PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DAN EKSTRAKURIKULER

  1. STANDAR KOMPETENSI KESISWAAN

         Kompetensi Kepribadian

  1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
  2. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
  3. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
  4. Menunjukkan sikap percaya diri.
  5. Memiliki kegigihan, ketangguhan, kedisiplinan, ketelitian dan kecermatan dalam bekerja.
  6. Memahami dan menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
  7. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
  8. Memahami dan menghayati jiwa kewirausahaan

Kompetensi Sosial

  1. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas.
  2. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
  3. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
  4. Menghargai adanya perbedaan pendapat

Kompetensi seni budaya

  1. Menghargai karya seni dan budaya nacional
  2. Menciptakan dan/atau menyajikan karyaseni
  3. Pengembangan Diri dan Ekstrakurikuler

Program Pengembangan Diri merupakan bagian dari muatan kurikulum. Program ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi, softskill, skill, dan karakter anak didik secara holistik. Keberhasilan program ini akan melengkapi keseimbangan  perkembangan antara otak kanan dan otak kiri peserta didik .

 

Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran namun tetap merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah/madrasah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling, kegiatan belajar, dan pengembangan karir, serta kegiatan ekstra kurikuler.

Sesuai dengan Permendikbub No.81A tahun 2014, SMP N 4 Pakem, menyusun program pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk :

  1. Kegiatan Ilmiah (Pengembangan Diri Akademik)
  2. Kegiatan Krida (Pengembangan Soft Skill)
  3. Pengembangan Bakat dan Minat
  4. Jenis Lainya (Bimbingan Konseling)

Jenis kegiatan dalam program pengembangan diri dipilih dan ditetapkan berdasarkan analisis kebutuhan, potensi yang dimiliki, dan tujuan yang hendak dicapai pada akhir proses pembelajaran. Berbagai kegiatan dalam pengembangan diri ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib, pilihan, dan kegiatan persiapan mengikuti kompetisi seperti OSN, IJSO, OOSN, FLSSN, LIGA FISIKA, PORSENI, dan kompetisi-kompetisi yang lain.

  1. Kegiatan Ilmiah ( Pengembangan Diri Akademik)

Pengembangan diri yang bersifat Ilmiah, dimaksudkan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan berpikir dan berkarya ilmiah yang dimiliki siswa. Bentuk pengembangan diri ini antara lain :

  1. KIS ( Karya Ilmiah Siswa), masuk dalam kegiatan Ekstrakurikuler Wajib, dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah
  2. Kelas Olimpiade ( MSI= Matematika, Sains, IPS), dimaksudkan sebagai wadah bagi para siswa yang mempunyai kecerdasan khusus agar dapt mencapai prestasi yang optimal, baik level nasional maupun internasional. Pengembangan diri ini apabila berhasil maka dapat mebuat SMP NEGERI 4 PAKEM benar-benar dapat disejajarkan dengan sekolah Internasional yang sudah dapat berprestasi Internasional, dilaksanakan dengan seleksi khusus.dan pembinaannya dengan model Traning Center
  3. English Speaking, dimaksudkan sebagai suporting program mutu Internasional, dimana bahasa Inggris sebagai ciri utama sekolah bertaraf internasional.
  4. Robotika, sebagai bentuk pengembangan diri yang bernuansa teknologi maju, dimana teknologi merupakan representasi kemajuan globaL

2. Kegiatan KRIDA (Pengembangan Softsklil)

Softskill merupakan salah satu unsur penting dalam pengembangan pribadi manusia. Softskill harus dikembangkan sejak dini. kepekaan terhadap lingkungan, dan kedisiplinan menadi roh utama. Bentuk kegiatan yang dipandang dapat mengembangkan softskill siswa SMPN 4 Pakem adalah:

  1. OSIS dan MPK, Organisasi sebagai wadah untuk latihan kepemimpinan
  2. PRAMUKA, sebagai ekstrakurikuler wajib untuk membentuk kepribadian yang mandiri, jujur, ulet, dan memiliki jiwa patriotisme.
  3. PMR (Palang Merah Remaja)
  4. ANIMASI (Anti Narkoba maju Berpretasi)
  5. PASTI (Pasukan Inti)
  6. Upacara, sebagai kegiatan pembiasaan untuk membentuk kedisiplinan, kesamptaan dan cinta tanah air.
  7. Senam, sebagai kegiatan pembiasaan untuk membentuk kerjasama, kebugaran fisik dan hubungan yang harmonis.
  8. Jumat Sehat, dengan kegiatan Senam, Schol Green, sebagai kegiatan pembiasaan untuk membetuk kepekaan dan cinta lingkungan, menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan.
  9. Achievement Motivation Training ( AMT), adalah kegiatan terprogram untuk membentuk motivasi berprestasi, dan mengembangkan sikap berpikir positif.
  1. Pengembangan Diri Bakat dan Minat

     3.1. Olah raga sehat dan prestasi

1. Basket, Bola Voly, Sepak Bola, dan Futsal

Basket, Sepak bola, Footsal, dan Bola voly adalah olah raga tim yang dapat melatih kolaborasi, membentuk sportivitas, dan mampu menghargai kelebihan orang lain

2. Tenis meja, Catur, Bulu Tangkis, Silat, Renang, Karate, Atletik.

Ekstrakurikuler ini dilaksanakan sebagai wadah pengembangan atlit berbakat yang akan mengikuti OOSN, sehingga apabila siswa sudah bergabung didalam klub, maka dilanjutkan dengan monitoring dari pihak sekolah, kepadanya dapat melasanakan pembinaan dihari-hari yang tidak berbenturan dengan ekstrakurikuler wajib.
3.2. Sastra dan Seni

  1. Seni Musik
    Paduan Suara dan Vokal Group, Band, Ansamble Biola, Kegiatan ini dimaksudkan sebagai kegiatan untuk melatih kolaborasi dan olah cipta, rasa, dan karsa.
  2. Seni tari
    • Tari Traditional, dimaksudkan sebagai kegiatan untuk melestarikan budaya bangsa, dan menumbuhkan sikap kearifan local.
    • Tari Kontemporer : dimaksudkan sebagai kegiatan yang dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta didik dalam pergaulan budaya internasional.

     3. Seni Rupa

  • Desain Batik
  • Seni Lukis, sebagai kegiatan yang dapat menjaga sikap kearifan lokal dan melestarikan budaya bangsa.

    4. Jurnalistik

 3.3. Lifeskill

Life skill adalah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang agar berani dan mau menghadapi segala permasalahan kehidupan dengan aktif dan proaktif sehingga dapat menyelesaikannya. Bentuk kegiatan yang dipandang dapat mengembangkan lifeskill siswa SMPN 4 Pakem adalah: Perakitan dan perawatan komputer

4.Bimbingan Konseling (Jenis Lainya)
Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar, dan perencanaan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku
Pelayanan konseling di sekolah/madrasah  merupakan usaha membantu peserta didik   dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir. Pelayanan konseling  memfasilitasi pengembangan peserta didik, secara individual, kelompok dan atau klasikal, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, perkembangan, kondisi, serta peluang-peluang yang dimiliki. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik.
Pelayanan konseling, meliputi pengembangan:

  1. Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik  kepribadian dan kebutuhan dirinya secara  realistik.
  2. Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.
  3. Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri.
  4. Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

 C. Syarat dan Ketentuan Ekstrakurikuler Pilihan

No Nama Ekstrakurikuler Syarat Ketentuan
1 Bola Basket 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengikuti paraturan TIM Basket
3. Bersedia mengadakan kostum basket, sepatu, dan bola basket
4. Bersedia memperkuat TIM INTI jika memenhi syarat
2 Bola Voly 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2.Diutamakan tahun kelahiran 2002 atau lebih, untuk memperkuat TIM OOSN
3. Bersedia mengikuti paraturan TIM Bola Voly
4. Bersedia mengadakan kostum, sepatu, dan bola voly
5. Jika sudah memiliki klub, maka pembinaan dilakukan oleh klub dengan monitoring sekolah.
3 Sepak Bola 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2.Diutamakan tahun kelahiran 2002 atau lebih, untuk memperkuat TIM LPI
3. Bersedia mengikuti paraturan TIM Sepak Bola
4. Bersedia mengadakan kostum, sepatu, dan sepak bola
5. Jika sudah memiliki klub, maka pembinaan dilakukan oleh klub dengan monitoring sekolah.
4 Futsal 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengikuti paraturan TIM Futsal
3. Bersedia mengadakan kostum , sepatu, dan bola futsal
4. Bersedia memperkuat TIM INTI jika memenhi syarat
5 Renang, Tenis Meja, 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
Bulu Tangkis, Catur, Karate, Silat, Atletik 2.Diutamakan tahun kelahiran 2002 atau lebih, untuk memperkuat TIM OOSN
3. Pembinaan dilakukan oleh klub dengan monitoring sekolah.
6 Seni Tari 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengadakan kostum
3. Bersedia memperkuat TIM FLSSN  jika memenhi syarat
7 Seni Rupa 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengadakan alat lukis dan sejenisnya
3. Bersedia memperkuat TIM FLSSN  jika memenhi syarat
8 PaduanSuara dan 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
Vokal Group 2. Lolos Seleksi
9 Band 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengadakan alat band (sesuai posisi)
10 Ansamble(Biola) 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengadakan biola
11 Karawitan 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengikuti peraturan
12 Jurnalistik 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Lolos Seleksi
13 Perakitan dan Perawatan Komputer 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengadakan tool yang sesuai
3. Lolos Seleksi
14 Robotik 1. Memiliki minat yang tinggi, diutamakan yang berbakat
2. Bersedia mengadakan tool yang sesuai
3. Lolos Seleksi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*