pakem_logo_oldSekolah ini didirikan pada tahun 1952. Saat pertama kali didirikan, sekolah ini diberi nama SMP Pancasila. Tahun demi tahun sekolah ini berganti nama, pernah diberi nama SMP PANCASILA, SMP PAEDAGOGIK, SMP FIP III IKIP, SMP PERCOBAAN 2, SMP PERCOBAAN 3, SDL IKIP, SMP N 2 PAKEM, SLTPN 4 PAKEM, RSBI SMP N 4 PAKEM dan akhirnya sekolah ini bernama SMP N 4 Pakem yang BUDIMAN (Berbudi Pekerti Luhur, Unggul dalam Prestasi, Demokratis, Inovatif, Mandiri, Atensi dan Nasionalis).

Pada tahun 1999, Ibu Woro Triwulan Ambarwati, B.A. ditugaskan ke sekolah ini menjadi Kepala Sekolah. Sejak adanya Ibu Woro, mulailah perkembangan sekolah sebagai SMP pilihan. Pembangunan gedung dan perbaikan management menjadi prioritas . Jadilah sekolah ini semakin berkembang. Pada tahun 2007 ditetapkan menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). dan pada tahun 2007, 2008, 2009, 2011, 2013, sekolah ini menjadi jawara UN se-DIY.Pada  tahun 2013 sekolah ini menjadi PILOTING Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013. Namun ditengah-tengah semangat baru, pada akhir tahun 2013 Ibu Woro Triwulan Ambarwati, B.A. pensiun sebagai kepala sekolah SMP N 4 Pakem dan digantikan oleh Bapak Ponidi, S.Pd. kader yang dipersiapkan sejak lama. Semoga pengganti Ibu Woro dapat mewarisi semangat dan dedikasinya pada SMP Negeri 4 Pakem.

Sekolah ini akan hebat jika dibimbing/dipimpin oleh orang-orang yang tepat dan memiliki siswa-siswi yang mau berusaha untuk bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, sekolah, agama, bangsa dan negaranya.