugiato atau kepada ibu kurnia astiani.
  • 2 minggu yang lalu / Semua siswa kelas 9 wajib mengaktifkan akun pembelajaran dari kemendikbud yg beberapa waktu lalu dibagikan melalui orang tua. Hal tersebut untuk memudahkan bagi semua siswa untuk akses pembelajaran termasuk akan digunakan interaktif dengan bapak ibu guru.
19
Mei 2020
0
ALWAYS LEARNING NO MATTER WHAT: TETAP BERKARYA MESKI CORONA, ITULAH PRINSIP CIVITAS AKADEMIKA SMPN 4 PAKEM

SMP Negeri 4 Pakem – Dalam situasi pandemi sekarang ini, hampir seluruh aspek kehidupan terkena dampak. Sebagian yang bekerja diharuskan bekerja dari rumah, sedangkan di dunia pendidikan siswa-siswi diharuskan belajar dari rumah. Instansi pendidikan pun mengalami perubahan drastis, yang tadinya proses pembelajaran terjadi secara konvensional, yaitu guru dan murid bertemu di kelas, sekarang semuanya harus dilakukan secara online/daring. Di tengah-tengah masa WFH (work from home) dan SFH (school from home) karena pandemik Covid-19, bapak ibu guru SMPN 4 Pakem tetap selalu belajar dan belajar di tengah-tengah kesibukan melakukan pembelajaran daring jarak jauh. Pada hari Jumat, 8 Mei 2020 tepatnya mulai pukul 07.00 semua bapak dan ibu guru SMPN 4 Pakem belajar bersama menambah khazanah pengetahuan dengan didampingi dan didukung Kepala Sekolah dan Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Kegiatan diawali dengan informasi dari bapak Kepala Sekolah dan dilanjutkan pembinaan dari Dinas Pendidikan Sleman yang diwakili oleh Ibu Murwati Widiani, M. Hum selaku pengawas SMPN 4 Pakem. Meskipun bapak ibu guru SMPN 4 Pakem sudah handal dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, tidak menjadikannya berhenti belajar dan terus belajar. Bapak ibu guru selalu semangat dan inisiatif update perkembangan pendidikan dan teknologi informasi yang ada.

Penigkatan kapasitas IT di sela WFH dengan protokol covid-19

Peningkatan kapasitas IT di sela WFH dengan protokol covid-19

Berkenaan dengan itu, SMPN 4 Pakem sebagai sekolah pioneer IT dan berbasis ICT memfasilitasi bapak ibu guru untuk selalu memperkuat penguasaan teknologi. SMPN 4 Pakem bekerja sama dengan ViewSonic melaksanakan training live streaming pada Jumat, 8 Mei 2020 pukul 09.30 – 11.00 tentang bagaimana memanfaatkan facebook untuk live stream pada pembelajaran jarak jauh (how to live stream for effective distance learning). Pengisi materi sendiri dari ViewSonic Indonesia yaitu Michael Loistianto. Selain itu, kerja sama ini juga diwujudkan dengan memberikan akses secara gratis ke layanan dan software MyViewBoard sebagai pendukung live stream. Pada training diberikan pelatihan, mulai dari instalasi software, setting livestream dan penggunaan software MyViewBoard. Meskipun bapak ibu guru SMPN 4 Pakem sudah terbiasa menggunakan berbagai platform online dalam pembelajaran jarak jauh seperti Google Classroom, Google Meet, Cisco Webex, YouTube, Live IG, Google Form, Zoom, WAG, Microsoft Teams dan lain sebagainya, segenap civitas akademika SMPN 4 Pakem tetap antusias mengikuti kegiatan pelatihan online dengan software MyViewboard dari ViewSonic Indonesia.

Ringkasnya, software MyViewboard ini merupakan software alternatif lain yang bisa membantu para bapak ibu guru dalam berinteraksi secara langsung (Live) dengan siswa. Software ini melengkapi Google Classroom yang sudah familiar digunakan. Software MyViewboard ini menggabungkan fungsi whiteboard dan mempermudah livestream melalui satu aplikasi. Sebenarnya hal ini bukan merupakan hal baru bagi segenap civitas akademika SMPN 4 Pakem, bapak ibu guru juga sudah menggunakan papan tulis digital untuk live stream misalkan dengan Cisco Webex dan Zoom yang juga sudah dalam satu aplikasi atau bahkan dengan YouTube sekalipun.

Narasumber dari ViewSonic Indonesia sendiri juga menyampaikan dengan menggunakan MyViewBoard, para pengajar bisa mengajar secara langsung (Live) dengan berbagai platform seperti Facebook, Zoom, Google Meet& Youtube dan berinteraksi dengan siswa melalui Solusi Digital Whiteboard. MyViewBoard juga bisa dihubungkan dengan layanan cloud dari beberapa provider seperti Google, Onedrive dan Dropbox. Pada training ini, semua bapak ibu guru aktif mendengarkan,  mengunduh software dan mencobanya langsung. Training online ini semakin menjadikan bapak ibu guru SMPN 4 Pakem semakin kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh karena semakin beragam khasanah platform aplikasi atau software yang digunakan. Sedangkan perangkat pendukung dari sekolah sambungan internet memadai, dari siswapun semua terjangkau dan bahkan kita ketahui semua siswa dengan IPAD dan koneksi internet yang memang difasisilitasi oleh orang tua masing-masing.

Nah, buat para civitas akademika lain yang penasaran dengan software MyViewBoard, berikut secara ringkas langkah-langkah untuk menggunakan software MyViewBoard.

  1. Install myviewboard dari myviewboard.com/static/downloadpage
  2. Siapkan akun facebook
  3. Siapkan laptop + monitor layar sentuh + akses internet
  4. Anda siap memulai livestream dengan myViewBoard
  5. Buka facebook.com
  6. Cari Tombol Live
  7. Klik tombol “usestreamkey”
  8. Copystreamkey dan URL ke myviewboard
  9. Buka livestream di myviewboard
  10. Klik tombol GO LIVE di facebook
  11. Anda sudah memulai sesi Live Stream

Kerja sama dengan ViewSonic Indonesia ini semakin memperkuat SMPN 4 Pakem yang memang tidak diragukan lagi dan handal dalam pemanfaatan IT untuk terus meng-upgrade diri. Sekalipun dalam suasana pandemik Covid-19, para civitas akademika SMPN 4 Pakem terus belajar, bukan hanya siswa tetapi juga bapak ibu guru untuk terus memperkuat penguasaan IT. Sebagai sekolah pioneer IT yang memiliki branding “Sekolah Berkarakter Juara”, SMPN 4 Pakem tidak akan tergerus dengan cepatnya perkembangan teknologi yang ada dan semakin canggih. PradnyaSiwi Jaya.

 

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL 18 – 23 JANUARI 2021

JADWAL 11 – 16 JANUARI 2021

JADWAL 4 – 9 JANUARI 2021

PENGUMUMAN

KARYA-KARYA TERBAIK SPIRITUAL PROJECT (JUMAT, 11 DESEMBER 2020)

PENGUMUMAN LIBUR PILKADA

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN

Ikuti Kami di Facebook

KONTAK KAMI

Alamat : Jalan Kaliurang Km.17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp/Fax. (0274) 895 487
e-mail : smpn4_pakem@yahoo.co.id

Rincian Pengunjung

Total 76528 1236853
Today 619 997
This Week 1740 18031
This Month 12129 89572