SEKILAS INFO
26-03-2019
  • 4 bulan yang lalu / Kamis, 8 November 2018 seluruh siswa guru dan karyawan pakaian adat jawa.
  • 5 bulan yang lalu / mohon dukungan dengan like vlog video siswa ramayana ballet prambanan klik link youtube video galeri dibagian bawah, kemudian klik tombol like. terimakasih!
  • 5 bulan yang lalu / kamis, 4 oktober 2018 seluruh guru, karyawan dan siswa pakaian adat jawa
22
Jul 2018
0
GERAKAN LITERASI  GLS SMP 4 PAKEM TERUS MENGGELIAT

Setelah launching beberapa buku karya siswa dan karya guru, kini Lita, Siswi SMP 4 Pakem kembali launching “Novel Berbahasa Inggris”

SMP  Negeri 4 Pakem – Putu Ambalita Pitaloka Arsana (12), siswa kelas 8A SMP 4 Pakem, baru saja meluncurkan sebuah karya novel dalam Bahasa Inggris. Novel tersebut beraliran fan fiction, sebuah karya cerita yang diilhami oleh suatu karya lain yang populer. Dalam hal ini, karya Lita, demikian dia biasa dipanggil, diilhami oleh novel populer Warriors, karya Erin Hunter. Lita memang gemar membaca novel tersebut dan sudah menyelesaikan lebih dari 20 novel sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Kegemaran dan kemampuan Lita untuk menulis dalam Bahasa Inggris mulai nampak sejak dia menggemari karya novel Erin Hunter tersebut. Dengan dukungan keluarga, Lita yakin bahwa membaca adalah hal yang baik tetapi belum tuntas kalau belum menulis. Seorang pembaca haruslah mengikat ilmu dan ingatannya dengan cara menuliskannya. Maka berbekal semangat literasi yang dicanangkan sekolah dan dukungan keluarga, Lita akhirnya bisa menyelesaikan sebuah karya novel dalam Bahasa Inggris.

BUKU KARYA LITA

BUKU KARYA LITA

Motivasi Lita dalam menyelesaikan novel ini sesungguhnya berasal dari keinginannya untuk menonton sebuah pertunjukan musik idolanya. Pada awalnya keluarganya, terutama ayahnya, memiliki pandangan lain namun akhirnya Lita mendapat izin dengan suatu syarat. Ayahnya memberi dia tantangan untuk bisa menghasilkan karya buku/novel sebagai persyaratan bisa menonton pertunjukan tersebut. Akhirnya Lita setuju karena dorongan keinginan yang begitu kuat.

Novel berjudul “A Blooming Tulip” ini merupakan fabel yang mengisahkan kehidupan kerajaan kucing. Dalam cerita itu dikisahkan perjuangan seekor kucing yang tidak mudah dan penuh tantangan untuk menjadi seorang ksatria (warrior). Novel ini terdiri dari tujuh bab dengan tebal total 100 halaman. Untuk cetakan pertama, novel ini diterbitkan dalam jumlah terbatas (200 eksemplar) dan habis dalam waktu singkat. Hasil penjualan 100 novel pertama akan segera disumbangan ke Sayap Ibu sesuai yang direncanakan.

Dikonfirmasi secara terpisah, orang tua Lita, Made Andi dan Ktut Asti, menyatakan rasa syukurnya atas karya putri mereka. Keduanya menyatakan terima kasih kepada guru dan karyawan di SMP 4 Pakem karena telah menyediakan ruang bagi Lita untuk berkreativitas. Mereka menegaskan bahwa bersekolah di sekolah negeri yang tidak menggunakan pengantar Bahasa Inggris bukan alasan untuk tidak bisa berkarya dalam Bahasa Inggris. Ditegaskan bahwa Lita belajar membaca dan menulis Bahasa Inggris di Indonesia tanpa pernah kursus karena fasilitas belajar tersedia di sekolah dan dari berbagai sumber lain. Yang diperlukan adalah kemauan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Mereka berharap sekolah tetap dan terus mendorong bakat-bakat istimewa di sekolah untuk senantiasa berkarya dan berprestasi. Bagi yang penasaran, saat ini novel “A Blooming Tulip” sudah menjadi deretan koleksi perpustakaan SMP 4 Pakem. Happy reading!

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Lokasi Sekolah

ARSIP

Ikuti Kami di Facebook

Kategori