SEKILAS INFO
16-11-2019
  • 4 bulan yang lalu / ISI DATA DIRI SISWA BARU LIHAT BAGIAN PENGUMUMAN
  • 4 bulan yang lalu / jadwal placement test lihat bagian pengumuman dibawah
  • 4 bulan yang lalu / Informasi daftar ulang PPDB online th. 2019 silakan lihat dibagian pengumuman
1
Mei 2019
0
LAYANAN PRIMA PERPUSTAKAAN  SMP  4 PAKEM
  1. Layanan Full Day

Sekolah menyadari bahwa jam belajar reguler di kelas sudah sangat padat, waktu istirahat digunakan untuk ibadah serta makan. Karena hal tersebut,  kunjungan perpustakaan rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah memperpanjang waktu pelayanan perpustakaan. Sejak Juli 2018 perpustakaan sekolah ini buka pukul 07.00 s.d. 17.30.

  1. Perpustakaan Mini

Perpustakaan mini merupakan perpustakaan yang terletak didalam kelas tujuannya lebih mendekatkan bahan pustaka dengan siswa dan sebagai bahan refrensi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Perpustakaan mini  terletak di ruang kelas pembelajaran. Perpustakaan mini ini sangat mendukung movingclass yang dilaksanakan sekolah. SMP 4 Pakem menggunakan sistem moving dengan konsekuensi setiap mata pelajaran dan setiap guru memiliki ruang sendiri. Jadi guru tetap dengan ruangnya sendiri, yang berpindah pindah sesuai mata pelajarannya adalah siswa. Berikut beberapa contoh gambar perpustakaan mini.

a.Ruang Bahasa Inggris kelas 9 berisi kamus, buku buku berbahasa Inggris;

2 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Ruang bahasa Indonesia kelas 9 berisi Kamus, pedoman Eyd dan lain-lain;

3

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Ruang Seni Tari berisi Multi media elektronik cd,vcd, maupun kaset kesenian.

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d. Ruang Seni rupa berisikan materi terkait kesenian terlebih seni rupa;

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Layanan e-book

Sebagai sekolah berbasis IT,  dalam pembelajaran dan penilaian semua siswa menggunakan perangkat IT yang disediakan oleh orang tuan masing masing. Semua siswa kelas 8 dan 9 menggunakan laptop, dan semua kelas 7 menggunakan ipad yang selalu tersambung dengan jaringan. Sekolah tidak menyia-nyiakan peralatan tersebut, tetapi mengimbangi dengan menyediakan e-book yang dapat diakses 24 jam. Dengan membuka  linkhttp://calibre-192.168.3.60:8080/ siswa maupun guru akan dapat  memiliki link aplikasi perpustakaan, dan selanjutnya dapat membaca buku buku elektronik. Buku elektronik ini tersedia sangat banyak , sehingga setiap siswa dalam 3 tahun sekolah di SMP 4 Pakem tidak mungkin dapat menyelesaikan membaca e-book ini karena koleksi buku sangat banyak.

 6

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Layanan Media Pembelajaran ( Video Pembelajaran )

Selain e-book SMPN 4 PAKEM juga memiliki media audio visual pembelajaran yang dapat diakses dengan mengklik link : http://192.168.3.60/, setelah terbuka siswa akan mendapatkan tampilan folder mapel yang di share-kan dan siswa bisa langsung menggunakannya. Media audio visual ini sangat membantu untuk memperjelas pemahaman siswa.

7 8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.Pembelajaran Langsung Kunjung / Wajib kunjung Perpustakaan

Sebagai salah satu cara mendekatkan siswa dengan perpustakaan yaitu dengan menggunakan ruang perpustakaan untuk pembelajaran didampingi oleh guru. Guru mata pelajaran  mengarahkan  siswa  sehingga mereka mencari sumber informasi yang sudah tersedia di perpustakaan.

6. OTOMASI PERPUSTAKAAN

perpustakaan SMP N 4 Pakem dalam pengolahan maupun dalam melayani para pemustaka saat ini sudah menggunakan sistem otomasi perpustakaan. Sistem otomasi yang digunakan diperpustakaan SMP N 4 Pakem adalah :

  • Senayan

Senayan merupakan sistem otomasi sangat membantu  perpustakaan guna membantu dalam :

a. pengolahan bahan pustaka

pustakawan akan memasukan data buku kedalam bibliograpy yang ada diaplikasi  senayan ( server induk perpustakaan ); disini pustakawan akan meng entry data bahan pustaka seperti : judul buku, nama pengarang, ISBN, jumlah eksemplar, penerbit, tahun terbit, no klasifikasi, nomor panggil buku didalam rak dan lain lainnya. Setelah semua data dientry kedalam aplikasi ini pustakawan dapat mencetak label buku beserta barcodenya. Dan juga dapat mencetak kartu katalog manualnya sesuai tajuk subjek maupun judul buku.

9 10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. layanan sirkulasi

layanan sirkulasi dengan senayan ini membantu mempercepat proses sirkulasi peminjaman buku/bahan pustaka yang ada didalam perpustakaan.

Sirkulasi

11

 

 

 

 

 

 

 

Anggota perpustakaan

12

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Cetak laporan

Dengan  aplikasi senayan perpustakaan terbantukan dalam pembuatan laporan seperti laporan peminjaman, keterlambatan, jumlah judul maupun eksemplar, jumlah anggota,dan lainnya.

  • OPAC

Opac merupakan bagian dari aplikasi senayan yang lebih ditujukan kepada pemusta/anggota perpustakaan dalam membantu temu kembali bahan pustaka yang diharapkan.

  • EDDC

Aplikasi ini membantu pustakawan dalam menentukan no klasifikasi bahan pustaka sesuai tajuk subjek buku tersebut. Cara menggunakannya dengan memasukan tajuk subjek buku tersebut dan di enter akan muncul nomor dan jenis buku.

7. LOMBA MENULIS CERITA

Bentuk promosi perpustakaan sekolah yaitu dengan mengadakan lomba membuat cerita bebas tingkat sekolah.  Untuk referensi referensi siswa dianjurkan mencari di perpustakaan. Pendampingan dilakukan oleh guru bahasa Indonesia. Isi dari pendampingan adalah  tentang tata cara penulisan yang baik. Peran pustakawan membantu menyediakan bahan pustaka yang dibutuhkan. Karya karya siswa didokumentasikan oleh guru dan diterbitkan pada majalah sekolah. Kegiatan ini diikuti kelas 7 dan kelas 8  setiap tahun sekali.

8.JURNALISTIK

Kegiatan jurnalistik ini diampu oleh guru Bahasa Indonesia melalui kegiatan ekstrakurikuler. Unit perpustakaan sebagai penyedia bahan pustaka baik cetak maupun elektronik. Kegiatan ini Sebagai wadah siswa untuk mengembangkan bakat menulis baik berupa artikel, karya ilmiah, maupun karya tulis lainnya. Tulisan siswa dimuat dalam buletin sekolah yang bernama KAMERA sebagai wujud apresiasi sekolah terhadap siswa.

9. MAJALAH SEKOLAH

Majalah siswa merupakan kumpulan tulisan siswa yang dibuat sesuai kegiatan yang mereka lakukan disekolah.

majalah siswa ini dibuat setiap 1 tahun sekali dan dibuat setiap kelas, kegiatan ini lebih diutamakan siswa kelas IX.

Isi materi didalam majalah ini mengandung unsur rangkuman kenangan siswa selama menjadi siswa di SMP N 4 Pakem dan beberapa kegiatan siswa-siswi;

10. LOMBA POSTER

Lomba poster  pendampingan oleh guru seni rupa. Selain mendekatkan siswa dengan perpustakaan, kegiatan ini  juga mengasah siswa dalam pemanfaatan desain grafis.

11. SILANG LAYAN

Untuk memaksimalkan layanan, perpustakaan SMP 4 Pakem melaksanakan silang layan. Kegiatan silang layan merupakan bentuk kerja sama perpustakaan dengan perpustakaan lain. Silang layan yang sudah berjalan yaitu dengan Perpuskaan Pemerintah   Kabupaten Sleman. Jika pengguna membutuhkan koleksi tertentu tetapi di sekolah tidak tersdia, petugas perpustakaan megambil koleksi di Perpustkaan  Kabupaten Sleman. Koleksi ini dapat dipinjam melalui perpuskaan sekolah untuk jangka waktu tertentu. (Oleh : Ponidi/Andri)

Data Sekolah

Sekolah Berkarakter Juara!

NPSN : 20401090

Jl. Kaliurang KM. 17,5, Sukunan, Pakembinangun,
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55582

Arsip

Kategori

Slideshow

Video Terbaru

Pengumuman Terbaru

JADWAL BERLAKU 11 NOVEMBER 2019

JADWAL BERLAKU 4 NOVEMBER 2019

JADWAL BERLAKU 28 OKTOBER 2019

JADWAL BERLAKU 21 OKTOBER 2019

JADWAL BERLAKU 14 OKTOBER 2019

JADWAL BERLAKU 7 OKTOBER 2019

JADWAL BERLAKU MULAI 30 SEPTEMBER 2019

JADWAL TES DIGANOSTIK 27 & 30 SEPT 2019

Ikuti Kami di Facebook

Rincian Pengunjung

Total 45198 686525
Today 4 14
This Week 1672 13153
This Month 4286 52620