SEKILAS INFO
26-03-2019
  • 4 bulan yang lalu / Kamis, 8 November 2018 seluruh siswa guru dan karyawan pakaian adat jawa.
  • 5 bulan yang lalu / mohon dukungan dengan like vlog video siswa ramayana ballet prambanan klik link youtube video galeri dibagian bawah, kemudian klik tombol like. terimakasih!
  • 5 bulan yang lalu / kamis, 4 oktober 2018 seluruh guru, karyawan dan siswa pakaian adat jawa
14
Mar 2019
0
PPK DAN KECAKAPAN HIDUP  SISWA SISWI BOARDING

SMP Negeri 4 Pakem – Seluruh siswa kelas 7, pagi sampai sore mengikuti kegiatan penguatan karakter di area Kompi E Paskhas TNI AU pada hari Sabtu, 9 Maret 2019. Khusus siswa-siswi boarding melanjutkan kegiatan yang sama tanggal 9 Maret 2019 hingga larut malam dan sehari penuh pada hari berikutnya dari subuh hingga jelang maghrib. Kegiatan khusus siswa boarding, selain  PPK juga terus diintensifkan  pembekalan kecakapan hidup yang langsung dipraktikkan sehari-hari. Secara lengkap kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan makan bersama. Saat makan bersama para siswa menerapkan bagaimana tata cara baik sebelum, selama,  dan sesudah makan yang telah diajarkan selama di lapangan Paskhas TNI AU. Shalat isya berjamaah di masjid sekolah yang memang sudah merupakan keharusan setiap hari harus berjamaah 5 waktu bagi yang moslem. Untuk memperoleh gambaran kegiatan secara menyeluruh yang akan dilaksanakan, malam itu juga siswa dikumpulkan di lapangan untuk menerima penjelasan dan arahan dari tim.

Rangkaian kegiatan hari Minggu diawali dengan bangun pagi pukul 03.30 WIB. Para siswa yang beragama Islam menunaikan shalat tahajud di masjid. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa muslim untuk menunaikan ibadah yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Setelah selesai menunaikan shalat tahajud, siswa mengaji membaca Alquran sampai shalat shubuh tiba. Shalat shubuh dilakukan secara berjamaah. Siswa yang beragama selain islam melaksanakan ibadah sesuai agamanya.

Selanjutnya para siswa berolahraga  untuk menyegarkan dan menyehatkan jasmaninya  bersama para pelatih. Kepada mereka diajarkan gerakan-gerakan pemanasan dasar yang biasanya diterapkan dalam gerakan senam. Cukup berolahraga sampai pukul setengah 6 pagi, para siswa langsung diarahkan untuk bersih diri, kemudian makan pagi. Makan pagi dilakukan secara bersama-sama. Seluruh siswa makan di tempat yang sama pada pukul 06.15 WIB. Siswa diajarkan untuk melatih rasa dalam hal meningkatkan rasa solidaritas memahami tentang arti kebersamaan. Apalagi mereka berada di satu atap asrama yang sama. Bagi dua siswa yang beragama Katolik, mereka terlebih dahulu beribadah ke gereja. Mereka kembali lagi sebelum kegiatan PBB dan makan pagi.  Seusai makan pagi siswa melakukan kegiatan PBB. Kegiatan PBB dilakukan di lapangan upacara SMP Negeri 4 Pakem. Para siswa dilatih gerakan-gerakan untuk melatih kekompakan, keteraturan, kerapihan dalam hal baris-berbaris.

Kegiatan PBB berlangsung sampai jam 08.30 Kegiatan dalam rangkaian pelatihan PPK yang selanjutnya ialah Peraturan Urusan Dinas Dalam Peragaan. Kegiatan PUDD merupakan ketentuan yang mengatur cara disiplin sebagai prajurit TNI dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tugas masing-masing di dalam maupun luar lingkungan TNI. Para siswa diajarkan untuk menata keperluan-keperluan yang menyangkut kebutuhan pribadi agar rapi, sesuai dengan aturan, dan disiplin. Contohnya, bagaimana lipatan baju dan bagaimana meletakkan dan mengkategorikannya dengan jenis baju seragam sekolah dan baju sipil atau baju yang dipakai sehari-hari oleh siswa di asrama. Jadi, siswa bisa memahami pentingnya kerapihan dan keteraturan. Setelah siswa diajarkan tentang PUDD, mereka praktik materi yang telah disampaikan oleh pelatih Paskhas. Siswa diberikan waktu sampai menjelang waktu dhuhur. Shalat dhuhur dilakukan secara berjmaah. Setelah shalat, kegiatan siswa selanjutnya ialah lari. Siswa dilatih untuk berlari mulai dari lari kecil sampai keliling lapangan upacara guna untuk melatih kebugaran jasmani mereka. Setelah itu makan siang bersama. Siswa yang telah mempraktikkan apa yang mereka cerap dari para pelatih, hasilnya diperiksa oleh para pelatih. Jadi tidak hanya berbicara tentang teori saja, tetapi sekaligus penerapannya secara langsung. Sampai dipenghujung rangkaian kegiatan PUDD, para pelatih memberikan evaluasi yang dapat dijadikan bahan pembeljaran bagi para siswa asrama. Para pelatih juga menekankan tentang pentingnya kedisplinan, keteguhan, dan kekompakan. Sehingga nantinya dapat dijadikan oleh para siswa asrama dalam kegiatan keasramaan tanpa terkecuali ketika mereka berada di rumah masing-masing.

Dokumentasi :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Lokasi Sekolah

ARSIP

Ikuti Kami di Facebook

Kategori