SEKILAS INFO
21-09-2019
  • 2 bulan yang lalu / ISI DATA DIRI SISWA BARU LIHAT BAGIAN PENGUMUMAN
  • 2 bulan yang lalu / jadwal placement test lihat bagian pengumuman dibawah
  • 2 bulan yang lalu / Informasi daftar ulang PPDB online th. 2019 silakan lihat dibagian pengumuman
31
Agu 2019
0
PERTUKARAN PELAJAR                                       NASIONAL SMP 4 PAKEM DAN SMP LABSCHOOL KEBAYORAN

SMP 4 Pakem dan SMP Labschool merupakan dua sekolah yang mempunyai beberapa kesamaan. SMP 4 Pakem awalnya adalah sekolah yang bernaung di bawah IKIP Yogyakarta, sedangkan SMP Labschool bernaung di bawah yayasan UNJ dulu IKIP Jakarta. Kegiatan pendidikan pada dua sekolah tersebut sejak awal terus fokus pada karakter. Sebelum ada program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang dilaunching oleh pemerintah, dua sekolah ini menyajikan implementasi penumbuhan budi pakerti-implementasi pendidikan karakter sebagai masukan masukan kepada kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang selanjutnya terlahir PPK yang merupakan program nasional. Dinilai sudah mengimplementasikan, dua sekolah tersebut sekaligus dijadikan piloting PPK.

Dalam rangka pelaksanaan PPK, dua sekolah ini telah membuat nota kesepahaman beberapa tahun lalu. Salah satu kegiatan bersama berbentuk pertukaran pelajar. Sejak ditandatangani nota kesepahaman oleh dua kepala sekolah yang dicomblangi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, telah dilaksanakan pertukaran pelajar sebanyak 4 kali. Periode I, II, dan III siswa siswi SMP Labschool berada di SMP N 4 Pakem. Sedangkan periode IV siswa-siswi SMP N 4 Pakem berada di SMP Labschool.
Pertukaran pelajar tahap IV ini dari perencanaan, pembiayaan, dan segala sesuatunya dikelola oleh orang tua siswa. Kegiatan ini tentu dengan komunikasi yang intensif baik baik sesama orang tua SMP 4 Pakem maupun antara orang tua SMP 4 Pakem dengan orang tua siswa SMP labshool.

GO TO LABSCHOOL 1Pertukaran pelajar ini berlangsung tanggal 19 s.d. 24 Agustus 2019. Para orang tua bersepakat untuk trasportasi pulang pergi dengan pesawat. Kegiatan ini diikuti oleh 8 siswa kelas 9 didampingi satu guru yaitu ibu Kurnia Astiani. Sampai di sekolah disambut dengan sangat hangat oleh kepala sekolah Ibu Yati, Wakil kepala sekolah bapak Armat, Ibu Yuliana dan bapak Cep andi beserta buddy dari SMP Labschool Kebayoran. Setelah secara resmi di terima di sekolah tujuan, para siswa mengikuti semua kegiatan sekolah tersebut. Sore hari langsung pulang bersama para buddy-nya masing masing. Selanjutnya selama satu minggu siswa siswi bersekolah bersama sama siswa siswi asli SMP Labschool. Demikian pula mereka pulang dan tinggal ke rumah keluarga siswa-siswi SMP Labschool.
Kegiatan pertukaran pelajar sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, meningkatkan wawasan, memperkuat karakter kemandirian, nasionalis, gotong royong, integritas, serta karakter karakter lainnya. Selain pertrukaran pelajar sesama sekolah di Indonesia ini SMP 4 Pakem tiap tahun juga melaksakan pertukaran pelajar dengan sekolah sekolah di luar negeri lintas negara.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL DAN PEMBAGIAN RUANG PTS SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

JADWAL BERLAKU 16 SEPTEMBER 2019

JADWAL BERLAKU 9 SEPTEMBER 2019

LEMBAR PENILAIAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SMP N 4 PAKEM

JADWAL BERLAKU 2 SEPTEMBER 2019

JADWAL BERLAKU 26 AGUSTUS 2019

JADWAL PPMA JAM KE-0 KELAS 9

JADWAL BERLAKU 19 AGUSTUS 2019

Ikuti Kami di Facebook

Rincian Pengunjung

Total 43342 649900
Today 85 365
This Week 1115 14459
This Month 4000 51831