SEKILAS INFO
22-07-2019
  • 1 minggu yang lalu / ISI DATA DIRI SISWA BARU LIHAT BAGIAN PENGUMUMAN
  • 2 minggu yang lalu / jadwal placement test lihat bagian pengumuman dibawah
  • 2 minggu yang lalu / Informasi daftar ulang PPDB online th. 2019 silakan lihat dibagian pengumuman
10
Mei 2019
0
MENGINTIP RUTINITAS SISWA-SISWI SMP NEGERI 4 PAKEM

SENIN

  1. Pukul 06.00 WIB sudah lalu lalang siswa-siswi SMPN 4 Pakem memasuki halaman sekolah disambut oleh para guru yang terus menanamkan karakter 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Kegiatan ini sekaligus ceking ketertiban pakaian seragam.
  2. Tepat Pukul 06.15 WIB bel panjang berdering guru dan siswa sudah di lapangan upacara untuk melaksanakan upacara yang  diawali pemeriksaan kembali ketertiban pakaian, kelengkapan atribut dan potongan rambut.
  3. Siswa yang terlambat hadir mengikuti kegiatan upacara dan kurang tertib dalam berpakaian maupun berpenampilan diberi tempat khusus di samping kiri tiang bendera. Setelah upacara selesai mereka diberi pembinaan khusus.

  4. Upacara pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya 3 stanza, siswa-siswi memberikan penghormatan dengan cara mengepalkan tangan di dada kirinya , semua peserta upacara, guru, karyawan dan siswa ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya (bukan hanya kelompok paduan suara).
  5. Pukul 07.05 WIB upacara telah selesai, semua guru berkoordinasi untuk kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu minggu, sementara itu, siswa-siswi melaksanakan kegiatan literasi
  6. Pukul 07.40 WIB guru memasuki ruang kelas untuk mulai kegiatan pembelajaran di ruang masing-masing (perlu diketahui bahwa di SMP Negeri 4 Pakem semua guru memiliki ruang belajar tersendiri dan siswa yang menujuke ruang belajar sesuai mapel/ moving class). Setiap mengawali kegiatan pembelajaran (jam pertama) ditanamkan karakter religius & nasionalisme pada diri siswa-siswi SMPN 4 Pakem, yaitu dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di awal kegiatan. Berdoa juga selalu dilakukan untuk mengakhiri pembelajaran.
  7. Guru lebih berperan sebagai fasilitator. Kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 4 Pakem lebih mengaktifkan siswa-siswinya. Pembelajaran online pada setiap mapel dengan ipad dan sesekali presentasi dengan tayangan LCD yang memang sudah tersedia di setiap ruang belajar. Dengan penuh kesabaran dan keikhlasan guru membimbing dan memberi saran masukan.
  8. Pukul 09.00 WIB bel istirahat pertama berbunyi, siswa-siswi & guru yang beragama Islam menuju masjid untuk melaksanakan ibadah sunah sholat dhuha, sedangkan siswa nonmuslim menemui gurunya untuk pembinaan imtaq atau mengikuti kegiatan lain. Setelah itu, mereka beristirahat di kantin sekolah.
  9. Pukul 09.15 WIB kembali bel berbunyi untuk melanjutkan kegiatan pembelajaran di kelas.
  10. Guru sudah berada di dalam ruangan sebelum siswa memasuki ruangan.
  11. Pukul 12.00 bel istirahat berbunyi, menandakan waktu istirahat siang dimulai, disusul berkumandangnya adzan sholat dhuhur, semua siswa dan guru yang beragama Islam bergegas menuju masjid untuk mengambil air wudhu dan melaksanakan sholat dhuhur. Mereka harus antre untuk mengambil air wudlu sehingga tercipta budaya antre dengan tertib. Siswa nonmuslim menyesuaikan kegiatan imtaq bersama guru pembina. Selesai ibadah sholat dhuhur dilanjutkan pembacaan hadist oleh siswa secara bergantin. Kegiatan one day one hadist ini dilakukan setiap hari. Waktu istirahat kedua memang lebih panjang daripada istirahat pertama. Hal ini untuk memberi kesempatan siswa beristirahat karena selain ibadah para siswa makan siang, ada yang makan dengan bekal dari rumah, ada yang di kantin sekolah. Siswa masuk kembali ke kelas pukul 12.40 WIB.
  12. Pukul 13. 20 WIB kembali bel berdering 4 kali pertanda kegiatan belajar mengajar telah usai, siswa-siswi berkemas untuk mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan berdoa & menyanyikan lagu Nasional.
  13. Pembelajaran di hari Senin telah berakhir, tetapi tidak berarti siswa langsung pulang. Pukul 14.30 sd. 16.00 WIB siswa kelas 9 mengikuti kegiatan program peningkatan mutu akademik (PPMA), dan bagi siswa kelas 8 akan mengikuti kegiatan KIS ( Karya Ilmiah Siswa) sementara kelas 7 mengikuti kegiatan English Speaking untuk melancarkan kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris.
  14. Bel berdering kembali pukul 16.00 WIB. Siswa-siswi berkemas, membersihkan, dan merapikan ruang/kegiatan belajar agar siap untuk digunakan esok hari. Kemudian salah seorang siswa memimpin berdoa & keluar dari ruang kelas untuk pulang.
  15. Di jalan depan sekolah sudah berjajar antrian orang tua yang ingin menjemput putra-putri tercintanya.

Dokumentasi foto :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SELASA

  1. Pukul 06.00 WIB sudah hilir mudik siswa diantar orang tua memasuki halaman sekolah.
  2. Pukul 06.15 WIB Bel berbunyi 3 kali, siswa sudah berada dalam ruang kelas untuk mengikuti pembelajaran jam ke-0. Siswa kelas 9 mengikuti program PPMA. Kelas 7 dan kelas 8 mengikuti pembelajaran matematika atau IPA dalam bahasa Inggris.
  3. Pukul 07.00 WIB bel berbunyi 3 kali, beberapa siswa berhamburan keluar dari ruangan setelah selesai berdoa. Mereka bergerak mencari ruangan pembelajaran sesuai jadwal. Semua siswa menuju ruang sesuai mata pelajaran yang akan diikuti. Di sekolah ini menerapkan sistem moving class.
  4. Sebelum Pembelajaran jam pertama dimulai semua siswa melaksanakan pratik pola hidup bersih & sehat (PHBS), gambar di samping siswa menunggu pemeriksaan terselesainya PHBS oleh ketua kelas dan diawasi oleh guru sambil memasuki ruangan kelas.
  5. Setelah semua siswa memasuki ruangan dan duduk, mulailah terdengar dari masing-masing kelas ada aba-aba berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh siswa secara bergantian, barulah kemudian pelajaran dimulai.
  6. Waktu pembelajaran terus berjalan, jam berganti jam terus berlanjut hingga pukul 09.00 WIB bel istirahat pertama berbunyi. siswa siswi & guru yang beragama Islam menuju masjid untuk melaksanakan ibadah sunah sholat dhuha, dan siswa nonmuslim ada yang menemui gurunya atau mengikuti kegiatan lain. Setelah ibadah atau kegiatan imtaq lainnya mereka istirahat, dan sebagian  ke kantin sekolah. Lima belas menit berlalu, kembali bel berbunyi dan pelajaran segera berlanjut. Pukul 12.10 WIB bel istirahat ke-2 berbunyi dan sebagian besar siswa langsung bergerak ke masjid untuk segera antre berwudu kemudian menjalankan ibadah sholat dhuhur berjamaah. Sebagian lain mengikuti/konsultasi kepada pembina agamanya masing-masing.
  7. Setelah mengerjakan sholat dhuhur berjamaah, salah satu siswa tampil di mimbar untuk membacakan 1 sampai dengan 3 hadits (kegiatan one day one hadist). Saat istirahat, sebagian menuju kantin, sebagian makan bekal dari rumah, untuk siswa-siswi berasrama bergegas menuju tempat makan siang.
  8. Usai istirahat, siswa-siswi mengikuti pelajaran jam terakhir hingga pukul 13.20 WIB. Menjadi biasa siswa-siswi segera berkemas, merapikan barang-barang dan tasnya. Setelah dipimpin berdoa oleh salah satu siswa atau siswi dan dilanjutkan menyanyikan lagu nasional, kemudian siswa-siswi membersihkan dan merapikan meja dan  kursi agar mudah dibersihkan oleh petugas piket.
  9. Setelah sebagian siswa keluar dari kelas petugas piket menyelesaikan tugasnya membersihkan dan menata kelas sebelum ditinggalkan.
  10. Kegiatan ekstrakurikuler hari Selasa hampir sama dengan hari Senin. Jika Senin kelas 7 mengikuti English speaking maka hari Selasa mengikuti kegiatan KIR, dan bagi kelas 8 yang Senin mengikuti KIR gantian hari Selasa mengikuti English speaking. Kegiatan ini berakhir pukul 16.00 WIB.
  11. Saat pukul 15.30 WIB kumandang adzan di masjid sekolah. Siswa-siswi yang beragama Islam bergegas menuju masjid untuk menjalankan ibadah sholat ashar. Seusai sholat ashar mereka bergegas kembali ke dalam kelas untuk melanjutkan kegiatannya hingga pukul 16.00 WIB.
  12. Pukul 16.00 WIB bel berbunyi 4x pertanda waktu untuk pulang, di depan sekolah sudah berjajar mobil & kendaraan orang tua yang menanti kepulangan putra-putrinya.

Dokumentasi foto :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

RABU

  1. Hari Rabu di SMP N 4 Pakem 06.15 WIB sudah berkumpul semua siswa kelas 8 di dalam kelas, sementara siswa kelas 7 ada yang belum hadir. Nampak beberapa siswa kelas 8 datang terlambat, tetapi tidak segera masuk kelas, ternyata memang aturan bagi siswa yang terlambat tidak diizinkan masuk dalam kelas untuk kelas 8. Mereka terpaksa harus belajar sendiri di luar kelas, sementara teman-temannya yang sudah datang lebih awal belajar bersama guru pembimbingnya sesuai jadwal pada jam ke-0, yaitu kegiatan pembelajaran matematika atau IPA berbahasa Inggris (English for Math & English for Science)
  2. Kelas 9 sudah berada dalam ruangan untuk melakukan kegiatan PPMA sampai dengan pukul 07.00 WIB. Setelah itu, siswa memasuki kelas masing-masing, kegiatan berikutnya adalah literasi. Kegiatan diisi dengan membaca buku-buku yang disukai oleh siswa selanjutnya siswa membuat laporan.
  3. Seperti hari-hari sebelumnya, hari itu diisi dengan kegiatan belajar mengajar sesuai jadwal, diselingi dengan istirahat untuk sholat dhuha dan dholat dhuhur berjamaah bagi yang beragama Islam dilanjutkan KBM yang berakhir pukul 13.20 WIB.
  4. Kegiatan ekstrakurikuler hari Rabu antara lain paduan suara, karawitan, bola voley, seni rupa, pencak silat, futsal, serta perakitan & perawatan komputer. Kegiatan ekstra berakhir pukul 16.00 WIB.

Dokumentasi foto :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

KAMIS

  1. Hari Kamis, pukul 06.15  kelas 7 dan 8 mengikuti kegiatan jam ke-0. Kegiatan jam ke-0  hari tersebut diisi pembelajaran matematika dan IPA dalam dalam bahasa Inggris.
  2. Pada waktu yang sama jam ke-nol kelas 9 diisi kegiatan PPMA.
  3. Secara konsisten baik kelas 7, 8, maupun kelas 9 tata tertib terus dilaksanakan. Tata tertib yang dimaksud antara lain bagi siswa-siswa yang terlambat tidak diperkenankan masuk.
  4. Pukul 07.00 semua siswa beragama Islam berada di kelasnya masing-masing didampingi guru yang mengajar jam pertama bersama sama membaca/tadarus Al Qur-an dilanjutkan membaca maknanya. Siswa-siswi selain muslim berkumpul sesuai agama masing-masing dengan bimbingan guru melakukan pendalaman kitab.
  5. Setelah tadarus, dilanjutkan kegiatan pembelajaran sesuai jadwal, diselingi dengan istirahat untuk sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah bagi yang beragama Islam hingga jam pembelajaran berakhir pukul 13.20 WIB.
  6. Kegiatan hari Kamis sore diisi dengan ekstrakurikuler pilihan, antara lain adalah ekstra bulu tangkis, band, ansamble biola, jurnalistik, seni musik tradisional, dan robotika. Kegiatan ekstra berakhir pukul 16.00 WIB.
Gb. 34 Guru sebagai fasilitator membantu siswa mengurai masalah & menambahkan informasi maupun menambah wawasan bagi siswa agar dapat menyelesaikan masalah maupun mengerjakan soal sendiri. (kegiatan ini berlangsung setiap hari)

Gb. 34 Guru sebagai fasilitator membantu siswa mengurai masalah & menambahkan informasi maupun menambah wawasan bagi siswa agar dapat menyelesaikan masalah maupun mengerjakan soal sendiri. (kegiatan ini berlangsung setiap hari)

JUMAT

  1. Hari Jumat di SMP N 4 Pakem 06.15 WIB sudah berkumpul semua siswa kelas 7, 8 dan 9 di halaman sekolah. Kurang lebih 15 menit diisi informasi dan refleksi/evaluasi terkait penguatan karakter meliputi hal-hal yang perlu ditingkatkan.
  2. Pukul 06.30 semua siswa dan guru mengikuti kegiatan senam berpakaian olahraga. Tata tertib terus dilaksanakan secara konsisten, bagi siswa yang terlambat melaksanakan senam ditempatkan tersendiri dan melanjutkan mengikuti pembianaan khusus saat yang lain sudah selesai senam.
  3. Pukul 07.10 WIB, kegiatan senam berakhir, semua siswa segera berganti pakaian seragam sekolah.  Siswa memasuki kelas masing-masing sudah berpakaian rapi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal. Kegiatan pembelajaran diselingi waktu istirahat untuk makan, shalat dhuha dan aktivitas lain.
  4. Pukul 11.15 kegiatan pembelajaran diakhiri, semua siswa muslim ke masjid mengikuti kegiatan imtaq. Kegiatan imtaq berisi ceramah keagamaan oleh OSIS bidang ketakwaan. Demikian pula bagi siswa nonmuslim mengikuti pendalaman iman di ruang agama.
  5. Tepat pukul 12.00 WIB aktivitas siswa yang beragama Islam adalah ibadah sholat Jumat dan bagi yang beragama non-Islam adalah melanjutkan kegiatan peningkatan iman sesuai agama yang dianut di ruang kelas bersama guru agamanya masing-masing
  6. Selesai sholat Jumat dan beristirahat/makan siang, kegiatan sore harinya diisi dengan ekstrakurikuler Pramuka hingga pukul 15.45 WIB dan diakhiri dengan kegiatan sholat ashar berjamaah bagi siswa yang beragama Islam, sementara siswa yang beragama lain diperbolehkan pulang terlebih dahulu.
  7. Bersamaan dengan itu siswa- siswi kelas 9 mengikuti kegiatan PPMA sampai pukul 15.45

Dokumentasi foto :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SABTU

  1. Pukul 06.15 WIB semua siswa kelas 7,8, dan 9 mengikuti pembelajaran jam ke-nol. Jam ke-nol bagi siswa kelas 9 kegiatan PPMA, sedangkan siswa kelas 7 dan 8 adalah pembelajaran matematika dan IPA dalam bahasa Inggris. Siswa-siswi yang terlambat tidak diperkenankan mengikuti kegiatan ini.
  2. Pukul 07.00 semua siswa kelas 7,8, 9 mengikuti kegiatan literasi. Seperti hari-hari lain kegiatan literasi didahului dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kegiatan literasi juga diakhiri dengan menuliskan hasilnya di buku literasi siswa.
  1. Lima belas menit setelah literasi, semua siswa mengikuti pembelajaran diselingi istirahat yang diisi dhuha dan makan. Kegiatan Pembelajaran setiap Sabtu diakhiri pukul 11.55 WIB.
  1. Usai pelajaran, semua siswa dan guru menuju ke masjid untuk ibadah shalat dhuhur berjamaah. Sementara itu, siswa selain Islam bersama guru pembimbingnya untuk kegiatan pendalaman iman.
  1. Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, setiap Sabtu, selesai shalat berjamaah dilanjutakan refleksi kegiatan selama satu pekan ini. Refleksi ini berkenaan ibadah maupun semua kegiatan pekan ini. Kegiatan refleksi ini dilaksanakkan di masjid dan dipandu oleh bapak ibu guru. Siswa-siswi selain Islam berada di ruangan lain juga dengan bimbingan bapak ibu guru.
  1. Siswa siswa pulang ke rumah masing-masing pukul 12.20. Bagi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari daerah & kontemporer, basket, sepak bola, dan catur.Kegiatan ekstra berakhir pukul 16.00 WIB.
  2. Pukul 16.00 orang tua siswa sudah siap menjemput di depan sekolah. Semua siswa di sekolah ini memang antar jemput karena siswa dilarang mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah. (andes/narsih)

Dokumentasi foto :

Gb. Kegiatan Ekstrakurikuler pilihan hari Sabtu di Sekolah (tari daerah & kontemporer, basket, & sepak bola, dan catur)

Gb. Kegiatan Ekstrakurikuler pilihan hari Sabtu di Sekolah (tari daerah & kontemporer, basket, & sepak bola, dan catur)

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL BERLAKU 22 JULI 2019

JADWAL PENGUATAN KARAKTER 22-27 JULI 2019

INFORMASI

INFORMASI PERTUKARAN PELAJAR

JADWAL BERLAKU MULAI 15 JULI 2019

KEGIATAN SATU MINGGU KEDEPAN

TATA TERTIB DAN JADWAL MPLS TAHUN 2019  

TATA CARA ISI DATA DIRI ONLINE SISWA BARU TAHUN 2019

Ikuti Kami di Facebook

Rincian Pengunjung

Total 37972 585082
Today 554 2352
This Week 554 16212
This Month 11665 137881