SEKILAS INFO
22-01-2019
  • 2 bulan yang lalu / Kamis, 8 November 2018 seluruh siswa guru dan karyawan pakaian adat jawa.
  • 3 bulan yang lalu / mohon dukungan dengan like vlog video siswa ramayana ballet prambanan klik link youtube video galeri dibagian bawah, kemudian klik tombol like. terimakasih!
  • 3 bulan yang lalu / kamis, 4 oktober 2018 seluruh guru, karyawan dan siswa pakaian adat jawa
12
Des 2018
0
MENDADAK SEMUA WARGA BERLINDUNG DI TEMPAT AMAN, BEL SEKOLAH BERBUNYI TIDAK BERATURAN, SUARA KERAS TERDENGAR MEMINTA UNTUK SEGERA BERLINDUNG, SUASANA MENCEKAM

SMP Negei 4 Pakem –  Itulah suasana  Selasa, 11 Desember 2018 kira-kira pukul  09.57. Secara tiba-tiba terdengar teriak “gempa-gempa”, demikian pula bel berbunyi asal bunyi karena tidak beraturan seperti biasanya, semua warga berlindung di tempat yang dianggap aman, kebanyakan di bawah meja ruang  mereka beraktifitas. Beberapa detik kemudian ada suara dari pengeras agar menjauh dari jendela, kaca, pintu dan lain lain.  Suara pengeras mengintruksikan agar mereka tetap berlindung  terutama melindungi kepala.  Beberapa menit kemudian terdengar instruksi  agar semua warga menuju ke titik kumpul terdekat melalui jalur evakuasi sambil tetap melindungi kepala dengan tas atau benda lain. Begitulah bagian awal kegiatan simulasi  mitigasi bencana gempa bumi di SMP N 4 Pakem.

Menyadari  posisi  geografis di kawasan lereng merapi yang rentan terhadap berbagai bencana,  SMP N 4 Pakem menyatakan diri sebagai sekolah berwawasan lingkungkan dan mitigasi bencana. Tidak hanya menjadi jargon saja, tetapi  disepakati oleh semua stakeholders  dan dituangkan dalam kurikulum sekolah. Sebagai salah satu konsekuensinya sekolah berupaya membekali  semua warganya dengan pengetahuan dan pemahaman baik teori maupun praktik dalam  upaya untuk selalu mengurangi resiko bencana.

Dalam upaya mitigasi bencana SMP N 4 Pakem bekerjasama dengan berbagai  pihak terkait, tentu sangat intensif kerjasama denga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman. Kegiatan simulasi mitigasi ini juga mendapat pendampingan intensif dari BPBD Sleman. Kegiatan pendampingan diawali  dengan sosialisasi berbagai potensi bencana yang ada di Pakem pada Senin, 10 Desember 2018. Pada kegiatan sosialisasi ini disampaikan setidaknya ada 7 (tujuh) potensi  ancaman bencana yaitu erupsi G. Merapi, banjir lahar hujan, gempa bumi, tanah longsor, angin ribut, kekeringan, dan kebakaran. Ancaman bencana tersebut dibahas secara detail, berikut cara menyelamatkan diri dan menolong sesama.

Pada Selasa, 11 Desember 2018 disimulasikan upaya evakuasi terhadap bencana yang berupa gempa bumi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Lokasi Sekolah

ARSIP

Ikuti Kami di Facebook

Kategori